Pengertian Seni Musik, Fungsi, Unsur dan Jenisnya

Seni Musik, menjadi salah satu kesenian khas daerah yang sampai kini menjadi primadona. Seni musik sejatinya memiliki beberapa kriteria khusus yang membuat penikmat nya merasa tertarik. Lalu apa saja yang membuat seni musik semakin dicintai masyarakat? Dengan menyimak artikel berikut ini pasti anda akan mengerti dan memahami. Baiklah yang pertama kita akan membahas pengertian seputar seni musik.

Pengertian Seni Musik

Seni Musik
www.islampos.com

Pastinya banyak sekali masyarakat Indonesia yang sering mendengarkan aneka jenis musik. Lalu sebenarnya apa pengertian seni musik ? Seni musik memiliki artian salah satu cabang kesenian yang didalamnya terdapat unsur, melodi, irama, tempo, vocal, dan harmoni. Semua unsur tersebut digunakan untuk menggambarkan perasaan sang pencipta.

Seni musik memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pecinta nya. Sebab memang seni musik memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Mampu menghibur siapa saja pendengarnya, menambah semangat adalah beberapa manfaat seni musik bagi masyarakat. Jadi hal ini merupakan salah satu daya tarik dari para penikmat seni, khususnya seni musik.

Pengertian Seni Musik Menurut Beberapa Ahli

Ahli seni pun juga mengutarakan pendapat mereka terkait pengertian seni musik. Berikut adalah pendapat beberapa ahli tentang pengertian seni musik.

1. David Ewen

Pendapat pertama disampaikan oleh Seorang seniman yang terkenal hebat, yaitu David Ewen. David Ewen menyampaikan seni musik ialah sebuah ilmu pengetahuan tentang pengkombinasian antara ritmik dan beberapa nada. Bentuk instrumen dan vokal dapat mencakup sebuah melodi dan harmoni.  Dari opini tersebut dapat disimpulkan bahwa seni musik adalah bentuk ekspresi melalui segi emosional penciptanya.

2. Jamalus

Pendapat kedua disampaikan oleh ahli dengan nama Jamalus. Ahli ini menyampaikan pengertian seni musik ialah sesuatu hal yang dapat menghasilkan sebuah karya seni berupa bunyi. Dari bunyi tersebut dapat dibentuk menjadi sebuah lagu atau sebuah komposisi yang menunjukan pikiran serta perasaan si pencipta. Kemudian Hasil karya tersebut terjadi melalui unsur-unsur seni seperti irama, melodi, harmoni, susunan lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.

3. Sylado

Selanjutnya dikemukakan oleh Sylado, ahli ini menyampaikan seni musik memiliki makna sesuatu wujud yang terbentuk dari sekumpulan ilusi dan lantunan suara. Dari pendapat Sylado dapat ditarik benang jika seni musik memiliki unsur berupa ilusi dan juga lantunan suara. Dari unsur-unsur tersebut muncullah sebuah melodi yang amat indah untuk di dengarkan.

4. Suhartjarja

Pemikiran berikutnya disampaikan oleh seorang seniman bertangan dingin yang bernama Suhartjarja. Seni musik adalah sebuah ungkapan rasa yang indah dari manusia dalam sebuah konsep pemikiran yang kompleks. Lewat pemikiran tersebut seni musik mempunyai bentuk waktu dan ruang yang dikenal oleh diri seorang manusia. Kemudian dapat dinikmati di lingkungan hidupnya.

5. Lexicographer

Lexicographer juga menyampaikan pendapatnya akan seni musik. Menurutnya seni musik ialah sebuah ilmu dan seni yang dipadupadankan dengan unsur ritmis dan nada. Selain itu seni tersebut juga dipadukan dengan vokal atau sebuah instrumen yang melibatkan harmoni dan melodi. Seni musik memang bisa dijadikan sebagai media untuk mengungkapkan perasaan dan juga emosi seseorang. 

Fungsi Seni Musik

Seni Musik
www.nesabamedia.com

Seni musik ternyata mempunyai fungsi yang cukup beragam. Bagi anda yang sudah penasaran dengan apa saja sih fungsi seni musik. Ini dia fungsi seni musik yang harus anda ketahui.

1. Sebagai Sarana Keagaaman Dan Adat (KULTURAL)

Fungsi yang pertama adalah Kultural, seni musik memang biasanya digunakan sebagai iringan upacara kegiatan keagamaan. Seni musik disini juga berperan penting dalam keberagaman seni Indonesia. Sebab seni musik menjadi kebudayaan yang memiliki seni cukup tinggi. Seni musik juga bisa dijadikan ciri khas dari suatu adat daerah Nusantara.

2. Sebagai Sarana Untuk Menghibur Diri Dan Semangat (Psikologis)

Selanjutnya fungsi seni musik memang bisa dipakai guna menghibur diri. Bukan hanya itu saja seni musik juga dapat dipakai untuk membangkitkan semangat dalam diri. Contoh lagu untuk membangkitkan semangat diantaranya adalah, Indonesia raya, maju tak gentar, garuda pancasila, dan banyak lagi tentunya.

3. Sebagai Sarana Sejarah (History)

Seni musik dapat difungsikan sebagai penentuan untuk memastikan peradaban manusia atau masyarakat pada umumnya. Disini seni musik berperan cukup aktif dalam meneliti sejarah yang ada di Indonesia. Sehingga tak heran jika banyak tokoh sejarah yang menggali histori dengan seni musik.

4. Sebagai Sarana Pendidikan (Pedagogis)

Berikutnya seni musik mempunyai fungsi atau tujuan sebagai media pembelajaran. Bukan hanya pendidikan di sekolah, seni musik pun dapat diterapkan didalam rumah. Seperti contoh para orang tua dapat memutar lagu anak-anak sebagai media pembelajaran untuk buah hati di dalam rumah. Artinya musik sebagai jembatan sekaligus penghantar pendidikan kepada yang haus akan ilmu.

5. Sebagai Sarana untuk Bermain

Seni musik kerap kali dipakai sebagai media untuk bermain. Contohnya dalam permainan cublek-cublek suweng, yang biasanya dimainkan dengan cara bernyanyi bersama-sama. Bukan hanya itu saja banyak sekali permainan yang menggunakan lagu atau seni musik sebagai media nya. Inilah yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta seni musik.

6. Sebagai Sarana Mengungkapkan Emosi (Sosiologis)

Seni musik memang menjadi pelarian cukup baik untuk melarutkan segala perasaan yang ada di pikiran dan hati. Banyak para seniman yang menulis lagu dari hasil pemikiran yang sedang dirasakan saat itu. Seni musik disini menjadi pengaruh cukup baik untuk meluapkan segala perasaan sosiologis di isi kepala seseorang.

Unsur-Unsur Seni Musik

Setelah membahas pengertian dan juga fungsi seni musik. Sekarang waktunya kita akan membahas unsur apa saja yang terdapat di unsur musik. Unsur musik menjadi bagian krusial dalam membangun sebuah karya musik. Lalu apa saja unsur seni musik? Mari kita simak penjelasan dibawah ini.

1. Melodi

Unsur pertama dalam membuat seni musik ialah melodi. Melodi sendiri memiliki arti yaitu gabungan dari sejumlah bunyi atau nada. Nada atau bunyi tersebut dipilih berdasarkan tinggi atau rendahnya. Melodi terdiri dari, durasi, pitch, dan juga tone. Tone dan juga pitch dapat dihasilkan dari alat musik yang ada. Dari bunyi alat musik tersebut membentuk warna suara yang beda.

2. Irama Atau Ritme

Irama atau ritme mempunyai artian sebuah gerakan teratur dikarenakan adanya aksen secara tetap. Ritme atau irama menjadi bagian unsur terpenting dalam menciptakan sebuah karya seni musik yang indah. Ritme disini sebagai pengatur ketukan dasar oleh melodi yang berwarna. Sehingga tanpa adanya irama, tentu melodi tidak bisa menjadi beraturan.

3. Birama

Kemudian yang berikutnya adalah birama. Birama adalah ketukan atau sering disebut juga sebagai ayunan yang dilakukan secara berulang-ulang. Ketukan yang dilakukan harus teratur dan dalam waktu yang sama pula. Pada umumnya birama mempunyai jenis yang berbeda-beda tentunya. Jenis birama yang dimaksud disini ialah 2/4, 3/4, 2/3 dan seterusnya.

4. Harmoni

Harmoni adalah sesuatu unsur yang memiliki hubungan dengan kesesuaian bunyi atau nada. Harmoni dihasilkan lewat perasaan sang pencipta. Harmoni pun mempunyai beberapa elemen-elemen seperti akor dan interval. Keduanya menjadi satu kesatuan yang tak bisa ditinggalkan dalam membuat harmoni. Jika salah satu terlewatkan, maka dapat dipastikan harmoni tidak selaras.

5. Tempo

Unsur kelima dalam seni musik yakni tempo. Tempo ialah sesuatu yang berhubungan erat dengan cepat atau lambatnya suatu musik. Dalam artian tempo sebagai ukuran lambat atau cepatnya birama pada sebuah musik. Seandainya permainan suatu musik semakin cepat, maka value dari tempo pada musik tersebut semakin besar.

6. Tangga Nada

Tangga nada adalah urutan atau sederetan nada yang sudah disusun secara berjenjang. Kemudian diantara nada satu dengan yang lain mempunyai jarak tertentu. Jenis jarak tangga nada pun cukup beragam. Mulai dari 1/2, 1, 11/2, dan juga 2. Jarak nada ini yang akan menentukan variasi nada atau bunyi dan juga tangga nada.

7. Timbre

Unsur seni musik yang terakhir adalah Timbre. Pasti sebagian dari anda masih awam dengan unsur seni musik yang ini bukan ? Timbre adalah kualitas, dan warna bunyi yang nantinya pasti akan memberi sebuah kesan dibalik sebuah musik. Timbre pada sebuah musik atau bisa juga alat musik dipengaruhi oleh bunyi dan getaran dari bunyi tersebut.

Jenis-Jenis Seni Musik Yang Ada Di Dunia

Seni Musik
made-blog.com

Berikutnya akan kita bahas jenis-jenis seni musik yang ada di dunia. Secara umum setidaknya ada 3 kategori utama jenis seni musik di dunia.

1. Musik Tradisional

Jenis seni musik tradisional yang pertama ialah musik tradisional. Musik tradisional adalah salah satu kesenian yang lahir dan berkembang di sebuah daerah tertentu. Musik tradisional mempunyai pengertian lain, yaitu musik yang diwariskan oleh nenek moyang. Kemudian diturunkan secara turun temurun dari generasi pertama sampai generasi berikutnya.

Di Indonesia sendiri musik tradisional masih mempunyai tempat tersendiri di hati penikmatnya. Beberapa contoh seni musik khas Nusantara yang masih berkembang dan ada di Indonesia. Seperti, gamelan, sharon, karawitan, angklung, dan banyak lagi tentunya. Semua kesenian tersebut memiliki alat musik serta bahasa yang berbeda pada setiap daerah di Indonesia.

2. Musik Modern

Selanjutnya, selain musik tradisional seni musik juga mempunyai jenis yang bisa dikatakan lintas jaman. Jika musik tradisional identik dengan jaman nenek moyang. Berbeda dengan musik modern yang lahir karena perkembangan zaman, khususnya di bidang teknologi. Musik modern juga mempunyai sifat universal sehingga mudah dikenal oleh masyarakat luas dunia.

Jenis seni musik satu ini mengusung konsep dan tema yang tergolong baru. Hal ini pula yang menjadi cikal bakal timbulnya instrumen dengan kualitas yang lebih baik atau High Quality. Musik modern di Indonesia juga sangat ramai digandrungi. Rata-rata pecinta musik modern adalah kaum muda-mudi antara umur 10 sampai 25 tahun.

3. Musik Kontemporer

Jenis seni musik yang terakhir adalah kontemporer. Tahukah anda apa itu musik kontemporer ? Musik kontemporer adalah salah satu jenis musik yang mulai berkembang pada tahun 1990 an di Indonesia. Musik ini dapat dikatakan sebagai penengah antara musik tradisional dan juga modern.

Musik Kontemporer pun memiliki ciri khas yang cukup unik. Mulai dari adanya variasi nada lebih lengkap, memiliki jenis warna bunyi, dan juga ritme beragam. Keunikan lain yaitu sumber bunyi yang cukup bervariasi, alias tidak hanya satu instrumental saja. Sehingga membuat para pendengarnya merasa sangat dihibur dengan bunyi aneka instrumental.

Baiklah itu tadi ulasan seputar seni musik, semoga setelah anda membaca dan menyimak artikel ini. Wawasan serta pengetahuan anda seputar seni musik semakin luas.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.