Sejarah Musik Rock Dan Asal Usul Hingga Dikenal Di Berbagai Dunia

Sejarah musik rock bermula dari negara beribu kota Washington DC, yaitu Amerika Serikat. Musik rock diperkirakan lahir pada tahun 1940-an. Dari negeri Amerika, musik rock berkembang dengan cukup cepat di berbagai belahan negara dunia. Ingin lebih tahu perkmbangan musik rock lebih luas? Baiklah ini dia sejarah musik rock yang harus anda ketahui.

Sejarah Awal Mula Musik Rock

Sejarah Musik Rock
tikum.id

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, musik rock lahir dari negeri Amerika Serikat. Tepatnya pada tahun 1940-an, ditahun tersebut memang perkembangan musik di amerika cukup maju. Rock adalah salah satu genre musik percabangan antara country, dan juga western. Bukan hanya itu saja musik rock juga timbul hasil perpaduan antara ryhtm dan blus atau RnB.

Unsur yang ada di genre rock, sebenarnya sudah ada didalam musik Country khas Amerika. Bukan hanya itu saja, unsur musik rock sebenarnya juga mulai terdengar pada tahun 1920 an di genre blues. Meskipun unsur rock sudah ada dari kedua genre musik tersebut. Tetap saja musik rock diperkenalkan dan dikembangkan pada tahun 1940 hingga 1950.

Rock pada awalnya disebut-sebut musik rockabilly, dengan memadukan musik Jazz, Blues, Hingga RnB. Musik rock juga dipengaruhi beberapa genre musik seperti Appalachia, dan musik Gospel. Nah, jika ingin menggali lebih dalam, musik rock ini dapat anda temui di daerah New York. Tepatnya di Slum Five Points Amerika Serikat.

Hingga saat ini pencipta atau pembuat lagu rock pertama kali masih diperdebatkan. Karena timbul berbagai macam opini dari berbagai pengamat musik. Disebutkan jika Sister Rosetta Tharpe adalah salah satu pencetus musik rock. Karena dia berhasil merekam musik yang amat penuh dengan hentakan dan teriakan. Karena hentakan dan teriakan adalah 2 unsur yang mendarah daging dengan rock.

Bahkan pada tahun 1930-an hingga 1940 Sister Rosetta Tharpe pernah meraih tangga lagu pop pada tahun 1938.  Hal inilah yang membuat Sister Rosetta Tharpe menjadi lebih bersemangat menciptakan musik lainnya. Namun lagu buatan Sister Rosetta Tharpe ini hampir tidak bisa dibedakan dengan gaya musik rock pada tahun 1950 an.

Mulai dari dekade 1920 hingga 1930 ternyata orang kulit putih di Amerika mulai jatuh hati dengan genre musik ini. Tentu hal ini semakin memudahkan musik rock dikenal oleh masyarakat luas Amerika Serikat. Sehingga tak heran jika kemajuan musik rock di Amerika sangat pesat. Hal ini juga didukung dengan perkembangan teknologi yang tumbuh pesat pula.

Di daerah tersebut pula untuk pertama kalinya terjadi pencampuran budaya musik dari beberapa negara Eropa. Seperti tarian Afrika ritmis dengan musik eropa. Juga percampuran tari rakyat asal Islandia yang mempunyai melodi merdu. Lalu bagaimanakah asal usul penamaan rock, pada genre musik satu ini ?

Asal-Usul Nama Rock

Istilah Rock muncul dari seorang penyanyi gospel dari daerah pesisir Amerika Serikat. Asal mula nama rock ialah rocking menandakan sesuatu yang persis dengan pengangkatan suatu ritual. Maka dari itu banyak para grup band beraliran rock, yang memasukkan unsur mitis disetiap lirik. Jadi anda tak perlu heran jika mendengarkan lagu rock yang penuh dengan misteri.

Bahkan terdapat istilah rock and rool yang berarti sebutan atau nama untuk penggemar genre musik satu ini. Istilah Rock And Rool lebih dikenal dengan rock n rool. Pasti bagi anda penggemar musik satu ini sudah banyak yang mengetahui akan istilah ini. Musik rock memang mempunyai peminat dari berbagai negara dan berbagai kalangan pastinya.

Musik rock menjadi amat populer pada pertengahan abad ke-19. Musik ini digemari karena banyak menggabungkan alat musik yang beragam Mulai dari gitar, bass, drum, piano, dan banyak lagi. Ciri khas dari musik genre rock yakni mempunyai beat yang kuat. Beat ini dihasilkan dari alat musik gitar elektrik atau juga akustik.

Awal mulanya musik rock hanya mempunyai 3 chords. Namun yang paling terkenal dan sering dipakai adalah back beat, sebab chord ini tergolong konsisten dan memiliki melodi menarik. Alat musik untuk menghasilkan bunyi atau chord back beat salah satunya yakmi gitar atau saksofon bergaya blues.  Bahkan alat musik harmonika pun dapat dipakai di genre musik keren satu ini.

Perkembangan Musik Rock Hingga Dikenal Dunia

Sejarah Musik Sejarah
klimg.com

Pada akhir pertengahan abad ke-19, musik genre rock ini berkembang sangat cepat. Musik rock pun lahir dengan menggabungkan beberapa jenis musik lain. Rock mulai digemari saat berhasil menggabungkan genre rock dengan folk yang merupakan musik khas Amerika. Dari penggabungan genre musik inilah mulai diperkenalkan genre musik baru yakni Folk Rock.

Bukan hanya itu saja, musik rock juga dicampur dengan musik jazz dan blues. Dari perpaduan ini lahirlah cabang rock baru yakni jazz rock fusion. Selain itu tepatnya pada tahun 70an rock melakukan kolaborasi dengan genre musik lain, seperti soul, funk, dan juga musik latin. Ada pula beberapa cabang rock baru lain mulai dari, soft rock, glam rock, hard rock, punk rock, dan banyak lagi lainnya.

Musik rock mampu membaur di kalangan pecinta musik dunia. Sebab memang musik rock mempunyai melodi yang dapat dipadukan dengan genre lain. Sehingga tak heran banyak para pecinta musik mulai membuat genre rock yang juga tak kalah hebat. Sebut saja, hardcore yang sempat gempar di negara benua Asia termasuk Indonesia.

Tentu saja hal ini membawa dampak baik bagi perkembangan musik rock. Di Asia mulai lahir genre musik rock yang baru yakni indie rock. Indie rock menjadi favorit para pecinta musik klasik dan rock tentunya. Diperkirakan musik rock berkembang di benua asia pada tahun 1990-an.

Meskipun mempunyai cabang musik yang beraneka ragam, namun tetap saja ini tak menghilangkan pondasi musik rock. Pondasi musik rock yaitu rock and roll dan rockabilly, yang muncul di pertengahan abad 19 tepatnya pada tahun 1950 an. Jadi meski dicampur dengan aliran musik seperti jazz, atau yang lain. Rock adalah genre musik yang masih asli seperti awal ditemukan.

Di Jaman sekarang musik rock sudah banyak digemari dan dikenali oleh berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari negara-negara Eropa, Asia, Amerika, pun berlomba-lomba membuat genre rock versi negara masing-masing. Dari situlah lahir grup-grup band bergenre rock yang sangat mendunia, dan pastinya lagunya banyak dinikmati oleh masyarakat luas.

Grup Band terkenal yang ada di dunia seperti, Guns And Rose, Scorpion, Aerosmith, Red Hot Chili Peppers, The Rolling Stones, Deep Purple. Di Indonesia sendiri juga ada grup band yang mengadopsi jenis musik satu ini. Mulai dari, God Bless, Slank, Boomerang, The Tielman Brothers, Kotak Band, dan banyak lagi.

Baiklah itu tadi ulasan menarik seputar sejarah musik rock yang mendunia. Jangan sampai terlewatkan artikel musik lain yang tak kalah asik untuk dikulik.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.