Kriteria Software Payroll Terbaik untuk Perusahaan Anda

Tak hanya bertanggung jawab untuk mengelola karyawan, perusahaan juga bertanggung jawab dalam mengelola penggajian. Semua itu sebagai bentuk pemenuhan perusahaan dalam memberikan kompensasi bulanan untuk karyawan. Agar memaksimalkan pengelolaan gaji karyawan tiap bulan, perusahaan lebih memilih menggunakan software payroll.

Software payroll adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk memproses dan menyimpan semua informasi penggajian secara sistematis. Sehingga, proses perhitungan gaji menjadi lebih mudah karena adanya otomatisasi oleh sistem. Hasil perhitungan gaji menggunakan software payroll pun lebih akurat dan hemat waktu.

Memilih sofftware payrolll bukan tanpa alasan. Sebab, software payroll dinilai lebih efektif daripada penggunaan cara manual dalam pengelolaan gaji. Akan tetapi, bagaimana cara memilih software payroll yang cocok dengan perusahaan Anda?

Ikutilah pembahasan di bawah ini!

User Friendly

Kriteria pertama yang harus perusahaan pertimbangkan adalah aspek tampilan yang user friendly. Mengapa demikian? Hal ini diperlukan agar karyawan tidak membutuhkan waktu lama  untuk beradaptasi dengan penggunaan software. Jangan sampai ingin menyederhanakan dan mempermudah proses penggajian justru malah menyulitkan karena tampilannya yang sulit dipahami.

Untuk memastikan, sebaiknya Anda harus mengajukan demo software terlebih dahulu kepada vendor sebelum menggunakan software tersebut.

Tersedia Fitur Lengkap

Seperti yang diketahui, ada banyak kendala dalam pengelolaan gaji. Oleh sebab itulah mengapa kelengkapan fitur harus dipenuhi. Berbagai fitur ini nantinya akan membantu pengelolaan gaji menjadi lebih mudah. Contohnya adalah fitur salary slip yang biasa digunakan untuk mencetak slip gaji dan payroll report untuk mencetak laporan penggajian. Sama halnya dengan tampilan pada software, kelengkapan fitur juga bisa dilihat melalui demo software. 

Memiliki Sistem Keamanan Kuat

Selanjutnya adalah mengenai keamanan dan kerahasiaan data. Segala informasi dan data karyawan bersifat konfidensial. Jika jatuh ke tangan yang salah, bisa saja data dan informasi penggajian tersebut akan disalahgunakan dan merugikan perusahaan serta karyawan. Maka dari itu, sistem keamanan yang ada dalam software payroll harus menjamin keamanan dan kerahasiaan data yang tersimpan.

Mempunyai Rincian Harga Jelas

Dan kriteria terakhir adalah rincian harga yang jelas. Maksud dari rincian harga yang jelas ini adalah biaya penggunaan software. Apakah biaya berlangganan dihitung per bulan atau per karyawan? Apakah biaya pemeliharaan sudah ditanggung oleh pihak vendor? Hal ini perlu dipahami secara rinci agar tidak ada kesalahpahaman ketika sudah menggunakan software payroll. 

Sebelum menggunakan software apapun, memang ada baiknya Anda memperhatikan berbagai pertimbangan supaya tidak salah pilih. Untuk itu, jangan lupa mempertimbangkan reputasi vendor penyedia software. Karena vendor dengan reputasi baik tentunya menyediakan software yang berkualitas pula.

Contohnya adalah LinovHR yang menyediakan software payroll untuk mengatasi berbagai kesulitan dan masalah selama proses penggajian. LinovHR sendiri sudah dikenal sebagai vendor Software HR Indonesia berkualitas dan melayani berbagai client dari industri yang berbeda.

Itulah beberapa kriteria software payroll terbaik yang akan membantu proses penggajian di perusahaan.Anda. Semoga ulasan singkat di atas dapat membantu!

Leave a Comment