11 Alat Musik Unik Penghasil Instrumen Indah Yang Ada Di Dunia

Alat musik unik merupakan salah satu instrumen musik yang diciptakan oleh manusia dengan keunikan yang ada didalamnya. Namun siapa sangka bahwa keunikan tersebut lah yang menjadikan daya tarik untuk kalangan publik, khususnya pecinta kesenian musik.

Jenis-Jenis Alat Musik Unik Dunia Yang Siap Membuat Anda Penasaran

Oke sobat pecinta musik berikut akan kita tampilkan beberapa jenis instrumen musik yang ada di berbagai sudut dunia. Keunikan nya pun beragam mulai dari karena bentuknya, ukurannya dan sebagainya.

1. Kalimbas

Alat musik unik
amadoespinoza.com

Daftar alat musik unik yang pertama adalah kalimbas. Kalimbas lebih dikenal atau familiar dengan sebutan piano ibu jari. Kalimbas merupakan salah satu instrumen musik yang masih dalam keluarga musik perkusi. Pada umumnya alat musik kalimbas terbuat dari buluh atau ujung.

Cara memainkan alat musik satu ini yaitu dipetik menggunakan ibu jari. Kemudian resonator yang berongga akan mendeteksi getaran lalu mengeluarkan bunyi yang indah. Jenis alat musik unik satu ini mempunyai kelebihan, yakni mudah dibawa kemana-mana saat bepergian atau pun traveling.

2. Didgeridoo

Alat musik unik
www.beyondcontext.com

Didgeridoo merupakan salah satu instrumen musik tiup yang juga amat unik. Keunikan yang ada pada alat musik unik satu ini adalah dari segi ukuran. Didgeridoo mempunyai panjang ukuran yang berbeda dengan alat musik tiup lainnya. Panjang didgeridoo bisa mencapai 1 sampai 4 kaki.

Semakin panjang ukuran, suara atau nada yang dihasilkan pun semakin rendah. Namun anda tak perlu khawatir bagi yang ingin membawanya bepergian. Karena alat musik satu ini dapat dibongkar dan ditaruh kedalam sebuah tas yang anda bawa saat bepergian.

3. Aeolian Wind Harp

alat musik unik
wikipedia.org

Alat musik unik yang berikutnya adalah Aeolian Wind Harp. Alat musik satu ini pada umumnya terbuat dari sebuah kotak yang berbahan dasar kayu. Pada kayu tersebut terbentang senar yang membentang pada 2 papan. Senar nya bisa dibuat dari bahan yang cukup sederhana yakni tali.

Keunikan yang dipunyai oleh alat musik Aeolian Wind Harp ini terbilang aneh. Apabila anda ingin memainkan nya dan mendengarkan suara yang dihasilkan oleh alat musik satu ini. Anda harus menempatkannya di dekat jendela yang terbuka. Ini dilakukan agar angin bisa meniup nya.

4. Kazoo Instrument

alat musik unik
www.hansmusic.com.au

Kazoo menambah daftar panjang jenis alat musik unik yang ada di dunia. Prinsip untuk bermain alat musik unik ialah, mekanisme getaran yang mampu mengubah suara para pemainnya ketika dibunyikan. Untuk memainkan nya anda harus bernyanyi melalui perangkat yang terpasang.

Biasanya kazoo instrumen terbuat dari bahan baja atau bisa juga dengan material plastik. Kazoo Instrument jarang ditemui saat pertunjukan kesenian musik pada umumnya. Sebab alat musik instrumen angin ini hanya ada atau terdapat di beberapa belahan dunia.

5. Jaw Harp

alat musik unik
amazonaws.com

Alat musik unik satu ini mempunyai keunikan yang berbeda dari lainnya. Jaw Harp merupakan alat musik tertua yang ada di dunia. Dilihat dari bentuknya, alat musik tiup ini pun tergolong unik. Bahan yang digunakan guna membuat Jaw Harp adalah logam yang fleksibel, bisa juga bambu.

Untuk memainkan alat musik satu ini pun relatif sulit. Sebab pipi dan bibir para pemain tidak boleh bersentuhan langsung dengan alat musik satu ini. Sehingga para pemain memainkan nya dengan menggunakan gigi saja, Nada yang dihasilkan pun tergantung dari banyaknya nafas yang masuk.

6. Weather Harp

alat musik unik
squarespace-cdn.com

Alat musik unik lainnya dan juga berikutnya adalah Weather Harp. Alat musik satu ini terbuat dari kayu jenis lapis laut, atau bisa pula dengan menggunakan kulit kambing. Alat instrumen satu ini bisa dimainkan saat ada angin saja. Inilah yang menjadi salah satu keunikan dari alat musik Weather harp.

Weather Harp memiliki jumlah string yang berjumlah 21. Selain itu alat musik unik satu ini juga bisa memainkan 42 note string. Terdapat 2 perangkat atau media yang mampu menghasilkan suara pada Weather Harp yaitu Cangkir logam, dan juga Lengan Keseimbangan yang menghasilkan bass.

7. Bikelophone

alat musik unik
farm1.static.flickr.com

Seperti nama dari alat musik satu ini, yaitu Bikelophone yang berasal dari kata bike & phone. Awal mulanya instrumen ini diciptakan untuk melengkapi instrumen The Lyle dan Sparkface yang merupakan band tahun 1995. Namun siapa sangka Bikelophone berkembang menjadi luar biasa.

Dengan menggabungkan beberapa komponen penghasil suara. Seperti pickup magnetik, string bass, kayu bekas, logam mangkuk. Nah yang unik adalah alat musik satu ini menggabungkan benda yang tak lumrah. Mulai dari telepon dan bahkan menggunakan pedal sepeda sebagai generator.

8. Batu Bernyanyi (Singing Stones)

Alat musik unik
wordpress.com

Keunikan yang dimiliki oleh instrumen alat musik unik satu ini ialah. Menggunakan batu dengan jumlah 100 buah yang berasal dari sungai. Batu-batu tersebut direntangkan atau dibuat melayang sepert formasi sayap dengan kawat musik. Cara memainkan nya yaitu dengan menarik kawat musik.

Mekanisme dari alat musik unik satu ini adalah. String yang bergetar kemudian mengahantarkan rambatan nya kedalam batu-batu. Dari sinilah asal muasal penamaan alat musik satu ini menjadi batu bernyanyi. Karena batu yang sudah direntangkan tersebut mampu menghasilkan nada yang bagus.

9. Uberorgan

alat musik unik
wikimedia.org

Alat musik unik berikutnya bernama Uberorgan. Uberorgan merupakan alat musik yang berupa instalasi musik terbesar yang ada di dunia. Alat musik yang kaya akan keunikan ini pertama kali dibuat oleh sebuah tim pengembang instalasi yaitu Hawkinson Team. 

Uberorgan mampu menjadi daya tarik untuk kalangan publik dari berbagai kalangan. Banyak dari kalangan publik yang datang untuk mendengarkan secara langsung bunyi yang dihasilkan oleh Uberorgan. Alat musik unik satu ini terbuat dari sebuah pipa yang berbentuk seperti balon.

10. Hydraulophone

alat musik unik
youtube.com

Pencetus atau penemu alat musik unik satu ini adalah seorang profesor dari universitas Toronto. Nama profesor tersebut adalah Steven Mann. Awal mula perkenalan alat musik yang menggunakan bahan berupa pipa dan juga air ini. Pada sebuah acara International Computer Music Conference tahun 2007.

Adapun karakteristik dari alat musik satu ini. Mulai dari pipa yang memanjang ditambah dengan beberapa lubang diatas permukaannya. Kemudian Hydraulophone mempunyai jumlah lubang sebanyak 12 sampai 35 lubang. Setiap lubang tentu berpengaruh dengan banyaknya nada musik.

11. Jalan music atau road music

Saat mendengarkan atau menyebut nama alat musik satu ini, pasti sudah merasa aneh bukan? Alat musik unik satu ini dibuat beberapa tahun lalu oleh seorang peneliti industri Jepang. Road music memiliki bentuk berupa arsiran yang dibentuk atau diukir di sepanjang jalan.

Nah hal yang unik yaitu, ketika kita melintasi diatasnya, maka akan tercipta sebuah alunan musik yang amat cantik. Jalan musik ini memiliki lubang dengan diameter 6 mm dan memiliki jarah pisah 12 mm. Setiap jarak mempunyai atau memiliki bunyi dengungan musik yang indah nan merdu.

Baiklah itu tadi 11 alat musik unik yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Semua mempunyai keunikan dan keanehan yang membuat siapa saja menggeleng gelengkan kepalanya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.