Alat Musik Triangle Mulai Dari Pengertian, Fungsi, Dan Cara Memainkan

Alat musik triangle merupakan sebuah alat musik yang mampu menghasilkan suara bila dipukul. Sehingga menjadikan alat musik satu ini tergolong kedalam instrumen perkusi. Sebagian dari anda pasti sedikit asing bila mendengar musik instrumen satu ini. Alat musik triangle merupakan instrumen musik yang mengusung konsep sederhana dan berbentuk triangle atau segitiga.

Suara yang dihasilkan oleh alat musik perkusi ini mempunyai nada yang sama. Jadi meskipun anda memukul nya dengan kuat, tetap saja bunyi yang dihasilkan tetap sama. Hal yang bisa menjadi pembeda bunyi nada adalah tergantung material atau bahannya. Pada umumnya alat musik satu ini mempunyai atau memiliki ukuran sekitar 15 sampai dengan 18 cm.

Anda dapat dengan mudah menemukannya di beberapa toko instrumen musik. Apalagi di zaman modern seperti sekarang, bentuk alat musik satu ini telah mengalami berbagai macam perubahan. Mulai dari bahan, ukuran, dan sebagainya. Nah, adakah dari anda yang penasaran sejarah alat musik satu ini? Baiklah ini dia sejarah alat musik triangle yang perlu anda ketahui.

Sejarah Singkat Alat Musik Triangle Yang Jarang Diketahui

Alat musik triangle
i2.wp.com

Seperti pada umumnya, semua alat musik pasti memiliki sejarah yang menarik untuk digali. Tidak terkecuali alat musik sederhana satu ini, yaitu triangle. Alat musik triangle mempunyai sejarah yang boleh dibilang masih penuh akan misteri. Oke pasti anda sudah penasaran dengan sejarahnya, ini dia sejarah singkat alat musik triangle.

Berdasarkan catatan yang ada, sejarah awal mulanya dimulai pada abad ke 16 Masehi. Namun tidak diketahui dengan pasti siapa tokoh dibalik pembuatan alat musik jenis perkusi satu ini. Akan tetapi dalam catatan sejarah musik era klasik di Eropa, alat musik berbentuk segitiga ini sudah ada pada abad 18 masehi. Tepatnya diperkenalkan dalam pertunjukan orkestra klasik barat.

Kemudian alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul ini mulai berkembang pada tahun 19 abad masehi. Musik triangle ini dipakai atau digunakan dalam sebuah pertunjukan musik, misalnya  instrumen musik karya Richard Wagner . Richard Wagner sendiri adalah seorang pakar musik, dan juga seorang komponis handal asal negara beribu kota Berlin yakni German.

Pada awalnya alat musik triangle dimainkan secara solo, atau sendiri pada sebuah konser musik yang juga dinamai Triangle concerto. Namun dalam perkembangan nya alat musik satu ini digunakan dalam sebuah konser yang melibatkan sebuah grup orkestra. Tokoh yang sukses mengembangkan sekaligus berjasa dalam perkembangan musik triangle adalah Wagner.

Tokoh Pengembang Instrumen Triangle

Wagner sendiri merupakan seorang yang penuh akan kontroversial. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti musik yang pernah dibuat dan ia juga merupakan tokoh pendukung anti semitisme. Dalam catatan sejarah, Wagner termasuk kedalam golongan seorang komposer sejak zaman romantic. Lalu Wagner mulai memikirkan untuk mengembangkan instrumen triangle dengan berbagai perubahan.

Selanjutnya alat musik pukul triangle ini, sering dimainkan oleh kelompok musik Hans Rotts Symphony. Bukan hanya itu saja kebanyakan musik triangle juga digunakan sebagai nada dasar dalam pembuatan lagu. Sebut saja Jhon Deacon yang merupakan salah satu anggota dari grup band aliran rock yaitu Rock Queen dan juga Killer Queen, Joni Mitchell, dan banyak lagi.

Perkembangan musik triangle berkembang dengan cukup pesat. Fungsi dari alat musik triangle ini pun mengalami sedikit pergeseran. Bahkan alat musik satu ini digunakan untuk sebuah acara rohani yang dilakukan oleh umat kristiani. Banyak orang yang beranggapan jika musik mendapatkan sentuhan dari instrumen triangle. Maka musik tersebut terdengar kian manis dan indah.

Fungsi Alat Musik Instrumen Triangle Yang Cukup Beragam

Alat musik triangle
gasbanter.com

Tentunya dibalik penciptaan sebuah alat musik, menyimpan berbagai alasan mengapa alat musik tersebut dibuat. Nah begitu pula dengan instrumen triangle yang mempunyai alasan mengapa alat musik ini dibuat. Alasan yang paling kuat mengapa alat musik ini diciptakan ialah karena fungsinya yang ternyata cukup beragam loh !

Meskipun triangle hanya sebuah alat musik yang bisa dibilang pelengkap alias pembantu. Namun tidak menutup kemungkinan bila triangle dimainkan dengan lebih variatif sekaligus atraktif dalam sebuah instrumen lagu. Seperti yang sudah dikatakan pada sejarah triangle, jika salah satu fungsi dari instrumen satu ini yaitu sering dipakai dalam kegiatan kerohanian oleh umat kristiani.

Selain tergolong kedalam instrumen perkusi, alat musik ritmis triangle pun termasuk dalam jenis idiofoni. Fungsi kedua dari alat musik pukul satu ini, yakni sebagai pengganti lonceng atau bel. Mengingat triangle adalah instrumen sederhana, sehingga banyak orang yang menggunakan nya sebagai penanda untuk beberapa instruksi. Seperti waktunya makan, atau bahkan menandakan kematian seseorang.

Bahkan seorang ahli alat musik instrumen perkusi berpendapat didalam buku dengan judul Grove Dictionary of Music an Musician. Dia menuliskan sebuah kalimat yang memiliki makna yang membuat orang bertanya-tanya. Ia menuliskan “The triangle is by no means a simple instrument to play” yang diartikan kedalam bahasa Indonesia menjadi “Triangle bukanlah sebuah alat musik yang mudah untuk dimainkan”

Itu tadi beberapa fungsi yang ternyata jarang diketahui oleh kalangan awam. Mulai dari fungsi untuk kegiatan keagamaan, pengganti media, dan bahkan sebuah simbol untuk instruksi tertentu.

Cara Memainkan Alat Musik Triangle

alat musik triangle
gaznaz.com

Terdapat berbagai macam cara untuk memainkan instrumen triangle, tentunya hal tersebut tergantung dengan aliran musik yang dimainkan. Faktor lainnya yaitu kemampuan bermusik para pemain triangle. Seperti contoh pada jenis musik samba, dan juga rock, alat musik triangle dimainkan dengan bervariasi dan atraktif.

Ada beberapa note atau catatan yang mesti diketahui oleh seorang pemain triangle saat memainkan triangle. Catatan pertama adalah para pemain tidak diperbolehkan menyentuh alat musik ini saat triangle dalam keadaan berbunyi. Tentunya hal tersebut mempunyai alasan tersendiri, yaitu bila disentuh getaran yang dihasilkan pada besi pada triangle akan berhenti.

Namun secara garis besar alat musik ini dimainkan dengan cara memukulnya dengan stick pada sisi luar. Dalam beberapa irama musik, triangle dimainkan dengan cara memindah arah pukulan ke sisi bagian dalam. Ini dilakukan oleh seorang pemain triangle saat ingin menghasilkan suara yang keras sekaligus tempo aliran cepat.

Sehingga dari pernyataan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan. Kesimpulan pertama yakni sisi luar digunakan untuk menghasilkan suara yang pelan dan digunakan untuk irama lambat. Kemudian berikutnya yaitu sisi dalam yang dipakai untuk menghasilkan keluaran nada berbunyi keras. Juga cocok untuk tempo aliran musik yang tergolong cepat

Begitulah sedikit ulasan tentang atau seputar alat musik triangle. Kita sudah membahas mulai dari pengertian, sejarah singkat, fungsi dari triangle, dan juga cara memainkan nya. Pasti rasa penasaran anda sudah terobati bukan? Baiklah sobat pecinta musik, sampai jumpa lagi di artikel musik yang tak kalah menariknya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.