Alat Musik Piano: Sejarah, Jenis-jenis, dan Tips Cara Bermain Pemula

Alat musik piano, merupakan salah satu alat instrumen musik yang banyak sekali peminatnya. Piano merupakan sebuah alat musik yang tergolong mudah untuk memainkan nya. Karena anda hanya diharuskan untuk menekan setiap not atau tuts pada piano dengan menggunakan jari-jemari.

Setiap tuts yang ada pada piano sudah tersambung dengan yang namanya hammer. Apabila pemain piano menekan tuts, maka secara otomatis senar di dalamnya akan menghasilkan bunyi. Tentunya setiap senar memiliki ukuran panjang yang berbeda, sekaligus hasil bunyi nya berbeda pula.

Pemain alat musik satu ini dinamakan atau disebut dengan pianis. Biasanya alat musik yang identik dengan 2 warna yakni hitam dan putih ini. Dipakai untuk mengiringi, atau membuat sebuah instrument musik. Piano sendiri biasanya dimainkan saat mengiringi beberapa genre lagu, seperti pop, RnB, jazz, blues, bahkan tak jaran juga aliran musik rock. Maka tak heran jika alat music dengan bentuk panjang ini selalu ada dalam setiap perunjukan musik.

Nah bagi anda yang sudah tak sabar ingin tahu tentang serba-serbi piano, pertama mari kita simak seputar sejarah piano.

Sejarah Awal Mula Terciptanya Alat Musik Piano

Sejarah Piano
www.zechlin.de

Instrumen musik satu ini pun mempunyai sejarah yang terus berkembang dari zaman dulu hingga sekarang. Pada awal mulanya alat musik piano diciptakan oleh Bartolomeo Cristofori. Beliau merupakan salah satu tokoh besar komponis asal negara yang beribu kota Roma Italia.

Bartolomeo Cristofori berhasil menyempurnakan versi piano yang sudah dibuat oleh para komponis handal asal italia, tepatnya pada abad ke 18. Sebab pada awalnya saat piano diciptakan, suara yang dihasilkan tidak sekeras sebelum disempurnakan oleh Bartolomeo Cristofori. Alasan mengapa piano pada saat itu tidak memiliki suara yang keras adalah, tegangan senar tidak sekuat zaman sekarang.

Meskipun pada awalnya masyarakat awam masih kebingungan sekaligus menjadi bahan perdebatan, siapa pencetus alat musik dengan nama piano ini. Karena dalam catatan sejarah lainnya, telah ditemukan alat musik berprinsip kerja seperti piano pada tahun 1440. Akan tetapi banyak orang mengakui bahwa Bartolomeo Cristofori lah sebagai pencipta piano.

Menurut sejarah, piano lahir dari hasrat untuk menggabungkan keindahan sebuah nada dengan kekuatan akan harpsichord. Dari keinginan itulah yang mendorong beberapa komponis handal seperti, Marius, Schroter, Saxony, dan juga Christofori. Mereka datang dari daerah yang berbeda-beda, Paris, Padova, juga Italia.

Sejarah Piano Pertama di Dunia

Piano Pertama Buatan Bartolomeo Cristofori
www.britannica.com/

Tentu pada pertama kali dibuat piano tidak langsung berwujud seperti sekarang. Melalui beberapa generasi sekaligus proses, barulah piano dapat kita lihat seperti sekarang. Saat pertama kali diperlihatkan, saat itu piano hanya mempunyai rangka senar dengan menggunakan rangka kayu. Sehingga tidak mampu menahan tegangan tinggi yang berasal dari senar piano.

Oleh karena itu pada abad XIX banyak pertunjukan musik yang di helat pada gedung besar. Suara piano tidak mampu atau kurang terdengar merata pada setiap ruangan gedung. Berangkat dari kejadian itulah, maka timbul pemikiran jika rangka piano dibuat dengan menggunakan besi.

Sejarah Awal Revolusi Bentuk Piano

Tepatnya pada tahun 1800 dengan pencetus ide yang bernama Joseph Smith dari Inggris. Berhasil menciptakan sebuah rangka piano dengan keseluruhan bahan nya menggunakan logam besi. Dengan itulah, Joseph Smith sukses membuat piano dengan tegangan senar yang sangat kuat. Sehingga suara yang dihasilkan pun lebih keras dari sebelumnya.

Kemudian inovasi dari Joseph Smith, mulai ditiru atau di contoh oleh para pembuat piano lainnya. Dari konsep ini pula, lahir inovasi lain yang diciptakan oleh Erard bersaudara pada tahun 1822. Mereka mematenkan double escapement action, yang merupakan sebuah sistem kaitannya dengan cara kerja alat musik piano.

Dalam perkembangannya, sebelum piano seperti sekarang yaitu memiliki 88 tuts. Siapa yang menyangka jika sebelum itu piano hanya mempunyai lima oktaf nada dan juga tuts yang berjumlah 62 buah. Cara kerja piano zaman dahulu pun termasuk rumit. Dikarenakan untuk memainkan nya seorang pianis, harus lah mengayuh pedal dengan menggunakan lutut.

Namun inilah cikal bakal dalam pembuatan piano modern, yang berkembang di negara populer seperti Inggris. Kemudian perkembangan piano tak berhenti disitu saja. Pada abad sekitar XIX dan XX, piano berhasil merajai dunia musik di dunia.

Selanjutnya sekitar abad XVII piano dibuat dengan berbagai macam bentuk. Mulai dari model piano yang dengan desain dawai yang menjulang. Sampai akhirnya menjadi lebih rendah sesudah John Isaac Hawkins merombak tempat piano itu menjadi sejajar dengan lantai.

Tak ingin tertinggal, Jerman pun juga menciptakan sebuah piano, yang dinamakan piano persegi. Piano persegi satu ini, memiliki karakteristik lebih ringan, dan harganya yang tidak mahal. Jenis piano satu ini mampu bertahan cukup lama yaitu sampai dengan tahun 1860, sebagai sebuah alat musik instrumen pilihan masyarakat saat itu.

Sampai sekarang piano juga terus mengalami perubahan bentuk dan  berbagai inovasi. Sebagai contoh, di era serba modern ini alat musik tradisional seperti piano, dikembangkan menjadi piano digital, piano elektronik, dan keyboard.

Jenis-Jenis Alat Musik Piano Yang Ada Di Dunia

Seperti alat musik pada umum nya, piano juga memiliki jenis-jenis nya. Seiring berkembangnya zaman dan juga teknologi. Juga berpengaruh terhadap kemajuan alat musik yang setiap harinya semakin canggih. Nah, berikut adalah beberapa jenis-jenis piano yang ada di dunia.

1. Grand Piano

Alat Musik Grand Piano
pinterest.com

Jenis alat musik instrumental piano yang pertama adalah grand piano. Grand piano merupakan salah satu golongan piano akustik. Memiliki posisi senar yang berbeda dengan senar piano pada umum nya. Senar piano satu ini dibentangkan memanjang secara horizontal dari tuts.

Sumber bunyi pada salah satu jenis piano ini dihasilkan dari, senar yang dipukul oleh hammer lewat bawah. Kemudian akan kembali ke posisi semula, sebab hammer ini menerapkan atau juga bisa dikatakan memanfaatkan gaya gravitasi. Terdapat berbagai macam variasi ukuran pada grand piano yang tentunya tergantung brand pembuatnya.

2. Upright Piano

Alat Musik Upright Piano
bukalapak.com

Selanjutnya juga masih seputar jenis-jenis piano yang dinamakan upright piano. Jenis piano satu ini juga memiliki sebutan lain yakni piano vertikal. Piano satu ini masuk dalam kelompok piano akustik. Jika jenis piano memanfaatkan gaya gravitasi untuk menggembalikan hammer, saat dipukul.

Berbeda dengan jenis lainnya, piano yang satu ini menggunakan pegas sebagi ganti gaya gravitasi. Nah, karena memakai pegas maka piano ini harus diganti karena pasti pegas akan mengalami degradasi. Kebanyakan, upright piano lebih murah dan menerapkan fungsi sederhana. Maka tak heran jenis piano ini banyak disukai untuk beberapa kegiatan di gereja atau bahkan fasilitas publik.

3. Spinet Piano

Jenis Piano
www.pianogallery.com

Masih satu keluarga dengan jenis piano akustik, jenis alat musik instrumental satu ini memiliki nama Spinet Piano. Dengan karakteristik yang sekaligus menjadi keistimewaannya, yaitu memiliki ukuran tinggi antara 36-39 inchi.

Karena ukurannya yang kecil membuat jenis piano satu ini cocok sebagai pilihan utama untuk dekorasi rumah yang dapat dimainkan tentunya. Spinet piano menghasilkan suara yang cukup nyaring dan lembut dibandingkan dengan upright piano. Piano satu ini juga sangat cocok dijadikan untuk alat musik instrumen pelengkap sebuah lagu.

4. Piano Elektronik

Jenis Piano
amazonaws.com

Masih ada loh, jenis piano yang tidak kalah populer nya. Piano elektronik merupakan salah satu piano, yang berkembang karena mengikuti perkembangan teknologi. Jenis piano yang memiliki muatan listrik satu ini juga merupakan instrumen musik yang dirancang untuk simulasi warna nada dari piano.

Dengan menggunakan hapischord atau organ piano dengan tambahan sirkuit analog. Sesuai nama jenis piano satu ini, piano elektrik memiliki cara kerja bak analog synthesizer dalam menghasilkan suara melalui media osilator. Piano elektronik juga tidak sensitif dengan seberapa kuat anda menekan tuts pada piano.

5. Digital Piano

Alat Musik Digital Piano
roland.com

Jenis piano yang berkembang seiring kemajuan teknologi ke-5 adalah digital piano. Fitur yang dipunyai oleh piano digital satu ini, malah lebih lengkap ketimbang jenis piano akustik lainnya. Seperti user interface yang menggunakan MIDI. Kemudian juga terdapat fitur headset, dan tak ketinggalan sentuhan teknologi terbaru yaitu varian pilihan suara.

Kelebihan jenis piano satu ini, yaitu harga yang ditawarkan relatif murah daripada piano lain. Ukurannya pun termasuk ringkas, sehingga cocok untuk mendukung mobilitas sehari-hari anda. Namun kelemahan dari digital piano yaitu, karena tidak memasang hammer dan juga senar. Sehingga memerlukan perangkat tambahan seperti speaker.

6. Keyboard

Jenis Piano
bukalapak.com

Keyboard juga merupakan salah satu alat musik yang banyak digemari oleh banyak masyarakat zaman sekarang. Sebab jenis piano satu ini terdapat berbagai macam varian suara. Mulai dari suara terompet, suling, gitar, biola, drum, bahkan juga perkusi. Sehingga membuat piano ini dapat menghasilkan suara alat-alat musik lainnya.

Keunggulan alat musik ini, lebih efesiensi karena lebih praktis untuk dibawa kemana pun pergi. Perbedaan yang begitu menonjol, dalam keyboard dan juga piano, terletak pada hasil suara. Mengingat keyboard menggunakan listrik, sehingga anda hanya tinggal memperbesar volume. Untuk mendapatkan nada yang kencang.

7. Organ

Jenis Piano
www.pianogallery.com

Oke berikutnya juga masih merupakan salah satu jenis alat musik instrumental piano. Mungkin sebagian dari anda penikmat musik, sudah tidak asing dengan organ. Organ merupakan sebutan, salah satu jenis piano yang memainkan akord untuk membuat melodi lagu.

Organ juga dikategorikan menjadi 2 kelompok yaitu organ pipa (orgel) dan organ organ. Salah satu ciri dari organ pipa tau orgel yaitu mempunyai deretan tuts dengan jumlah lebih dari satu. Juga mempunyai tombol analog yang sangat banyak. Masih ada juga karakteristik yang bisa anda lihat. Secara bentuk fisik, organ pipa memiliki pipa-pipa dengan ukuran raksasa.

8. Piano Concert Grand

Jenis Piano
ytimg.com

Pada dasarnya, piano concert grand ini sesuai namanya yaitu berfungsi sebagai iringan dalam perhelatan atau konser-konser besar seperti simfoni. Karena digunakan pada acara sekaligus megah, membuat salah satu jenis piano ini memiliki bentuk yang gagah dan mewah pastinya.

Piano Concert Grand ini memiliki ukuran tinggi yang jauh dari rata-rata piano pada umumnya, yakni lebih dari 2,1 meter. Biasanya alat ini dimainkan oleh seorang pianis yang berpakaian rapi. Sebab kebanyakan saat ditemui alat musik satu ini, maka dapat dipastikan jika acara tersebut adalah formal.

Tips Memainkan Alat Musik Piano Bagi Kaum Awam

Tips Bermain Piano
tokopedia.net

Terdapat tips sekaligus cara memainkan alat musik buatan Bartolomeo Cristofori ini. Nah, bagi anda para pemula yang sedang belajar alat musik satu ini. Berikut ini adalah, cara memainkan alat musik piano yang baik dan juga benar. Pastikan anda melewati dan juga melalui setiap tahap dibawah ini.

1. Mengenal Dasar-Dasar Bermain Piano

Nah langkah pertama bagi anda yang tengah belajar memainkan alat musik satu ini yaitu, dengan mengenal apa saja sih dasar bermain piano. Anda perlu mengetahui jenis alat musik instrumen apa yang digunakan, atau dipakai. Sesuaikan dengan keinginan, namun perlu juga mengukur kemampuan anda. Oke, bagi anda kaum awam akan kita jelaskan dasar-dasar bermain piano yang wajib anda ketahui.

  1. Piano mempunyai suara atau bunyi asli (autentik) yang berasal dari getaran pada dawai
  2. Alat musik instrumen piano mempunyai setidaknya jumlah tuts sebanyak 88 buah
  3. Apabila soal harga, tentunya piano lebih mahal dibandingkan dengan keyboard, atau pun piano digital
  4. Dalam sejarahnya piano hanya mempunyai 2 jenis yang bertahan hingga sekarang yakni modern dan juga klasik atau antik
  5. Bagi anda yang masih dalam tahap belajar, disarankan untuk menggunakan keyboard terlebih dahulu, baru kemudian piano
  6.  Pastikan alat musik yang anda gunakan, sesuai dan ideal untuk kalangan para kaum awam
  7.  Belajar melalui media sosial jejaring maya, di zaman sekarang tentunya banyak video-video tutorial yang bisa membantu anda belajar memainkan alat musik piano
  8. Pahami nada nada dasar pada piano, seperti nada rendah, tengah, tajam, bas, tinggi
  9. Perlu juga menghafal beberapa chord dasar seperti 1 = C; 2 =D; 3 = E; 4 = F; 5 = G; 6 = A; 7 = B; 8 = C
  10. Cari perbedaan antara nada, dan juga chord kapan kita menggunakan nada tinggi, dan juga rendah

2. Mengasah Pendengaran Anda

Dengan mengasah pendengaran, anda akan terbantu dalam belajar bermain alat musik piano. Pelajari perbedaan bunyi tuts natural di simbolkan dengan tuts berwarna putih. Lalu juga ada tuts berwarna hitam dengan sebutan Accidental. Dibalik pewarnaan setiap tuts, pastinya mempunyai makna yang sepertinya harus anda ketahui pula. Tuts putih menandakan jika nada yang dihasilkan adalah bunyi alami. Sedangkan tuts hitam melambangkan hasil suara yang tinggi dan juga tajam. Tuts natural mempunyai jumlah 7, dan terdapat 5 tuts accidental setiap oktaf nya, yaitu C-D-E-F-G-A-B.

Anda juga bisa memanfaatkan internet sebagai ladang untuk mencari petunjuk-petunjuk bermain piano. Apalagi jika anda tidak di dampingi tutor atau seorang pemain otodidak. Bisa juga anda yang gemar membaca buku, supaya mencari nada dasar sekaligus chord-chord pada piano. Nah untuk awal, anda hanya perlu belajar nada dasar saja. Tanpa menyentuh tust Accidental yang berwarna hitam.

3. Perbanyak Latihan Bersama Tutor Alat Musik Piano Opsional

Dengan begini anda akan merasa dimudahkan saat mencari metode belajar piano yang pas dengan karakter. Sebab tentunya setiap karakter masing-masing orang, berbeda caranya untuk menangkap hal yang tergolong baru.

Maka bagi anda yang sudah melihat beberapa video tutor di jejaring sosial seperti youtube. Namun masih mengalami kesulitan, dalam belajar bermain alat musik piano. Tidak ada salahnya untuk memanggil atau meminta bantuan pada tutor secara langsung.

Anda akan ditawarkan beberapa opsi belajar salah satunya yakni apakah ingin belajar di rumah. Atau anda datang ke tempat private piano. Tentu dengan begini anda akan dikenalkan dengan berbagai macam metode bermain piano.

Itulah tadi pembahasan lengkap seputar alat musik yang berkembang dari zaman ke zaman yakni piano. Tentu diharapkan setelah anda membaca artikel ini. Anda sudah memahami pengertian, sejarah piano, dan juga jenis-jenis dari alat musik instrumental satu ini. Bahkan anda diberi tips serta cara bermain piano yang baik dan benar bagi para kaum awam yang sedang belajar bermain piano.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.