Ulasan Seputar Pengertian, Sejarah, Jenis Alat Musik Harmonika

Alat musik harmonika menjadi sebuah instrumen musik yang mendunia. Sebelum kita membahas pengertian dari harmonika ada baiknya kalau kita sapa dahulu sobat pecinta musik. Hai-hai sobat pecinta alat musik dari berbagai penjuru dunia.

Kali ini kita masih akan membahas tentang alat musik tiup yang berasal dari China yaitu harmonika. Sebelum kita membahas sejarah dan jenis harmonika. Ada baiknya kita harus tahu apa sih harmonika itu ? Oke bagi anda yang sudah tak sabar, langsung saja ini dia pengertian biola yang harus anda ketahui.

Harmonika adalah salah satu keluarga alat musik tiup yang ada didunia. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan meniup dan menghisap lubang untuk menghasilkan suara pada harmonika. Alat musik tiup dengan sebutan Harmonika ini berasal dari alat musik tradisional China yang awal mulanya bernama ‘Sheng’. Alat musik tradisional khas China tersebut telah digunakan sekitar 5000 tahun yang lalu, tepatnya sejak kekaisaran tokoh Nyu-kwa.

Di era perkembangan zaman seperti ini, harmonika terus berkembang dan mengalami berbagai macam modifikasi. Banyak sekali perubahan yang terbilang signifikan antara harmonika tradisional dan juga modern yang dipelopori oleh tokoh dengan nama Christian Friedrich Buschmann.

Sejarah Alat Musik Tiup Harmonika

Sejarah Harmonika
www.dosenpendidikan.co.id

Sejarah awal mula harmonika modern awal mulanya ditemukan pada tahun 1821 oleh tokoh yang bernama Christian Friedrich Buschmann. Awal mulanya harmonika hanya sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar (vibra) dari logam.

Kemudian disusun secara horizontal atau tegak lurus dengan desain sekaligus konsep yang kurang bagus, dan hanya mampu menyediakan nada tiup kromatis (suatu tanda yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan setengah nada, atau mengembalikan nada yang telah dinaikkan atau diturunkan itu kembali ke nada asal.)

Model awal harmonika dari Christian Friedrich Buschmann akhirnya banyak ditiru. Sekaligus disempurnakan menjadi lebih baik oleh beberapa tokoh. Salah satu tokoh yang memodifikasi harmonika menjadi lebih modern adalah Richter. Desain dari tokoh inilah yang menjadi desain awal pembuatan harmonika modern.

Tepatnya Pada tahun 1826 ia mengembangkan variasi harmonika yang disebut-sebut modern dengan 10 lubang tetap dan 20 pelat getar dengan pemisahan fungsi pelat yang ditiup dan yang dihisap. Tahun demi tahun perkembangan alat musik harmonika semakin maju.

Baru kemudian pada tahun 1847 keluarga seydel, yaitu Johann Christian Seydel dan Christian August Seydel. Membuat atau mendirikan sebuah pabrik harmonika di bawah kaki gunung, gunung tersebut bernama “Aschberg’. Sebenarnya mereka sama sekali tidak mempunyai dasar apapun untuk membuat pabrik biola tersebut. Karena mereka pun tidak lahir dari keluarga pecinta musik.

Awal Mula Berdirinya Pabrik Biola Pertama Kali

Keluarga Johann Christian Seydel dan Christian August Seydel adalah seorang penambang di daerah Sachsenberg-Georgenthal. Mereka mengembangkan usaha pembuatan instrumen harmonika di latar belakangi oleh, pemberhentian pabrik dimana mereka bekerja. Sehingga mereka memutuskan untuk mendirikan pabrik instrumen harmonika.

Namun pada abad ke- 18 atau tepatnya tahun 1857 usaha pabrik instrumen harmonika mereka dihentikan. Sebab pengrajin negeri jerman yang bernama Matthias Hohner memutuskan untuk menjadi produsen harmonika. Saat itu Matthias Hohner berhasil membuat atau memproduksi harmonika sejumlah 650 buah. Matthias Hohner tak bekerja sendiri, melainkan dibantu oleh keluarganya. Kemudian Matthias Hohner mulai memperkenalkan harmonika buatannya ke Amerika Utara pada tahun 1862.

Usaha Matthias Hohner tidak sia-sia, karena langkah ini membawa pabrikan Matthias Hohner menjadi produsen nomor satu. Pabrik Matthias Hohner meledak puncaknya pada tahun 1887, lebih dari 1 juta harmonika telah dibuat dan dikenalkan di berbagai penjuru dunia. Bahkan pada zaman sekarang hohner telah memproduksi 90 model harmonika yang beraneka jenis, nada, dan juga model. Berbagai macam model tersebut dapat dimainkan untuk berbagai macam genre lagu.

Mulai dari gaya musik pop, rock, blues country, ska, dan juga jenis aliran musik lainnya. Aliran musik tadi cocok dipadukan dengan alat musik instrumen harmonika. Sehingga tak aneh jika para komposer ternama, dari berbagai sudut dunia. Menggunakan alat musik harmonika sebagai salah satu suara instrumen dari sebuah lagu. Dari situlah harmonika dikenal dengan berbagai macam jenis, dan juga suara yang dihasilkan.

Jenis-Jenis Atau Merk Harmonika Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Oke selanjutnya kita akan membahas berbagai macam jenis-jenis alat musik tiup biola. Tentunya alat musik harmonika dapat dikategorikan menjadi 10 jenis. Pastinya setiap jenis yang anda pilih sesuai dengan kebutuhan serta budget tentunya. Nah, yang sudah penasaran jenis-jenis harmonika ini dia 10 jenis harmonika :

1. Harmonika Yamada 24 Holes

Harmonika Yamada 24 Holes
bukalapak.com

Jenis harmonika yang pertama yaitu harmonika yamada 24 holes. Sesuai dengan namanya, alat musik harmonika satu ini mempunyai lubang bersusun atas dan bawah sebanyak 24 holes atau lubang. Jenis harmonika satu ini cocok dengan anda yang ingin memainkan musik atau lagu dengan menekankan nada berbunyi vibrato (efek musik yang terdiri dari, perubahan getar suara teratur).

Apabila anda ingin membunyikan nada vibrato, caranya adalah meniup atau menghisap lubang sambil menggeser nya secara halus. Kemudian lubang yang dibunyikan bersamaan tersebut akan, menghasilkan nada yang terbilang banyak alias kaya. Nah, jika anda yang ingin menambahkan special sound effect pada iringan musik atau grup band anda. Alat musik harmonika jenis ini, dirasa akan cocok untuk memperkaya warna instrumen.

2. Golden Cup Chromatic JH-1040

Jenis Harmonika
tokopedia.net

Jenis harmonika yang kedua adalah golden cup chromatic JH-1040. Harmonika satu ini cocok digunakan anda yang sedang belajar memainkan alat musik tiup harmonika. Selain itu, harmonika golden cup chromatic sangat pas untuk anda yang ingin membunyikan nada minor dengan berkualitas. Karena salah satu kelebihan harmonika jenis satu ini, adalah memiliki nada minor dan mayor yang sempurna.

Kelebihan lain yang akan anda dapatkan saat memilih harmonika ini adalah. Anda bisa mengatur aliran angin secara maksimal dengan menekan tombol yang ada pada sisi bagian harmonika. Anda juga harus sungguh-sungguh memperhatikan timing yang tepat untuk meniup, menghisap, dan juga menggunakan tombol tadi. Saat menggunakan harmonika jenis satu ini, anda juga bisa membunyikan nada kres ber-intonasi secara sempurna.

3. Hohner Silver Star

Harmonika Hohner "Silver Star"
pinterest.com

Selanjutnya masih jenis harmonika yang bernama hohner silver star. Kelebihan yang dimiliki oleh jenis harmonika satu ini yaitu dari segi bahan yang digunakan. Jenis harmonika satu ini menggunakan bahan hybird yang optimal untuk membunyikan musik indah bernada rendah. Jenis harmonika satu ini berasal dari negeri Jerman, dengan menyediakan 7 ragam nada dasar.

Harmonika hohner silver star ini berbahan kuningan yang berpadu atau ditambahkan dengan plastic bomb pada bagian lubang harmonika. Maka, inilah yang membuat harmonika satu ini tetap optimal dari segala kondisi cuaca baik panas maupun dingin. Jika anda menginginkan harmonika yang impresif, dan musik yang bernada rendah. Sepertinya harmonika satu ini harus anda pertimbangkan.

4. Suzuki Winner Tremolo 16 Harmonica – C

Jenis Harmonika
bmdstatic.com

Kelebihan yang dimiliki oleh salah satu jenis harmonika dengan nama suzuki winner tremolo tipe 16 adalah. Anda dapat belajar bunyi vibrato tanpa harus merogoh kocek atau budget terlalu banyak. Harmonika satu ini berbahan dasar plastik yang kuat dan anti air. Harmonika jenis ini, di desain tidak hanya untuk pemula saja, bisa juga bagi anda yang intermediates.

Jenis harmonika satu ini memiliki 16 lubang yang menghasilkan bunyi atau suara dengan nada dasar C. Jenis harmonika satu ini juga merupakan produk paling terjangkau alias murah. Namun kualitas tidak perlu diragukan kembali, sebab sudah terjamin produk harmonika satu ini.

5. Swan 10/40 Chromatic Harmonica, Round Mouthpiece

Jenis Harmonika
yaoota.com

Salah satu kelebihan dari jenis harmonika Belajar beragam jenis nada musik dengan produk kromatis terjangkau. Tidak hanya genre musik jaz, falk, country dan rock juga blues. Sepuluh holes atau lubang pada mouth piece yang dipadukan dengan penggunaan tombol slide. Akan menghasilkan empat puluh nada yang bervariasi dan terdengar merdu pastinya.

Juga apabila anda ingin belajar memainkan alat musik harmonika dengan nada minor namun budget terbatas. Jenis harmonika satu ini akan terasa ideal bagi anda yang sedang mengalami fase tersebut. Meskipun jenis harmonika satu ini terjangkau alias murah. Jangan pernah meragukan kualitas produk piano bermerk swan 10/40 chromatic. Sehingga anda tak perlu pusing mencari harmonika untuk yang tengah low budget.

6. Lee Oskar Harmonicas “Major Diatonic Harmonica”

Lee Oskar Harmonicas Major Diatonic Harmonica
aleniamusicart.co.uk

Masih ada jenis harmonika yang tak kalah unggul ya dengan merk lain. Jenis harmonika satu ini sangat cocok untuk membunyikan gaya permainan melodies dengan fluid sesuai ciri khas anda. Harmonika jenis ini mempunyai dua teknik permainan, yaitu first position dan second position.

Posisi yang pertama atau straight harp cocok untuk gaya permainan harmonika simple melodies. Sedangkan cross harp ialah gaya fluid guna mengiringi komposisi musik grup band.

Jenis harmonika satu ini sangat direkomendasikan apabila anda mau belajar macam-macam gaya bermain harmonika. Anda juga akan dimudahkan saat belajar melakukan teknik bending (membengkokkan) ketika menggunakan harmonika tersebut. Maka anda tak perlu bingung mencari-cari alternatif mencari harmonika yang difungsikan untuk belajar macam-macam teknik bermain harmonika.

7. Suzuki Musical Instruments Airwave Harmonica

Jenis Harmonika
theharmonicacompany.com

Dengan lubang besar pada harmonika, memudahkan si kecil buah hati anda membunyikan harmonika pertAmanya. Suzuki musical instruments airwave harmonica, adalah jenis harmonika yang memiliki ukuran lubang angin yang besar. Dengan desain seperti itu, ditambah bahan harmonika yang terbuat dari plastik. Membuat si kecil terasa mudah untuk memainkan nya. Harmonika jenis ini dibuat cocok untuk segala lapIsan umur.

Anda tak perlu khawatir saat membiarkan buah hati atau anak-anak bermain harmonika seorang diri. Sebab seperti yang sudah dikatakan sejak awal, bahan dasar harmonika ini tidak memiliki unsur logam. Meskipun terbuat dari plastik, suara yang dihasilkan oleh harmonika jenis ini tidak kalah merdu nya dengan harmonika berbahan dasar logam. Bagaimana pasti anda sudah tidak pusing lagi mencari alat musik yang pas untuk buah hati anda ?

8. Hohner Marine Band Crossover

Jenis Harmonika
kytary.com

Konstruksi mengagumkan, dan juga nada yang dihasilkan amat menawan. Adalah salah satu keunggulan harmonika jenis hohner marine band crossover ini. Mengusung konsep dan desain new high end. Jika rata-rata produk harmonika hanya berupa kuningan logam, berbeda dengan jenis harmonika satu ini yang terselimuti pelitur. Dnegan begini maka terjamin nada suara yang dihasilkan oleh harmonika ini lebih jernih.

Harmonika satu ini tepat sekali bagi anda single note playing. Jenis harmonika diatonik (memiliki tujuh not yang berbeda dalam satu oktaf) bernada dasar A. Harmonika satu ini sangat cocok untuk mengiringi aliran musik bergenre blues. Tidak hanya blues, genre musik seperti gospel akan terdengar lebih indah jika dipadukan dengan instrumen harmonika jenis satu ini. Karena harmonika satu ini mampu menghasilkan suara dengan nada rendah yang bright dan crisp.

9. C. A. Seydel Söhne Session Steel

Jenis Harmonika
thomann.de

Jenis harmonika satu ini dibuat di negara beribu kota Berlin yaitu Jerman. Salah satu keunggulan harmonika buatan Jerman ini adalah mempunyai beragam tuning berbunyi spesial. Salah satu contohnya adalah tuning dengan kunci nada dasar f. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh harmonika jenis ini ialah, mampu membunyikan nada tinggi yang berkualitas.

Harmonika jenis ini menggunakan desain alat musik yang berbentuk bulat ergonomis. Sehingga memberikan kenyamanan pada bibir atau mulut anda saat meniupnya. Sedangkan pada bagian lain dari harmonika yaitu, reed terbuat dari baja yang tahan karat. Sehingga anda tidak perlu melakukan perawatan ekstra untuk menjaga kejernihan suara dari harmonika satu ini.

10. Suzuki Musical Instruments Folkmaster 1072

Jenis Harmonika
amazon.com

Suzuki Musical Instruments Folkmaster 1072, punya segalanya dengan harga ekonomis. Keunggulan yang dimiliki oleh harmonika tipe ini. yaitu mudah melakukan tone bending dan timbre (warna nada atau kualitas nada) lembut mendayu. kemudian apabila dibunykan harmonika ini, menghasilkan suara timbre dengan tone yang mellow. Jadi sangat cocok sekali bukan untuk mengiringi musik bertempo rendah ?

Bukan hanya itu saja, harmonika satu ini juga amat direkomendasikan bagi yang ingin membeli harmonika pertamanya. Selain karena memiliki atau mempunyai kunci dasar C yang merupakan kunci dasar untuk pemain harmonika awam. Produk atau jenis harmonika ini pun minim akan perawatan. Sebab body dari harmonika satu ini memiliki pelindung anti air. Selain itu harmonika ini juga terdapat bonus hard-case nya yang membuat harmonika tetap awet.

Nah, itu tadi 10 jenis harmonika yang ada di dunia. Tentunya saat membeli satu dari jenis harmonika tersebut, pastikan sesuai dengan kebutuhan serta budget anda.

Tips Memainkan Alat Musik Harmonika

Cara Main Harmonika
medcom.id

Dibawah ini akan kita berikan tips-tips bermain alat musik harmonika:

Memilih Jenis Harmonika Sesuai Dengan Kebutuhan

Nah tips yang pertama yaitu memilih jenis harmonika sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dilakukan agar anda mendapatkan kenyamanan saat bermain musik harmonika. Pastikan instrumen harmonika yang anda pilih, pas dan sesuai dengan kebutuhan. Ketika anda baru belajar memainkan harmonika, maka harmonika yang cocok adalah jenis golden cup chromatic JH-1040.

Cara Memegang Alat Musik Harmonika

Untuk memegang alat musik tiup harmonika ini sangatlah bervariasi. Semuanya tergantung kecocokan setiap pemain alat musik harmonika itu sendiri. Tetapi bagi kaum pemula ada baiknya anda menggunakan teknik memegang harmonika yang mudah. Dengan begitu anda tidak menemui kesulitan ketika bermain musik harmonika saat pertama kali.

Teknik Meniup Harmonika Dengan Benar

Tips terakhir untuk memainkan musik harmonika adalah dengan latihan meniup dan mengambil udara. Berikut kita akan tampilkan list nada yang bisa anda gunakan untuk latihan. Lakukan latihan ini setiap hari, sampai anda mulai terbiasa.

Do – Re – Mi – Fa – So – La – Si – Do, dengan catatan/note C = Tiup, E = Sedot, G = Tiup, C = Sedot, C = Tiup, E = Sedot , G = Tiup, C = Sedot.

Oke cukup sampai disini yaa sobat pecinta musik, Semoga pembahasan artikel seputar harmonika ini. Dapat bermanfaat bagi anda yang tengah mencari-cari pengertian, sejarah, jenis dan juga tips bermain harmonika dengan baik dan juga benar.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.