Alat Musik Gitar, Pengertian, Sejarah, Jenis dan Hal Menarik Lainnya

Alat musik Gitar adalah salah satu jenis alat musik dawai. Gitar juga memiliki pengertian lain, yaitu merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Biasanya alat musik satu ini dimainkan atau dipetik menggunakan jari atau bisa juga dengan plektrum. 

Secara umum alat musik dawai ini tersusun atas sebuah bagian yang terdiri dari leher padat. Leher pada gitar lah yang dijadikan tempat senar atau nilon yang berjumlah enam dijajarkan.

Gitar seiring dengan perkembangan zaman mengalami modifikasi pada setiap bagian nya. Mulai dari bentuk alat dan juga teknologi yang dipakai.

Nah setelah anda menyimak pengertian gitar. Setelah ini anda bisa menyimak informasi lainnya seputar gitar. Mulai dari sejarah, cara memainkan nya, jenis dari gitar dari masa ke masa. Selain itu kita juga akan mengulik informasi tentang kegunaan atau fungsi alat musik petik satu ini.

Oke-oke ini dia ulasan lengkap seputar gitar yang wajib anda ketahui.

Sejarah Alat Musik Gitar

Sejarah Gitar
pinterest.com

Gitar dalam bahasa Inggris dituliskan dengan kata guitar, awal mulanya nama gitar satu ini diambil dari nama alat musik kuno yang berasal daro wilayah Persia. Alat musik yang ditemukan pada tahun 1500 sebelum masehi ini, awal mulanya dikenal dengan nama citar atau sehtar.

Nah, kemudian alat musik petik ini mulai berkembang menjadi berbagai macam model dan juga bentuk dan dinamakan tanbur. Kemudian bangsa Yunani sukses mengembangkan alat musik tanbur, pada tahun 300 sebelum masehi.

Selain itu bangsa Romawi juga turut andil dalam mengembangkan alat musik satu ini dengan segala perubahan yang dilakukan.

Baru setelah itu, pada tahun 476 Masehi alat musik dawai satu ini, dibawa ke Spanyol oleh bangsa Romawi. Dari sinilah awal mula perubahan nama tanbur menjadi guitarra morisca. Kemudian alat ini difungsikan sebagai alat musik yang melantunkan melodi pada musik, selain itu juga digunakan untuk bermain akor.

300 tahun lamanya akhirnya alat musik satu ini sampai di tanah timur tengah yaitu Arab. Namun bangsa Arab memperkenalkan nya dengan nama gitar gambus, dengan sebutan al ud pada masyarakat Spanyol. Seolah tak mau kalah bangsa Spanyol juga menciptakan alat musik sendiri dengan nama vihuela.

Diluar dugaan ternyata alat musik hasil buatan tangan bangsa Spanyol ini, menjadi sangat populer. Bahkan sangking terkenal nya vihuela saat itu, membuat alat musik tradisional khas daerah tersebut, mulai terlupakan.

Gitar Pertama di Arab

Kemudian al ud yang merupakan gitar dari Arab mulai diperkenalkan ke negara Eropa, dan respon yang didapatkan pun sangat luar biasa. Karena mendapatkan antusias yang luar biasa tadi, bangsa Eropa sepakat menjadikan al ud menjadi berbentuk seperti lute sampai abad ke 17.

Sedangkan alat musik kembangan bangsa Spanyol pun sampai sekarang juga mendunia, dengan berbagi macam-macam model nya yang tentunya dengan sentuhan khas klasik nya.

Kemurnian atau keaslian gitar tidak bisa dilihat dari keantikan nya. Sebab beberapa pakar meneliti jika alat musik satu ini berasal dari benua Afrika, nah di benua ini juga banyak ditemukan replikanya. Alat musik tersebut diyakini merupakan gitar, karena bentuk nya yang kotak bulat bak kulit kerang. Ditambah dengan senar terbuat dari gut atau benang yang berbahan sutera.

Sementara itu, ahli peneliti lainnya juga menemukan alat ini dalam bentuk kaca pada relief zaman batu di Asia Tengah dan kawasan Asia Kuno. Gitar tajuk modern juga memiliki kemungkinan berasal dari gitar yang dibuat oleh bangsa Spanyol.

Jenis Jenis Gitar Sesuai Perkembangan Zaman

1. Gitar Akustik

Jenis Gitar
tokopedia.net

Nah, jenis gitar yang pertama adalah gitar akustik. Gitar akustik adalah adalah alat musik dawai yang menghasilkan suara atau bunyi dari getaran senar. Lalu senar tadi mengalirkan getaran melalui sabel dan juga jembatan, yang berfungsi sebagai tempat pengikat senar menuju ruang suara pada gitar. Suara yang sudah dialirkan inilah, akan timbul resonansi kepada kayu di badan salah satu jenis gitar ini.

Pada umumnya gitar akustik mempunyai body atau badan dengan bahan yang berasal dari kayu. Menggunakan senar yang berbahan nilon dan kadang juga memakai senar baja. Gitar akustik sering dipakai untuk mengiringi lagu dengan tempo lambat.

2. Gitar Senar Baja

Jenis Gitar
tokopedia.net

Selanjutnya adalah salah satu jenis gitar yang cocok bagi anda para pemula atau sedang belajar bermain gitar. Gitar ini juga biasanya dipakai oleh para musisi untuk membuat instrumen dasar dalam pembuatan lagu. Nama dari gitar ini diambil sesuai dengan wujud alat musik dawai satu ini, yang punya senar dengan bahan baja.

Maka tak heran gitar ini kaya akan resonansi nada yang bisa memperkaya ide para pencipta lagu. Namun bagi para pemula, akan menjumpai kesulitan saat belajar menggunakan gitar ini. Sebab senar gitar ini akan terasa sakit jika dimainkan atau ditekan oleh para pemain. Meskipun begitu hasil suara yang dihasilkan gitar ini akan terdengar nyaring.

3. Gitar Flamenco

Jenis Gitar
www.indonesiana.id

Jenis gitar ini berasal dari tempat asal usul gitar klasik ditemukan, yakni Spanyol. Gitar ini biasanya digunakan untuk toque, yang merupakan suatu kesenian flamenco dari negara Spanyol.

Gitar flamenco pun, jarang dipakai untuk membuat instrumen dasar sebuah lagu, berbeda dengan gitar akustik atau senar baja. Dikarenakan salah satu jenis instrumen gitar ini tidak mempunyai fleksibilitas dibandingkan dengan jenis gitar umumnya.

Karakteristik gitar satu ini dapat anda lihat dan juga rasakan. Dimana gitar flamenco mempunyai bobot atau berat yang ringan dibandingkan dengan jenis gitar lain. Hasil suara yang dikeluarkan gitar ini pun terbilang cukup terang sekaligus persuasif.

4. Gitar Resonator

Jenis Gitar
audiofanzine.com

Mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu suara yang dihasilkan oleh gitar satu ini. Berasal dari satu atau lebih kerucut berbahan logam yang berputar, atau disebut resonator.

Nah pada gitar jenis ini, tidak ditemukan lubang suara yang biasanya terletak pada badan gitar. Sebab gitar resonator memiliki piringan bundar yang berfungsi untuk hide atau menyembunyikan resonator berbentuk kerucut.

Akan tetapi gitar ini, tidak mampu mempertahankan eksistensi nya di dunia gitar. Karena gitar ini menghasilkan suara yang terlalu pelan, sehingga tidak banyak peminat yang tertarik dengan gitar jenis resonator ini.

5. Gitar 12 Senar

Jenis Gitar
youmlite.com

Sekilas jika anda mengamati gitar dengan sentuhan klasik satu ini, jumlah senar nya hanya 6. Padahal sesuai dengan namanya yaitu memiliki senar yang berjumlah 12 dan digabungkan secara berpasang-pasangan.

Gitar dengan jumlah senar ini, mampu menghasilkan nada bunyi yang lebih jernih sekaligus jelas. Mengingat senar nya yang berjumlah 12 buah, maka kita perlu effort lebih untuk memainkan nya. Hal ini harus dilakukan sebagai salah satu langkah cara bermain gitar dengan baik. Juga untuk menghindari ketidakharmonisan nada atau yang lebih dikenal dengan kata fals. 

6. Gitar Elektrik

Jenis Gitar
rajinlah.id

Jenis gitar satu ini pada umumnya akan digunakan untuk mengiringi beberapa lagu dengan genre jazz, rock, dan juga blues. Gitar ini juga berperan banyak terhadap beberapa genre musik yang mulai dikembangkan sejak tahun 1940. Karena memiliki perfomance yang memiliki keunggulan, membuat gitar ini sebagai kunci untuk memainkan sebuah lagu.

Nah, Tentu berbeda dengan gitar akustik yang mengeluarkan suara lewat petikan getaran senar. Gitar elektrik membutuhkan yang namanya pickup sebagai pengubah bunyi getaran senar menjadi arus listrik. Kemudian disambungkan dengan amplifier, juga pengeras suara atau loud speaker.

7. Gitar Archtop

Jenis Gitar
rajinlah.id

Jenis instrumen gitar yang ke-7 yaitu gitar archtop. Pasti sebagian dari anda masih bertanya-tanya apa keistimewaan dari gitar satu ini. Gitar ini merupakan salah satu jenis gitar elektrik atau listrik dengan konsep semi hellow body. Inilah yang membuat para musisi genre jazz memilih gitar ini sebagai instrumen lagu jazz mereka.

Bentuk badan gitar ini pun tergolong besar untuk ukurannya. Bahkan tak jarang para kaum awam, menyebut gitar archtop ini seperti biola yang berukuran besar. Ketika dipetik oleh seorang pemain gitar, hasil bunyi atau suara yang dikeluarkan oleh gitar ini terbilang cukup lembut. Sehingga cocok untuk mengiringi lagu mellow.

8. Gitar Mini Traveler

Jenis Gitar
www.long-mcquade.com

Selanjutnya salah satu jenis gitar yang memiliki ukuran mini sesuai dengan nama nya, yaitu gitar mini traveler. Gitar satu ini akan terasa sangat pas bagi anda para musisi jalanan atau traveler. Karena ukuran nya yang mini dan praktiis sehingga mudah dipakai sekaligus dibawa kemana-mana.

Jadi bagi anda yang sedang berlibur atau berpergian, dan ingin menciptakan suasana lebih menyenangkan. Mainkan saja alat instrumen gitar mini satu ini. Spesifikasi gitar satu ini tak jauh beda dari gitar akustik. Hanya saja untuk memenuhi fungsi praktis, maka dibuatlah se-praktis mungkin. Namun tak perlu diragukan akan hasil suara yang dikeluarkan oleh gitar mini ini.

9. Gitar Tenor

Jenis Gitar
www.iberpiano.com

Berbeda dengan jenis gitar pada kebanyakan, gitar tenor memiliki senar yang berjumlah 4 buah. Dengan karakteristik fisik berupa body yang berukuran sedikit lebih kecil dibandingkan dengan gitar akustik.

Tokoh pengembang alat musik instrumen satu ini yaitu Gibson Guitar Company dan CF Martin & Company.

Pada awal mulanya sebenarnya mereka hanya membuat gitar dengan versi akustik. Gitar tenor ini juga biasanya dipakai oleh para musisi belahan Eropa, untuk dijadikan instrumen pelengkap suatu lagu atau musik. Maka tak heran banyak dijumpai suara pada gitar ini pada lagu-lagu klasik Eropa.

10. Gitar Bass

Jenis Gitar
www.schecterguitars.com

Gitar bass merupakan salah satu keluarga alat musik dawai yang bentuknya menyerupai gitar. Namun gitar satu ini memiliki bentuk spesifikasi yang berbeda dengan gitar. Memiliki ukuran besar, leher yang lebih panjang ketimbang gitar, dan hanya memiliki senar dengan jumlah 4 buah.

Kekurangan dari jenis gitar satu ini yaitu mempunyai bobot yang lebih berat dibandingkan gitar. Karena bahan untuk membuat jenis instrumen bass ini memakai kayu padat. Hal itu bertujuan untuk menyesuaikan tekanan pada leher bass yang panjang. Selain itu ukuran senar pada bass pun, tergolong tebal. Maka perlu dibiasakan agar saat memainkannya jari kita tidak terasa sakit.

Cara Memainkan Alat Musik Instrumen Gitar

Jenis Gitar
miro.medium.com

Alat musik instrumen gitar mempunyai tingkat kesulitan yang relatif mudah untuk dipelajari. Maka dari itu kita akan membagikan tips atau cara bermain gitar dengan benar dan baik. Tentunya anda harus benar-benar memperhatikan dengan runtut cara bermain gitar yang baik. Selamat mencoba !

1.Tentukan Posisi Bermain Gitar Sampai Anda Nyaman

Langkah pertama bagi anda yang ingin belajar bermain gitar dengan baik dan benar. Pastikan posisi saat anda bermain gitar berada dalam posisi yang nyaman. Langkah ini merupakan salah satu cara yang cukup penting dan harus dilakukan. Lakukanlah beberapa langkah dibawah ini yang akan membuat anda merasa nyaman bermain gitar

  1. Duduklah pada kursi yang anda anggap nyaman, lalu tegakkan punggung dan juga bahu
  2. Dekatkan badan gitar ke perut juga dada anda, lalu pegang bagian leher gitar menggunakan tangan kiri
  3. Gunakan kaki kanan sebagai tumpuan berat gitar
  4. Anda harus membiasakan beberapa posisi lain saat bermain gitar. Agar anda dapat memainkan gitar kapanpun dan juga dimanapun.

2. Pelajari Cara Menyetel Gitar (Tuning)

Sesudah anda memastikan posisi tubuh yang nyaman. Langkah berikutnya yakni menyetel senar pada gitar agar mendapatkan suara yang merdu. Sebab tidak semua gitar yang akan anda mainkan dalam kondisi siap dimainkan. Jadi anda pun perlu belajar tuning senar gitar.

Perlu diketahui jika gitar umumnya memiliki 6 senar dengan noyasi E, A, D, G, B dan juga E. Cara mengatur senar agar mendapatkan bunyi yang merdu yaitu. Dengan cara memutar kepala tuner yang ada di ujung gitar. Anda dapat mengencangkan atau mengendurkan senar sampai benar-benar memperoleh nada merdu.

3. Ketahui Kunci-Kunci Dasar Gitar

Saat anda sudah sukses mendaptakan suara yang merdu dalam proses tuning.

Sekarang saatnya anda belajar kunci atau notasi dasar dalam gitar. Ada A, Am, B, Bm, C, Cm, D, Dm, E, Em, lalu ada C juga G. Tentunya pada setiap kunci dasar pada gitar, menghasilkan bunyi suara yang berbeda saat dipetik atau dimankan.

Mengetahui kunci dasar merupakan salah satu dasar sekaligus langkah awal dalam memainkan sebuah lagu dengan gitar. Untuk itu terkadang perlu mencatat beberapa notasi dasar gitar tersebut dalam sebuah note atau buku kecil anda.

4. Cara Memetik Gitar Dengan Benar

Setelah anda sudah hafal chord-chord dasar pada gitar. Sekarang lah waktunya anda mengaplikasikan nya dalam memetik gitar. Cara pertama yaitu anda perlu menghafal dan tahu penempatan jari-jari pada setiap chord. Jika satu jari anda menekan senar yang salah, dapat dipastikan hasil suara yang keluar akan fals.

Setelah anda sudah cukup yakin dengan posisi jari anda pada senar yang sesuai dengan chord. Maka coba petik satu per satu senar gitar yang sudah anda tekan, tepat pada bagian tengah gitar yang terdapat lubang suara. Jika anda dapati suara tidak keluar pada gitar, itu artinya anda salah tekan senar, atau bisa jadi kurang tekanan pada senar.

5. Membiasakan Atau Rutin Berlatih

Oke langkah terakhir yang harus anda lakukan yaitu, mengulang-mengulang gerakan pindah kunci. Langkah ini perlu sering dilakukan agar jari anda semakin terbiasa dan tidak terasa sakit saat menekan senar. Juga bertujuan agar supaya anda semakin lihai saat berpindah chord satu ke chord yang lainnya.

Sering kali anda pun, harus mencari lagu-lagu sesuai selera anda untuk dimainkan dengan gitar. Pilih lagu sesuai dengan kesukaan anda, atau bahkan yang pas dengan suasana hati.

Nah itulah tadi ulasan lengkap seputar alat musik dawai gitar. Mulai dari pengertian gitar, lalu mengupas sejarahnya, kemudian membahas jenis-jenis. Juga cara memainkan gitar dengan baik dan benar. Oke sampai jumpa di artikel musik berikutnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.