Kesenian Gamelan: Sejarah, Jenis Alat Musik, Cara Bermain, Fungsi, Hingga Cara Membuat 

Gamelan, merupakan salah satu kesenian Nusantara yang hingga kini masih selalu dilestarikan. Sedangkan ditinjau dari bahasanya gamelan berasal dari kata “gamel” yang dalam bahasa Indonesia mengandung makna dipukul atau di tabuh. Kemudian setelah kata gamel terdapat imbuhan an yang berarti menunjukkan kata benda. Sehingga secara umum gamelan mempunyai pengertian. Kesenian musik yang dimainkan dengan cara dipukul atau di tabuh, sehingga menghasilkan irama lagu yang selaras. 

Sejarah Gamelan Yang Harus Diketahui

Sejarah Gamelan
bsd.city

Pada awalnya gamelan merupakan salah satu kesenian musik yang dihasilkan oleh transisi kebudayaan hindu-buddha di Nusantara. Sehingga membuat gamelan merupakan kesenian asli Indonesia, karena lahir serta diperkenalkan di bumi pertiwi. Terdapat beberapa versi mengenai asal muasal dan sejarah Gamelan.

Legenda Masyarakat Jawa

Berdasarkan dari sudut pandang masyarakat Jawa tentang gamelan. Menurut masyarakat pulau Jawa, gamelan diciptakan oleh Batara Guru pada tahun 167 Saka atau dalam kalender masehi yaitu 230 Masehi. Batara Guru merupakan seorang dewa yang memerintah istana di Wukir Mahendra Giri di Medang Kamulan atau tepatnya sekarang menjadi gunung Lawu.

Batara Guru karena merupakan seorang raja yang memimpin sebuah istana besar. Sehingga ingin menciptakan sebuah alat yang bisa menjadi sinyal bagi para dewa untuk datang menghampiri Batara Guru. Maka tercipta lah alat musik yang dibuat dari lempengan besi, kemudian ia beri nama gong. Kemudian ia membuat versi lain dari gong, lalu dibuatlah satu set gamelan yang utuh. Nah, itulah awal dari gamelan, yang merupakan alat untuk memanggil dewa. Namun setelah itu menjadi sebuah kesenian musik dengan set yang komplit.

Berdasarakan Relief Candi Borobudur

Opini lain yaitu yang bersumber dari relief bangunan pada candi borobudur. Dimana saat itu ditemukan gambaran awal terbentuknya golongan musik yang juga merupakan kesenian gamelan. Bangunan relief tersebut menampilkan beberapa alat musik yang ada dalam gamelan. Mulai dari alat musik tiup seruling, hingga alat musik pukul seperti gong, dan juga gendang. Semua terpahat jelas pada relief bangunan yang kental akan sejarah yakni candi borobudur Magelang Jawa Tengah.

Sedangkan alat instrumen musik gamelan, mulai diperkenalkan pada zaman kerajaan majapahit. Dimana kesenian ini sudah diperkenalkan langsung dengan seluruh set musik gamelan. Kemudian mulai tersebar di berbagai penjuru negara Indonesia. Bali, Sunda, Lombok, adalah sederet nama daerah yang saat itu sudah mengenal kesenian budaya gamelan jawa. Bahkan kerajaan yang terletak di pulau Jawa, tepatnya berada pada Jawa Timur ini. Mempunyai balai kesenian yang diperuntukkan sebagai tempat untuk memainkan sekaligus mengawasi alat-alat musik gamelan.

Penyebaran Agama Islam Melalui Kesenian Gamelan

Nah, gamelan ternyata juga turut andil dalam proses penyebaran islam. Hal ini karena di Indonesia agama islam sendiri, ajaran islam disebarkan melalui kesenian. Tokoh penyebar agama islam saat itu adalah Sunan Bonang. Sunan Bonang merupakan salah satu wali dari tokoh penyebar agama islam di Pulau Jawa atau biasa disebut wali songo. 

Tokoh wali songo yang berasal dari Tuban ini berhasil mengubah gamelan yang kental akan budaya hindu-buddha. Menjadi sebuah media penyampaian dakwah islam yang sangat indah. Karena dakwah dengan menggunakan kesenian memang sudah menjadi tujuan dari Sunan Bonang sendiri.

Jenis-Jenis Gamelan Dan Cara Memainkan nya

Nah selain sejarah, gamelan juga memiliki jenis-jenis atau macam-macam. Oke kali ini kita akan membahas seputar apa saja sih jenis-jenis alat musik tradisional gamelan Jawa. Tentunya selesai anda membaca penjelasan setelah ini. Anda sudah tahu jenis-jenis gamelan yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan luar negeri. Selain itu diharapkan juga anda sudah bisa memainkan salah satu atau banyak lagi jenis alat musik gamelan.

1. Gamelan Kendang

Jenis Gamelan
goodreads.com

Jenis gamelan yang pertama yaitu bernama gamelan kendang. Merupakan gamelan yang mempunyai fungsi sebagai pengatur irama musik. Instrumen kendang berasal dari provinsi Jawa Barat dan juga Jawa Tengah. Cara untuk memainkan alat musik ini yaitu hanya dengan di tabuh dengan menggunakan tangan. Sehingga setiap daerah biasanya memainkan alat musik satu ini dengan cara yang berbeda-beda pastinya. Namun untuk memainkan alat musik ini tidak boleh asal saja. Karena kendang merupakan penentu cepat lambatnya suatu melodi.

2. Gamelan Gambang

Jenis Gamelan
danilenricco.wordpress.com

Alat musik yang satu ini bisa menghasilkan suara saat dipukul dengan alat berbahan kayu namanya adalah talu. Gamelan satu ini memiliki 18 sampai dengan 20 bilah kayu yang memiliki tinggi nada yang berbeda-beda. Cara memainkan alat gamelan satu ini yaitu dengan menggunakan kedua tangan. Tangan kanan untuk memukul, dan tangan bagian kiri untuk memegang bilah-bilah kayu. Suara yang dihasilkan dari alat musik satu ini pun tergolong unik.

3. Gamelan Demung

Jenis Gamelan
nusantaraindonesia.net

Gamelan Demung merupakan salah satu instrumen paling dasar dalam gamelan. Setiap orang yang memainkan alat musik ini haruslah memiliki insting yang bagus dalam seni gamelan. Karena jenis gamelan satu ini mempunyai 2 demung yang berbeda. Kedua jenis gamelan ini bernama demung pelok dan demung slendro. Cara memainkan alat musik ini juga termasuk sulit. Karena harus sesuai dengan irama serta nada dari alat musik lainnya. Jadi bagaimana tertarik untuk mencoba jenis gamelan yang satu ini

4. Gamelan Saron

Jenis Gamelan
static.turbosquid.com

Berikutnya juga masih sama yaitu salah satu jenis-jenis gamelan. Jenis gamelan satu ini dikelompokkan menjadi alat musik golongan balungan. Dalam satu set alat musik ini memiliki 4 saron, dengan bunyi yang berbeda-beda tentunya. Gamelan satu ini juga memiliki frekuensi oktaf lebih tinggi dibandingkan dengan gamelan demung. Alat yang digunakan untuk membunyikan jenis gamelan ini adalah kayu. Nah, saron dimainkan oleh orang-orang yang juga harus bisa menyesuaikan nada. Jadi anda harus memastikan benar-benar siapa yang memegang alat satu ini.

5. Gamelan Peking

Jenis Gamelan
alatmusikjawa.com

Nah, masih ada salah satu jenis gamelan yang memainkan nya dengan cara dipukul, namanya adalah gamelan peking. Peking merupakan salah satu jenis gamelan yang cukup fungsioner dalam gamelan. Karena alat ini memiliki hasil suara yang nyaring serta merdu. Jenis gamelan satu ini juga tergolong dalam alat musik lain seperti saron. Cara memainkan nya pun tak jauh berbeda dengan saron dan juga demung. Tangan kanan memukul lalu tangan sebelah kiri memegang setiap bilah dari peking.

6. Gamelan Kenong

Jenis Gamelan
1.wp.com

Alat musik ini merupakan keluarga dari jenis gamelan seperti gong namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Jenis gamelan satu ini juga tergolong alat musik tabuh atau pukul. Pemukul kenong ini pun pada tumpuan pukul nya sudah dilapisi dengan khusus. Sehingga bunyi yang dihasilkan lebih nyaring dan halus. Sedangkan peran alat musik satu ini yaitu sebagai harmoni untuk menghasilkan irama dan juga batas baris gatra. Jumlah gamelang kenong yaitu 10 buah. Dimana setiap gamelan kenong menghasilkan bunyi yang berbeda-beda setiap dipukul.

7. Gamelan Slenthem

Jenis Gamelan
www.romadecade.org

Berbahan dasar dari logam yang berbentuk tipis dan pipih. Gamelan slenthem tergolong unik, karena logam-logam tersebut direntangkan pada sebuah tali. Dibawah logam tersebut terdapat pula tabung-tabung yang bisa menghasilkan suara saat di tabuh. Jenis gamelan satu ini juga termasuk dalam keluarga alat musik saron. Nada yang dihasilkan oleh alat musik satu ini yaitu dari b hingga c. Gamelan ini juga memiliki 2 versi yaitu pelog dan juga slendro, sama halnya dengan alat musik demung.

8. Gamelan Kempul

Jenis Gamelan
pinterest.com

Gamelan kempul juga mempunyai sebutan lainnya yaitu gong kecil. Jenis gamelan satu ini memiliki bahan dasar perunggu. Biasanya setiap set gamelan kempul terdiri, mulai dari 8 sampai 14 buah. Ukuran jenis alat musik atau gamelan satu ini pun berbeda-beda, kecil sampai besar. Karena termasuk alat musik pukul atau tabuh. Pemukul salah satu jenis gamelan ini pun juga dilapisi menggunakan kain yang cukup tebal. Nah, soal fungsi dari salah satu alat musik dengan sebutan gong kecil ini yaitu. Untuk mempertegas irama melodi dalam gamelan pastinya.

9. Gamelan Gong

Jenis Gamelan
facebook.com

Siapa yang masih awam dengan salah satu jenis gamelan satu ini? Hampir semua tentu sudah tak asing lagi dengan alat musik satu ini. Alat musik yang memiliki ukuran besar satu ini, mempunyai kegunaan sebagai akhir dari nada panjang atau lagu. Hampir setiap pertunjukan gamelan selalu terdapat alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul ini. Inilah juga yang menjadi daya tarik serta perhatian tersendiri bagi kalangan pendengar kesenian gamelan. Sebab jenis gamelan satu ini mempunyai hasil bunyi yang memiliki ciri khas sendiri.

10. Angklung

Jenis Gamelan
angklungudjo.com

Gamelan satu ini juga tak kalah fenomenal dengan jenis gamelan lainnya. Bahkan jenis gamelan satu ini juga sudah diresmikan oleh unesco sebagai warisan budaya Indonesia. Alat musik satu ini juga biasanya dipadukan dengan alat musik lainnya. Karena memang hasil suara yang dikeluarkan cocok untuk mengiringi berbagai genre lagu. Sehingga tak sedikit mereka para musisi tanah air melibatkan alat musik dari bambu ini. Sebagai pelengkap instrumen lagu-lagu mereka. Tentu selain itu, para musisi juga memiliki tujuan untuk mengenalkan alat musik khas Nusantara.

11. Seruling

Jenis Gamelan
serulingbuluh.weebly.com

Nah, salah satu jenis gamelan Jawa yang juga banyak orang tahu adalah suling. Suling merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Tentunya bukan sekedar meniup saja, sebab terdapat lubang yang harus dibuka dan ditutup untuk menghasilkan nada yang selaras. Pada umum nya seruling terbuat dari bahan pohon bambu. Fungsi salah satu jenis gamelan ini yakni sebagai pangrengga lagu. Jenis gamelan ini pun juga cocok untuk dipadukan dengan aneka ragam macam instrumen musik, seperti dangdut dan banyak lagi.

Cara Membuat Alat-Alat Gamelan Ternyata Butuh Proses Yang Rumit

Pembuatan Gamelan
tstatic.net

Dalam proses pembuatan alat-alat musik gamelan, setidaknya harus melalui lima tahapan sekaligus. Nah setelah ini kita akan membahas perihal proses pembuatan alat gamelan yang tergolong rumit. Karena setiap tahap untuk membuat gamelan memiliki intensitas kesulitan yang berbeda-beda. Maka tak heran untuk membuat alat musik gamelan membutuhkan waktu yang relatif lama atau panjang. Sebab semua harus benar-benar dipastikan, kesesuain nada dan juga ukuran alat musik itu sendiri.

1. Tahapan Pertama Membesot

Dalam tahapan pertama membuat gamelan yaitu memebesot atau melebur campuran. Seorang pengrajin alat musik gamelan pada tahap ini harus mempersiapkan kowi. Kowi sendiri merupakan wadah berbentuk mangkuk yang terbuat dari tanah liat. Pada tahap ini bahan yang akan dibuat untuk gamelan seperti logam dan juga bahan campuran lainnya, akan diletakkan di perapian. Nah, perapian tadi sudah dilengkapi dengan bahan pemanas yang siap membakar secara maksimal. Dan juga tak lupa bahan yang harus dimasukkan adalah perak atau tembaga. Untuk menghasilkan warna pada alat gamelan.

2. Tahapan Kedua Menyinggi

Pada langkah atau tahap kedua ini, bahan dasar logam akan kembali dibentuk berbentuk bilah bulat. Dalam proses tahap kedua ini terdapat 3 bentuk gamelan yang dibuat yaitu. Bentuk panjang atau dawan, bentuk panjang setengah lingkaran, dan bentuk cebongan. Umumnya pada tahap ini biasanya akan dilarutkan dengan air kembang untuk merendam hasil alat gamelan yang sudah dicetak. Tingkat kerumitan pada tahap ini tergolong sulit. Sehingga harus berhati-hati, saat proses pembentukan serta perendaman.

3. Tahap Ketiga Menempa Atau Membentuk

Selanjutnya juga masih ada langkah yang juga tak kalah rumit nya yakni proses pembentukan. Langkah ini diperlukan agar alat musik yang dihasilkan menjadi ideal atau sempurna. Semua para pengrajin alat musik gamelan sepakat, jika pada tahap inilah proses yang paling sulit. Bahkan pada step ini, akan diserahkan pada orang yang sudah bertahun-tahun membuat alat gamelan jawa. Sebab pada proses ini, kita tidak bisa main-main untuk membuatnya. Dibutuhkan pengalaman serta teknik pemukul alat gamelan, yang beraneka ragam. Sudah terpikir bagaimana susahnya membuat gamelan?

4. Tahap Keempat Membabar

Pada tahap ini gamelan yang sudah atau selesai ditempa harus melalui proses membabar untuk diperiksa. Dalam proses ini juga apabila ditemukan bentuk gamelan yang tidak sesuai. Harus diperbaiki dan juga ditempa kembali pastinya. Di tahap ini juga diperlukan, tingkat teliti yang cukup tinggi. Karena apabila salah bentuk, atau terjadi kecacatan pada alat gamelan. Tentunya bunyi yang dihasilkan oleh alat musik gamelan pun tidak sesuai. Sehingga membuat keharmonisan musik akan rusak atau musik gamelan malah tidak padu.

5. Tahap Kelima Penyelesaian Atau Penyesuaian Tangga Nada

Ini merupakan langkah yang juga tak kalah pentingnya. Karena pada tahap ini harus benar-benar disesuaikan tinggi rendahnya nada atau oktaf setiap alat musik gamelan. Bahkan tak jarang atau bukan sedikit dari para pengrajin yang melakukan ritual-ritual tertentu. Hal ini menurut mereka perlu dilakukan agar terciptanya harmonis nada dan juga memenuhi fungsi filosofis. Hmm, bagaimana sekarang sudah faham proses pembuatan alat musik gamelan?

Fungsi Gamelan

Fungsi Gamelan sendiri dikategorikan menjadi beberapa bagian. Tentunya gamelan mempunyai fungsi atau kegunaan yang berbeda-beda pada setiap daerah. Biasanya gamelan digunakan untuk menyambut acara-acara besar yang ada di suatu daerah. Oke bagi anda yang sudah penasaran, ini dia fungsi gamelan.

  1. Iring-Iringan Pagelaran Tari
  2. Iring-Iringan Upacara Adat Daerah
  3. Pengiring Acara Pernikahan
  4. Pertunjukan Keseniaan Daerah
  5. Instrumen Suara Pengiring Wayang
  6. Sebagai Alat Musik Pelengkap Instrumen Musik
  7. Perayaan Masyarakat Khusus
  8. Penyambutan Keluarga Raja

Nah itulah tadi seputar tentang gamelan Jawa, yang mesti anda ketahui. Mulai dari sejarah awal-mula terciptanya pagelaran kesenian gamelan. Sampai dengan jenis-jenis gamelan sekaligus cara memainkan nya. Selain itu juga terdapat pula perihal cara pembuatan alat musik gamelan. Juga ketinggalan fungsi dari musik gamelan yang bervariatif. Bagaimana sudah cukup banyak pengetahuan anda akan budaya kesenian gamelan ?

Jadi mulai sekarang tugas kita adalah terus melestarikan budaya kita, agar tidak tenggelam dimakan zaman. Dengan cara kita harus mengadakan pertunjukan-pertunjukan yang melibatkan kesenian gamelan pastinya. Sehingga mari kita bersama-sama menjaga serta melestarikan budaya satu ini. Sebagai salah satu aset, budaya bangsa Indonesia.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.