Mengupas Sejarah dan Jenis-jenis Alat Musik Gambus Khas Timur Tengah

Alat Musik Gambus adalah salah satu jenis alat musik petik yang bentuknya seperti mandolin. Gambus merupakan salah satu alat musik instrumen yang terkenal dari tanah timur tengah. Karakteristik dari gambus yaitu memiliki 3 senar sampai yang terbanyak berjumlah 12 buah senar.

Alat musik yang pas dipadukan dengan gambus adalah gendang. Hal ini karena biasanya gambus dimainkan pada pentas musik bertemakan irama padang pasir. Bahkan pada zaman dahulu tak sedikit media nasional, yang menayangkan pertunjukan konser gambus seperti TVRI dan juga RRI.

Orkes gambus biasanya digunakan untuk mengiringi tarian Zapin, yang seluruhnya dimainkan oleh kaum pria. Sebuah tarian yang mengandung pesan tentang adab pergaulan. Selain tarian tersebut, orkes gambus sering dibawakan pada pertunjukan bernafas religi.

Adapun alat musik yang dipakai dalam orkes gambus, yaitu biola, gendang, dan seruling, tak lupa alat musik petik gambus.

Sedangkan di Indonesia musik gambus sering kali dimainkan dengan tujuan untuk menghibur tamu pernikahan maupun khitan. Bahkan tak jarang pula kita mendengar lirik gambus berbahasa Arab yang dicampur dengan bahasa Indonesia. Hal ini dilakukan agar para penikmat sekaligus pendengar musik gambus dapat memahaminya.

Sejarah Awal Mula Terciptanya Gambus di Internasional Juga Tanah Air

Sejarah Gambus
wajibbaca.com

Tentu kurang komplit rasanya jika membahas gambus, namun tidak membahas sejarahnya. Setiap alat musik tentu mempunyai latar belakang sejarah yang berbeda-beda. Tak berbeda dengan alat musik satu ini, yaitu gambus yang juga punya sejarah dibalik nama tenar nya.

Sejarah gambus dibagi menjadi 2 pembahasan, yakni sejarah skala umum atau dunia Internasional. Kemudian sejarah kedua yaitu asal-usul datangnya gambus di tanah air Indonesia.

Kita akan membahas satu per satu sejarah gambus dari Indonesia dan juga Internasional. Oke langsung saja ini dia sejarah awal musik gambus.

Sejarah Alat Musik Gambus di Indonesia

Pertama kali kita akan membahas sejarah masuknya gambus ke negara Indonesia. Di tahun 1920-an sampai dengan 1930-an Syech Albar merupakan pemain alat musik gambus yang terkenal handal bermain gambus. Pada zaman itulah beberapa lagu-lagu Syech Albar berhasil masuk ke dapur rekaman.

Salah satu rekaman di produksi perusahaan piringan hitam populer saat itu yakni “His Master Voice”. Setelah itu menurut Munif seorang aktivis musik gambus dan pernah menjadi vokalis gambus, meneliti bahwa Syech Albar tidak kalah dengan Abdul Wahab. Seorang pemain gambus fenomenal dari negeri asal raja Firaun, Mesir. Berangkat dari situlah Munif percaya jika alat musik gambus bisa menyentuh rana musik dunia.

Nah, menurut fakta sejarah yang ada, Indonesia bukanlah tempat berasalnya gambus. Begitu banyak masyarakat yang beranggapan jika gambus adalah kesenian musik tradisional Indonesia. Padahal jika mau mengulik sejarah, gambus adalah alat musik yang dibawa oleh pendatang luar negeri ke Indonesia.

Tujuan pendatang luar negeri ke Indonesia sebenarnya hanya untuk berniaga. Namun tak disangka sembari berniaga, pendatang luar negeri itu menyebarkan kesenian musik asal negara mereka. Diluar dugaan pula, masyarakat menerima dengan baik kesenian yang mereka kenalkan.

Sebenarnya tidak ada data yang benar benar bisa dijadikan patokan untuk mengetahui kapan gambus masuk ke Indonesia. Namun menurut cerita yang berkembang gambus mulai dikenal banyak orang di tanah air pada tahun 1800-an. Sebab pada saat itu tanah arab sedang gencar-gencarnya melakukan transaksi niaga di Nusantara.

Musik gambus juga mulai masuk ke Indonesia bersamaan dengan proses penyebaran agama di tanah air. Karena pada saat itu juga menyebar walisongo yang memiliki misi menyebarkan ajaran agama islam di tanah Jawa. Maka dari itu, penyebaran agama islam terbilang penuh inovasi, karena dibarengi dengan budaya yang dapat terima oleh semua kalangan.

Sejarah Gambus di Kancah Global

Setelah, membahas seputar sejarah gambus yang berkembang di Indonesia. Sekarang adalah waktunya mengupas sejarah gambus dari aspek umum alias Internasional. Asal usul alat musik gambus adalah dari tanah timur tengah, tepatnya kawasan Jazirah Arab. Baru kemudian gambus mulai terkenal di berbagai belahan dunia seperti, Turki, Paskitan, dan negara besar lainnya.

Alat musik gambus juga sangat mudah masuk dan diterima di berbagai negara. Sebab kaum muda-mudi penduduk setempat merasa senang sekaligus tertarik akan kesenian musik gambus. Nah, inilah yang membuat akulturasi budaya antara negara Arab dengan negara lain seperti Turki terjalin harmonis.

Instrumen gambus, pun banyak sekali mengalami perubahan instrumen pada berbagai daerah. Sebagai alat musik populer gambus juga mengalami metamorfosis baik dari segi bentuk, jenis, dan bahan bakunya.

Bahkan beberapa penduduk negara tertentu merubah penamaan setiap alat musik yang ada pada orkes gambus. Hal ini dilakukan, sebab mereka ingin menciptakan gambus dengan versi mereka sendiri. Perubahan tersebut tentunya dilakukan sesuai dengan budaya yang dianut di negara masing-masing.

Hal ini merupakan sesuatu yang lumrah di budaya Internasional. Jadi karena itulah mereka berlomba-lomba untuk menciptakan versi gambus terbaik, tidak terkecuali negara Indonesia.

Macam-Macam Kesenian Gambus Yang Tersebar Di Dunia

jenis gambus
musikterbaruaje.com

Seperti yang sudah diulas dalam sejarah gambus bahwa sangking mudahnya diterima oleh berbagai kalangan di dunia. Sampai-sampai mereka membuat versi gambus yang sesuai dengan karakter negara masing-masing. Oke, berikut ini kami akan menampilkan beberapa jenis alat musik gambus yang ada di berbagai penjuru dunia.

1. Gambus Khas Timur Tengah

Seperti nama dari gambus satu ini yang berasal dari, timur tengah tepatnya Arab. Seperti yang diketahui gambus berasal dari sebuah kawasan di timur tengah dengan sebutan negeri minyak Arab.

Kesenian yang ada di Arab sampai saat ini sungguh benar-benar terjaga keorisinalan nya. Sebab mengingat arab adalah tempat lahirnya alat musik kesenian gambus. Sehingga mereka tidak perlu melakukan perombakan besar-besaran seperti negara pada umumnya.

Biasanya mereka penduduk negeri padang pasir, hanya memodifikasi bahan alat-alat musik gambus sesuai dengan perkembangan zaman.

2. Gambus Khas Nusantara

Sebenarnya masih ada jenis alat musik instrumen gambus yang ada di dunia. Namun kali ini kita bahas terlebih dahulu kesenian gambus dari negara kita tercinta Indonesia. Terkenal akan sejuta budaya, mulai dari musik, kesenian adat, dan banyak lagi. Sebagai negeri dengan julukan Zamrud Khatulistiwa, kita juga tidak berhenti melakukan inovasi pada kesenian khas timur tengah ini.

Beberapa perubahan mulai diciptakan di negara Indonesia, seperti mengganti lirik, dan juga beberapa tambahan alat musik seperti keyboard. Tidak ketinggalan pada sisi instrumental pun di sesuaikan dengan selera musik masyarakat Indonesia pastinya.

3. Gambus Khas Melayu

Tidak ketinggalan masyarakat rumpun melayu juga menciptakan ide-ide brilian untuk menambah keindahan orkestra gambus. Mereka masyarakat rumpun Melayu sering menggelar berbagai macam pertunjukan yang di dalamnya dapat ditemui atau dijumpai musik gambus. P

ada masyarakat Melayu, khasanah musik gambus dibagi menjadi dua yaitu gambus ‘ud dan juga gambus selodang.  Kedua jenis gambus melayu ini memiliki perbedaan yang tidak begitu signifikan. Pertama gambus ud, merupakan jenis gambus melayu yang masih mempertahankan nuansa timur tengah. Sementara gambus selodang merupakan percampuran antara timur tengah dan juga melayu.

4. Gambus Khas India

Seperti pada umumnya, instrumen musik ini juga berkembang dan telah diperbaharui di tanah India. Mereka masyarakat India melakukan perubahan-perubahan di berbagai sisi. Masyarakat india memasukkan unsur budaya India pada kesenian alat musik instrumen gambus.

Letak perbedaan yang dapat sangat terlihat dan dirasakan yaitu pada segi instrumental juga pakaian. Dimana masyarakat negeri dengan sebutan negeri barata ini, menampilkan busana khas yang dimiliki saat konser gambus. Dengan ini masyarakat India sembari melakukan pertunjukan gambus, juga dapat mengenalkan budaya mereka.

5. Gambus Khas Turki

Gambus khas negara yang beribu kota Istanbul ini, juga tidak kalah terkenalnya. Memiliki sentuhan kental akan budaya Turki, menjadikan kesenian musik satu ini laris di kanca musik Asia.

Nah, yang menarik lagi dari kesenian gambus khas Turki adalah instrument yang digunakan tak berbeda jauh dari kesenian gambus khas Arab. Sebab memang perkembangan alat musik gambus tidak lepas dari pertukaran antara kebudayaan Arab dan juga Turki.

Sehingga tak heran jika nada instrumen yang dihasilkan pun masih berbau timur tengah dengan karakteristik nada khas negara padang pasir Arab.

Jenis-Jenis Alat musik Pada Kesenian Gambus

Instrumental gambus pun memiliki beberapa alat musik yang digunakan untuk melengkapi instrumen musik gambus. Seiring kemajuan zaman, hal ini pun dibarengi dengan berbagai macam inovasi-inovasi pada musik gambus. Baik mulai dari segi suara, perfomance, dan juga jenis-jenis alat musik kesenian atau orkestra gambus.

1. Dumbuk

Jenis alat musik gambus
bukalapak.com

Jenis alat musik pendukung kesenian gambus yang pertama adalah dumbuk. Dumbuk merupakan salah satu alat musik yang masuk dalam kategori alat musik tabuh atau pukul. Fungsi dumbuk dalam permainan musik gambus cukup penting. Sebagai pengiring sekaligus ketukan musik untuk alat musik lainnya. Alat musik tabuh ini dibagi menjadi dua yaitu dumbuk batu dan juga cati.

2. Marawis

Jenis alat musik gambus
lenteramata.com

Selanjutnya fungsinya sebenarnya hampir sama dengan dumbuk yang memiliki peran sebagai pengiring ketukan musik. Namun yang membedakannya yaitu dari segi ukuran, dimana, marawis memiliki diameter kecil. Ukuran diameter dari marawis yakni sekitar 20 cm sampai 30 cm, dengan tinggi antara 19 cm – 25 cm. Meskipun ukurannya yang relatif kecil, tapi tidak perlu ragu akan suara yang dihasilkan oleh marawis.

3. Tamborin

jenis alat musik gambus
www.groovewarehouse.com

Adalah salah satu alat musik yang masuk dalam bagian kesenian orkes gambus. Tamboring merupakan alat musik jenis perkusi, dan dapat dimainkan dengan cara di tabuh, atau bisa juga dengan digoyangkan. Tamborin menghasilkan atau mengeluarkan suara yang gemercing. Sehingga cocok untuk dipadukan dengan berbagai macam jenis alat musik gambus lainnya.

4. Biola

Jenis alat musik gambus
wordpress.com

Masih ada alat musik spesialis gambus yang juga harus anda ketahui. Biola, menjadi bagian penting pula dalam membentuk sebuah melodi musik gambus. Biola merupakan salah satu anggota keluarga alat musik dawai atau senar. Cara memainkan alat musik satu ini dengan cara menggesek senar dengan sebuah tongkat khusus untuk bermain biola.

5. Keyboard

Jenis alat musik gambus
bukalapak.com

Nah, alat musik gambus yang terakhir merupakan salah satu jenis musik instrumen piano yaitu keyboard. Keyboard pada umumnya memang cocok sekali untuk mengiringi berbagai macam genre musik. Tak terkecuali kesenian musik gambus. Keyboard berfungsi sebagai instrumental dalam gambus yang memberi warna pada melodi lagu. Maka alat musik satu ini juga tidak boleh tertinggal saat membawakan kesenian gambus.

6. Gambus

Jenis Alat Musik Gambus
highlight.id
Sesuai nama kesenian ini, yaitu gambus yang berasal dari penamaan sebuah alat musik petik atau dawai. Seperti yang sudah dikatakan pada pengertian gambus. Gambus merupakan salah satu alat musik instrumen yang terkenal dari tanah timur tengah. Karakteristik dari pada gambus yaitu setidaknya memiliki 3 senar sampai yang terbanyak berjumlah 12 buah senar. Alat musik satu ini juga wajib untuk dibawa saat menampilkan orkes gambus.

Cara Membuat Alat Musik Gambus Yang Benar

Cara Pembuatan Gambus
antarafoto.com

Untuk anda yang langsung merasa penasaran ingin membuat alat musik gambus. Setelah anda mengulik sejarah serta jenis-jenis gambus pada artikel ini. Tenang saja kita akan memberikan tips sekaligus cara membuat alat musik gambus yang benar. Tentu anda harus mengikuti langkah demi langkah pada tutorial dibawah ini. Selamat mencoba, semoga berhasil !

1. Menyiapkan Sebatang Kayu

Siapkan atau ambil sebatang kayu yang akan dijadikan sebagai badan dari gambus. Jenis kayu yang dipakai tidak boleh sembarangan. Jenis kayu yang tepat untuk dijadikan alat musik gambus adalah kayu nangka, cimpedak, cengkal. Kayu ini dengan sangat mudah bisa ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia.

2. Membentuk dan Mengolesi Kayu dengan Minyak

Selanjutnya bentuk batang pohon kayu tadi menjadi serupa dengan bentuk gambus. Baru setelah itu lubangi bagian tengah batang kayu yang dalam. Sehingga terbentuklah bakal, yang kemudian akan diamplas sampai halus. Sesudah dapat dipastikan bagian tersebut halus, kemudian langkah selanjutnya yaitu mengolesi permukaan dengan minyak kelapa.

3. Menjemur Kayu

Setelah proses mengoles minyak kelapa, kemudian batang kayu yang sudah berbentuk gambus. Lanjut dijemur dibawah sinar terik matahari. Proses ini dilakukan untuk menghasilkan bentuk gambus yang benar-benar halus sekaligus mengkilap. Pastikan sebelum diangkat, gambus sudah terlihat mengkilap alias kinclong

4. Menutup Lubang dengan Kulit

Nah langkah berikutnya yakni dengan memberikan kulit hewan pada bagian lubang alat musik. Kebanyakan gambus menggunakan kulit reptile seperti ular atau juga bisa kulit biawak. Sebelum dipasang ke lubang kayu, pastikan anda sudah mencuci dan merendam nya kedalam air selama beberapa hari. Proses ini akan memudahkan saat kulit binatang ini dipaku ke lubang kayu.

6. Pemasangan Penyiput

Kita beralih ke proses selanjutnya yaitu pemasangan penyiput, (berupa tanduk yang dipasang pada bagian ujung gambus). Umumnya penyiput dipasang dengan jumlah 4 buah, baru di pasangkan senar dari ujung bawah sampai ujung atas instrumen gambus. Jangan lupa juga untuk memaku senar, proses satu ini juga harus dilakukan dengan benar-benar agar senar terpasang kuat sekaligus sempurna.

7. Finishing

Setelah proses tersebut sudah benar-benar selesai. Kita masuk dalah tahapan finishing yaitu dengan melakukan trial error. Langkah ini merupakan salah satu cara untuk mengecheck apakah gambus ini sudah layak untuk dimainkan. Jika masih ada bagian yang perlu perbaikan, maka segera kerjakan.

8. Mengatur Nada Alat Musik Gambus

Tahap akhir yang sangat penting yaitu penyesuaian nada alat musik gambus. Nada instrumen gambus kebanyakan memiliki nada dasar A, D, G, dan juga C.  Tak jarang pula ditemui gambus yang memiliki 8 tangga nada dasar seperti gambus Riau.

Itulah tadi ulasan lengkap mulai dari pengertian, sejarah gambus, jenis-jenis gambus yang ada di dunia. Juga alat-alat musik gambus, dan bahkan cara membuat alat musik gambus itu sendiri. Oke semoga artikel yang membahas gambus ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang musik. Sampai jumpa di artikel musik berikutnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.