7 Macam Alat Musik Dayak, Kebanggan Masyarakat Pulau Kalimantan

Alat musik Dayak menjadi bagian dari salah satu kesenian musik yang berkembang di pulau Kalimantan. Alat musik dayak sendiri, mempunyai cerita sekaligus sejarah yang cukup menarik untuk ditelusuri. Bicara eksistensi, kesenian musik khas Dayak masih mempunyai peminat setia, walaupun Indonesia sedang di gempur dengan peradaban budaya musik dari luar negeri.

Memang sekarang tampaknya minat akan kesenian musik tradisional berkurang. Hal ini dipengaruhi karena pemuda pemudi Indonesia lebih menggandrungi budaya musik Barat. Padahal seharusnya para pemuda pemudi Indonesia lah yang wajib membawa budaya kesenian musik khas Nusantara. Seperti membawa alat musik dayak menuju kancah musik Internasional.

Keindahan sekaligus kemurnian alat musik dayak memang sudah diakui dan tak perlu diragukan kembali. Alat musik dayak mempunyai daya tarik tersendiri di mata kalangan pecinta musik tradisional. Sebab alat musik dayak, masih mempertahankan kemurnian baik dari segi pembuatan dan juga dari segi budaya. Tentunya hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh alat musik dayak.

Macam-Macam Alat musik Dayak Yang Kental Akan Nilai Budaya Dan Menjadi Kebanggaan

Nah setelah membahas pengertian alat musik dayak. Sekarang waktunya kita mengulik seputar jenis-jenis alat musik dayak. Alat musik dayak cukup beragam loh sobat pecinta musik ! Ada yang tergolong kedalam keluarga perkusi, alat musik tiup, dan banyak lagi lainnya.

Tentunya setiap alat musik dayak yang ada dibawah ini mempunyai nilai budaya yang berbeda-beda maknanya. Namun hal itu tak mengurangi nilai sejarah sekaligus budaya pada kesenian alat musik dayak. Oke langsung saja kita bahas, beberapa jenis atau macam-macam alat musik dayak yang kental akan nilai budaya sekaligus sejarah.

1. Alat Musik Dayak Sape

alat musik dayak
ibukotakita.com

Jenis alat musik dayak yang pertama, pasti sudah banyak diketahui dan dikenal oleh masyarakat. Sape merupakan salah satu jenis alat musik dayak yang paling populer di berbagai kalangan, khususnya pecinta musik tradisional. Sape dalam bahasa khas Dayak mengandung arti memetik dengan jari. Karena memang alat musik dayak satu ini dimainkan dengan cara dipetik dengan jari.

Alat musik dayak sape biasanya dimainkan untuk mengiringi aneka macam tarian khas dayak. Sape juga digunakan untuk mengiringi tarian kesenian yang penuh akan suasana gembira. Bahkan yang paling unik, sape bisa digunakan untuk menyembuhkan seseorang yang tengah terserang penyakit. Maka memang masyarakat dayak menyebutnya sebagai alat musik multifungsi.

2. Gong Garantung

alat musik dayak
wordpress.com

Jenis alat musik dayak yang kedua yaitu sebuah instrumen musik perkusi. Tentunya jika tergolong kedalam musik perkusi, maka untuk memainkan nya dengan cara dipukul. Gong Garantung pada dasarnya tak jauh berbeda dengan gong lain yang dapat anda temui di kesenian gamelan jawa. Hal yang membedakan adalah hanya dari segi ukuran dan fungsi.

Perbedaan lain gong garantung dengan gong di gamelan jawa yaitu dari segi suara yang dihasilkan. Gong garantung mempunyai suara keluaran yang lebih pendek ketimbang gong gamelan jawa. Selain itu gong garantung juga tidak menggema terlalu lama saat dipukul. Fungsi dari gong satu ini yaitu sebagai pengiring tarian bertempo sedang dan cepat khas dayak.

3. Keledik

alat musik dayak
www.pantau.com

Keledik adalah salah satu jenis alat musik dayak yang dimainkan dengan cara ditiup. Pada umunya alat musik tiup khas kalimantan barat ini terbuat dari bambu yang ditambah dengan benang. Keledi sendiri merupakan alat musik yang dibuat dari buah labu dengan umur sekitar 5 sampai dengan 6 bulan. Kemudian labu tersbut dikeluarkan isinya, lalu direndam selama satu bulan, baru bisa dikeringkan.

Labu yang sudah dikeringkan tadi, selanjutnya disatukan dengan bambu. Proses penggabungan kedua bahan tersebut menggunakan perekat dari sarang lebah kecil atau masyarakat dayak menyebutnya sarang kelulut. Keunikan dari alat musik satu ini ialah, mampu menghasilkan nada pentaonik. Biasanya alat musik keledik dimainkan saat mengiringi nyanyian sekaligus teater tutur khas dayak.

4. Kollatung

alat musik dayak
guratgarut.com

Jenis alat musik khas bangsa dayak yang berikutnya adalah kollatung. Kollatung merupakan sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat khusus. Biasanya alat musik satu ini digunakan untuk mengiringi tarian sekaligus nyanyian khas suku dayak Kalimantan. Para pemain alat musik satu ini haruslah pintar-pintar untuk memainkan tempo saat memainkan nya.

Uniknya, kollatung juga dapat digunakan sebagai mahar atau mas kawin pernikahan di suku Dayak. Bukan hanya itu saja keunikan nya, bahkan kollatung pun dipakai atau difungsikan sebagai alat bayar layaknya uang. Sehingga banyak para masyarakat suku Dayak yang menggunakan alat musik satu ini untuk transaksi jual beli setiap hari.

5. Entebong 

alat musik Dayak
rumahulin.com

Pada prinsipnya, Entebong merupakan sebuah alat musik yang tidak berbeda dengan gendang. Selain prinsipnya yang sama yaitu dimainkan dengan cara ditabuh atau dipukul. Entebong juga mempunyai kesamaan dalam segi suara yang dihasilkan dengan gendang. Pembeda antara kedua jenis musik tabuh ini yaitu hanya dari segi bahan dan corak ukiran saja.

Masyarakat pembuat jenis alat musik satu ini yaitu berasal dari suku dayak Mualang. Mereka membuatnya untuk dijadikan sebuah kerajinan alat musik sekaligus kesenian kebanggaan mereka. Entebong banyak diapaki untuk instrumen pelengkap atau tambahan untuk tarian dan nyanyian khas suku dayak Mualang Kalimantan.

6. Kangkuang

alat musik Dayak
budayanusantara.com

Kangkuang adalah salah satu jenis alat musik dayak yang sangat menjadi kebanggaan masyarakat Pulau Kalimantan. Karena memang alat musik dengan nama kangkuang ini diciptakan atau dibuat untuk dijadikan kesenian kebanggaan mereka. Maka tak heran jika banyak masyarakat dayak yang memajang alat musik satu ini didalam rumah mereka masing-masing.

Alat musik satu ini dibuat dengan prinsip sederhana, karena untuk memainkan nya anda hanya perlu memukul kangkuang. Pada umumnya alat musik satu ini terbuat dari kayu pilihan. Kemudian diberi corak dengan sentuhan khas adat dayak. Inilah yang mampu menjadi daya tarik tersendiri oleh kalangan pecinta musik tradisional.

7. Gamang

alat musik dayak
makassar.terkini.id

Alat musik dayak yang juga menjadi kebanggaan masyarakat suku dayak berikutnya adalah Gamang. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, gamang adalah alat musik tradisional kebanggaan suku dayak, khususnya Dayak Maanyan. Nah untuk memainkan alat musik satu ini, terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu memukulnya sesuai dengan nada musik yang dimainkan.

Gamang merupakan alat musik pukul yang terbuat dari kayu pilihan. Kayu tersebut dipotong menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang berbeda-beda. Ukuran kayu tersebut mampu menghasilkan bunyi nada yang berbeda-beda yakni, do, re, mi, sol, dan juga la. Gamang juga banyak dijumpai atau ditemui di berbagai kesenian musik khas adat suku dayak maanyan.

Itu tadi dia beberapa alat musik dayak yang kaya akan nilai budaya dan sejarah tentunya. Bahkan beberapa alat musik tersebut menjadi kebanggaan oleh beberapa masyarakat suku dayak loh ! Maka sekarang tugas kita sebagai generasi penerus bangsa, haruslah terus menjaga eksistensi serta kelestarian beberapa alat musik Nusantara.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.