Kegiatan Rumah Semakin Seru Dengan Alat Musik Dari Barang Bekas

Alat Musik dari barang bekas merupakan salah satu jenis kesenian musik yang dapat mengasah keterampilan anda. Sebab membuat alat musik dari barang bekas memang membutuhkan keterampilan yang cukup tinggi.

Meskipun hanya menggunakan barang-barang bekas dan sederhana. Namun untuk membuatnya anda mesti mengetahui prinsip dasar bermain musik.

Membuat alat musik dari barang bekas, juga mempunyai manfaat baik lainnya. Seperti mengurangi limbah yang sulit terurai oleh tanah. Sehingga dengan membuat alat musik dengan barang bekas, kita sudah mengurangi pencemaran lingkungan sekitar.

Baiklah bagi anda yang sudah penasaran apa saja sih alat musik dari barang bekas. Ini dia alat musik dari barang bekas yang bisa anda kreasikan dirumah.

Jenis Alat Musik Dari Barang Bekas yang Bisa Dibuat Dirumah

Ini dia beberapa alat musik dari barang bekas yang bisa anda kreasikan bersama orang-orang tersayang. Semua alat musik dibawah ini tidak sulit untuk dibuat dan juga bahan yang dipakai sangat mudah untuk dijumpai atau didapatkan.

1. Seruling Sedotan

alat musik dari barang bekas, seruling dari sedotan
youtube.com

Seruling sedotan merupakan salah satu jenis alat musik tiup dari barang bekas. Dalam proses pembuatan seruling sedotan tidaklah sulit. Hanya perlu mencari sedotan plastik yang warnanya sesuai dengan pilihan anda.

Rekatkan sedotan yang berwarna-warni secara berjejer hingga menyerupai seruling asli. Setelah selesai dibuat mainkan bersama-sama  dengan menari dan gembira.

2. Krencengan Kertas

Alat musik dari barang bekas
tokopedia.net

Pada umumnya untuk membuat krencengan anda perlu menyiapkan sebuah kayu atau plastik. Namun berbeda dengan alat musik perkusi satu ini. Krencengan ini hanya terbuat dari sebuah kertas yang diberi lubang pada tepinya.

Baru kemudian diberi lonceng agar menghasilkan suara. Cukup mudah untuk membuatnya, anda hanya perlu menyiapkan gunting, kertas, dan seutas tali panjang.

3. Drum Tabuh Dari Kaleng Bekas

Alat musik dari barang bekas
wordpress.com

Untuk membuat drum tabuh dari kaleng bekas. Anda perlu menyiapkan berbagai bahan, salah satunya adalah kaleng susu yang sudah tak terpakai. Pastikan kaleng susu yang tak terpakai sudah dicuci dengan air hingga bersih.

Kemudian mulut kaleng yang berlubang dilapisi menggunakan lakban. Untuk alat pemukul atau penabuh anda bisa menggunakan sendok kayu yang bisa anda modifikasi.

4. Gitar Dari Kotak Bekas

Alat ,musik dari barang bekas
informazone.com

Siapa sangka alat musik dawai satu ini, bisa dibuat hanya dengan sebuah kotak sereal. Kotak sereal tersebut digunakan sebagai pengganti body gitar yang biasanya terbuat dari kayu.

Untuk senar yang pada umumnya terbuat dari nylon. Anda bisa menggantinya dengan beberapa karet gelang. Untuk tambahan, anda bisa menambahkan nya dengan leher gitar dengan kertas karton.

5. Maracas ala Beras Dan Botol

Alat musik dari barang bekas
wordpress.com

Bisa dibilang alat musik maracas dari beras dan botol bekas, adalah yang paling mudah untuk membuatnya. Biasanya atau pada umumnya maracas dari barang bekas ini, menggunakan botol minuman berukuran kecil.

Kemudian anda mengisi melalui mulut botol dengan beras secukupnya saja. Setelah itu tutup bagian mulut botol, dan maracas ala beras dan botol siap untuk di mainkan.

6. Simbal Ukuran Mini

Alat musik dari barang bekas
wordpress.com

Alat musik satu ini, mampu mengasah sekaligus merangsang motorik anak-anak saat memainkan nya. Cara membuatnya pun sangat mudah loh, anda hanya perlu mencari 2 benda yang bisa menghasilkan suara.

Anda bisa membuatnya dari 2 piring plastik, atau 2 tutup gelas. Selain itu anda juga bisa membuatnya dari tutup toples yang sudah tak terpakai alias bekas. Mudah bukan ?

7. Stik Harmonika

stick harmonika dari stik eskrim
frugalfun4boys.com
stick harmonika dari stik eskrim
frugalfun4boys.com

Membuat alat musik instrumen harmonika anda hanya perlu mengumpulkan beberapa bahan, seperti stick ice cream dan beberapa buah tusuk gigi. Ditambah dengan karet gelang yang difungsikan sebagai stick harmonika.

Pembuatan nya pun tidak terlalu rumit, dan tak membutuhkan waktu yang lama. Maka tunggu apalagi, yuk segera unjuk kreatifitas anda untuk membuatnya !

8. Gambang Dari Botol Dan Air

Alat musik dari barang bekas
antarafoto.com

Guna membuat alat musik gambang sederhana, bahan dan alat yang harus anda siapkan ialah botol kaca. Botol-botol kaca tersebut kemudian diisi dengan air yang disesuaikan untuk menghasilkan suara yang berbeda-beda.

Untuk pemukul botol, anda bisa memakai atau menggunakan sendok besi. Baru kemudian anda bisa memainkan nya untuk mengiringi sebuah musik. Musik yang bisa diiringi oleh gambang botol pun cukup bervariatif.

9. Kendang dari Galon Bekas

Alat musik dari barang bekas
youtube.com

Anda mempunyai galon bekas yang sudah tidak terpakai dan ingin dibuang? Sebaiknya anda gunakan galon tersebut untuk dijadikan alat musik perkusi kendang. Untuk membuatnya anda hanya perlu menggunakan bahan utama berupa galon saja.

Kemudian anda bisa bebas memainkan atau memukulnya di permukaan bawah galon. Akan terasa seru bila memainkan kendang galon sambil bernyanyi.

10. Ketipung Paralon Dan Karet Ban

Alat musik dari barang bekas
antarafoto.com

Seperti nama alat musik dari barang bekas satu ini. Ketipung sederhana ini, terbuat dengan bahan-bahan yang sederhana sekali. Bila anda memiliki pipa paralon yang sudah tak digunakan. Anda bisa menyulapnya menjadi sebuah alat musik ketipung.

Untuk bagian mulut paralon pada sisi atas, anda mesti menutupnya dengan karet ban yang sudah bekas. Baru setelah itu, ketipung siap dimainkan.

11. Xilofon Dari Gelas Berisi Air

Alat musik dari barang bekas
youtube.com

Satu lagi alat musik dari barang berkas yang dapat anda buat dirumah bersama orang terdekat. Sesuai dengan namanya, anda hanya memerlukan gelas kaca yang sudah diisi dengan air. Hampir sama dengan gambang, namun yang membedakannya adalah bahan utamanya.

Volume air yang diisi pada setiap gelas pun harus berbeda. Hal ini dilakukan agar supaya setiap gelas menghasilkan bunyi yang berbeda. Bahkan Xilofon dari gelas berisi air ini sudah banyak diperkenalkan oleh musisi jalanan.

12. Seruling Dari Botol Kaca

Alat Musik dari barang bekas
www.lrsrecycles.com

Berbeda dengan seruling pertama yang terbuat dari sedotan. Kali ini seruling yang akan dimainkan dengan ditiup ini terbuat dari botol kaca. Anda bisa menggunakan botol kaca bekas sirup, atau kecap. Kemudian buatlah lubang berukuran sebesar jari pada bagian bawah botol.

Alat yang dipakai untuk membuat lubang pada botol adalah pemotong kaca khusus. Dalam proses pengerjaan anda harus ekstra hati-hati agar tidak melukai jari. Setelah lubang sudah dibuat, seruling pun siap dimainkan.

13. Alat Musik Shaker

Alat musik dari barang bekas
youtube.com

Guna membuat alat musik das shaker, anda bisa menggunakan sebuah wadah atau kaleng yang terbuat dari aluminium. Atau anda juga bisa menggantinya dengan kendi kaca, dan silinder karton. Prinsip alat musik satu ini sebenarnya sama dengan maracas yang terbuat dari botol kecil.

Namun bahan yang paling direkomendasikan untuk membuat shaker ialah kayu. Anda bisa mendapatkannya dari pohon bambu yang sudah dipotong. Kemudian diisi dengan biji-bijian kecil seperti beras, kacang hijau dan lain-lain.

Nah itu tadi beberapa alat musik dari barang bekas yang bisa anda kreasikan dirumah. Semua alat musik diatas mempunyai bahan yang semuanya tersedia di lingkungan anda. Sehingga tidak ada lagi kata sulit untuk membuat alat musik dari barang bekas. Oke sobat pecinta musik, selamat mencoba !

1 thought on “Kegiatan Rumah Semakin Seru Dengan Alat Musik Dari Barang Bekas”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.