Pengenalan Alat Musik Biola Mulai Dari Pengertian, Sejarah, dan Jenis

Alat musik biola adalah sebuah instrumen musik senar atau dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Seperti yang sudah dikatakan biola merupakan alat musik dawai dan mempunyai 4 senar yaitu G D A E. Kemudian disetel secara berbeda satu sama lain dengan interval (sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya, baik jarak nada ke atas atau jarak nada ke bawah) sempurna kelima. Nada rendah yang dimiliki biola adalah G.

Alat musik satu ini disebut-sebut sebagai musik yang elegan. Karena memang harga alat musik dawai ini relatif mahal. Orang yang memainkan musik biola disebut dengan violinis ( berasal dari bahasa Inggris ). Sedangkan dalam bahasa Indonesia orang yang memainkan biola disebut pemain biola.

Nah, Kemudian membuat atau memperbaiki biola disebut luthier. Secara umum alat musik senar ini banyak dipakai untuk dijadikan suara instrumen pelengkap suatu musik. Sehingga tak heran jika anda mendengar musik biola, pada pertunjukan musik tradisional atau pun modern.

Biola terdiri dari 4 bagian yaitu, badan biola, leher biola, papan jari, kemudian yang terakhir yakni senar.

Nah, setelah sedikit mengenal biola, berikutnya kita akan bahas sejarah alat musik biola. Simak dengan baik-baik yaa sobat  setia pecinta musik.

Sejarah Alat Musik Biola Yang Mesti Diulik

Sejarah Biola
listtoday.org

Oke, tentunya setiap alat musik pasti punya history mengapa alat musik itu diciptakan. Sama hal nya dengan biola yang punya sejarah menarik untuk diulik. Menurur catatan sejarah kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, cikal bakal biola berasal dari negara Aria dan India. Kemudian raja Ravana dari ngeri Sri Langka telah membuat atau menciptakan alat musik yang menggunakan senar dan juga busur. Lalu ia beri nama Ravanastron.

Lambat laun pada abad ke 1, alat musik buatan raja Sri Lanka tersebut, menyebar ke negara lainnya yaitu Afghanistan dan Persia. Didalam sejarah juga dicatat bahwa alat musik biola juga tercipta di Negara beribu kota Roma Italia, tepatnya di kota Turin pada tahun 1523.  Bentuk biola yang dibuat di Turin itu dipajang dalam sebuah patung atau skulptur yang memiliki arti malaikat kecil bermain biola di sebuah gereja di Vercelli.

Kisah Pembuat Biola Dari Italia

Biola versi pertama itu terdiri dari 3 senar, baru kemudian semenjak tahun 1540 biola memiliki 4 senar. Maka tak heran jika banyak pembuat biola hebat yang berasal dari negeri Italia. Seperti Andrea Amati, Nicola Amati, Gasparo da Salò, Guarnerius del Gesu, dan juga Antonio Stradivari.

Sebenarnya pembuatan biola adalah karya kreatif sendiri, lalu para keluarga mengkhususkan diri dalam pembuatan biola. Sehingga banyak sekali di Italia yang mampu membuat biola dengan benar & baik.

Keluarga yang sering membuat biola di Italia adalah Amati, Guarneri, dan Stradivari. Selain itu juga masih ada keluarga pembuat biola yang berasal dari negara lain yakni Jerman. Ada juga kerluarga Hill di Inggris atau tepatnya kota London.

Namun, siapa sangka biola buatan keluarga tersebut menjadi rebutan para pedagang pemburu barang antik. Bahkan musisi terkenal pun turut ikut merebut biola pertama tersebut.

Selain, mampu menghasilkan suara atau bunyi yang indah. Alat musik dawai ini juga memiliki bentuk yang tergolong unik. Sebenarnya darimana alat musik biola berasal masih banyak diperdebatkan.

Namun untuk memperkuat mana yang paling akurat. Mula-mula kita bahas terlebih dahulu alat musik dawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik dawai tersebut diperkirakan masuk ke berbagai negara berasal dari budaya penunggang kuda di kawasan Asia Tengah contohnya alat musik bangsa Mongolia Morin huur.

Cerita Pembuat Biola dari Turki

Selanjutnya alat musik gesek bersenar 2 bangsa Turki dan Mongolia ini awalnya terbuat dari surai kuda. Juga dimainkan dengan busur surai kuda, dan mempunyai ukiran corak kepala kuda dibagian ujung kepala. Biola, viola, dan juga cello, yang busurnya masih dibuat dari surai kuda ini adalah peninggalan nomaden tersebut.

Alat musik gesek berdawai dua bangsa Turki dan Mongolia dawainya dari surai kuda, dimainkan dengan busur surai kuda, dan memiliki ukiran kepala kuda di bagian kepalanya. Biola, viola, dan cello yang busurnya masih dibuat dari surai kuda, adalah peninggalan bangsa nomaden tersebut. Berikutnya ada versi lain yang juga terkuak dalam catatan sejarah, dipercaya bahwa biola mula-mula tersebut dibawa ke Asia timur, India, Bizantium dan Timur Tengah.

Di tempat-tempat itulah mereka menyesuaikan dengan lingkungannya dan berkembang menjadi alat musik lainnya. Seperti erhu, esra, dan harpa yang dimainkan dengan tangan atau bizantium. Sejarah alat musik biola, dimulai dengan tiga jenis alat musik pendahulunya yaitu, rebec (yang diturunkan dari harpa tangan Bizantium) kemudian vielle (biola abad renaisans), dan juga lira da braccio (yang juga sama dengan Bizantium).

Dalam catatan sejarah lainnya, salah satu deskripsi terawal perihal biola ada di dalam Epitome Musica. Epitome musica merupakan sebuah karya yang diciptakan oleh de Fer. Kemudian diterbitkan oleh Lyon pada abad ke 15 atau tepatnya 1556.

Sejarah Perkembangan Biola di Eropa

Lambat laun biola mulai memberikan warna baru dalam budaya musik di negara bagian Eropa. Pada saat masuk ke Eropa biola mengalami perubahan-perubahan yang cukup signifikan. Terutama dalam sisi ukuran panjang dan sudut leher pada alat musik instrumen biola.

Kebanyakan atau mayoritas alat musik biola versi lama, diupdate dengan standar-standar yang terbilang baru. Sehingga membuat alat musik yang memiliki 4 senar ini, menghasilkan suara sekaligus respons yang berbeda dengan biola versi lama.

Versi biola yang baru inilah, yang menjadi standarisasi untuk membuat biola dengan benar. Hingga saat ini alat musik dari jaman keemasan pembuatan biola, khususnya yang dibuat oleh Stradivari dan Guarneri del Gesù adalah alat alat musik yang paling diburu oleh para pemburu koleksi biola.

Seperti yang sudah dikatakan dari awal, biola terus mengalami perkembangan dan juga perubahan. Perubahan ini bukan tanpa alasan, yaitu untuk mengembangkan kualitas suaranya. Biola zaman sekarang mempunyai balkon bass yang lebih kuat, maka itu yang menjadikan suaranya lebih kuat juga lebih cantik.

Tak hanya itu saja bow pada biola juga mengalami perubahan bentuk menjadi lebih tegak lurus. Tidak seperti zaman barok dulu yang dibentuk bengkok. Fungsi dari membuat bow biola tegak lurus yaitu, agar mempertinggi volume suara. Sehingga bisa bermain atau terdengar di aula yang luas dan besar.

Memang benar pembuat biola yang paling dikenal dan yang telah dibahas sebelumnya menjadi patokan pembuat biola, yaitu Stradivarius.  Ia dan pembuat biola lainnya juga mengikuti perubahan bentuk alat musik instrumen biola tersebut berdasarkan alasan tertentu. Alasan para pembuat biola dan Stradivarius mengikuti perubahan bentuk biola, adalah untuk meningkatkan kualitas suara.

Nah itulah tadi cikal bakal atau sejarah dibalik mentereng nya nama musik biola. Bagaimana pasti anda sudah tidak penasaran lagi kan tentang sejarah biola?

Jenis-Jenis Alat Musik Biola berdasarkan Kebutuhan Anda

Seperti biasanya, setelah membahas sejarah alat musik, Selanjutnya kita juga akan memberikan informasi tentang jenis-jenis biola yang ada di dunia. Seperti yang kita ketahui, biola pun punya jenis-jenis, yang dapat anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan, atau keinginan. Bagi anda yang sudah penasaran, baiklah langsung saja kita bahas. Ini dia jenis-jenis biola yang harus atau perlu anda ketahui sobat pecinta musik.

1. Cremona Cervini HV-150

Jenis Biola
tokopedia.net

Jenis biola pertama yang ada di dunia yaitu Cremona Cervini HV-150, jenis biola satu ini sangat amat cocok bagi anda yang sedang menekuni atau belajar bermain biola. Karena memang jenis instrumen musik ini, dirancang sekaligus didesain khusus untuk kaum pemula. Sehingga untuk anda para kaum awam, tak usah bingung mencari-cari biola yang pas untuk menemani proses belajar bermain biola,

Biola dengan nama Cremona Cervini HV-150, dibuat ari perpaduan bahan kayu maple dan juga cemara. Bahan yang digunakan untuk membuat biola ini pun amat berkualitas. Membuat biola satu ini nyaman untuk dimainkan, terutama untuk para pemula. Selain itu jarak tali dan juga tinggi tali dibuat bermutu tinggi, maka inilah yang membuat jari berada di posisi yang tepat. Harga untuk membawa biola ini kerumah yaitu 1.700.000 rupiah.

2. Copie de Antonius Stradivarius 1737

Jenis Biola
reverb.com

Jenis biola yang kedua adalah, Copie de Antonius Stradivarius 1737. Alat musik satu ini merupakan, karya seni seorang pembuat biola ternama yakni Antonio Stradivari. Sehingga membuat biola ini, tergolong klasik dan memiliki nilai seni yang tinggi. Diperkirakan Antonio Stradivari , telah membuat alat musik biola yang berjumlah 1100 buah. Ciri khas atau karakteristik, biola ini yaitu memiliki warna yang khas yaitu warna coklat merah berbahan pernis.

Selain itu, jenis biola buatan Antonio Stradivari  ini, juga mempunyai keistimewaan lainnya. Biola satu ini pun, memiliki corak atau aksen warna emas.  Selain beberapa karakteristik dan keistimewaan tadi, biola ini juga memiliki ukuran yang terbilang langka dan unik. Mempunyai panjang punggung biola dengan ukuran 35,7 cm, dan upper bouts 16, 4 cm. Kemudian lower bouts 20, 5 cm. Harga pasaran, untuk jenis biola buatan seniman alat musik Antonio Stradivari ini, ditaksir mencapai harga 5.300.000 rupiah.

3. Vienna 4/4

Jenis Biola
bukalapak.com

Dengan harga yang terjangkau yaitu 650.000 rupiah, anda sudah bisa memainkan biola buatan negeri dengan sebutan tirai bambu yup,China.  Jadi buat anda para pelajar yang sedang ingin mempunyai biola pertama, tampaknya jenis alat musik satu ini sangat cocok dan ideal. Sebagai tambahan, jenis biola satu ini mempunyai hasil suara nada yang penuh dan bulat. Sehingga akan terasa amat merdu saat didengarkan oleh anda dan pendengar lainnya.

Kelebihan lain, yang dimiliki adalah, mempunyai bobot atau berat yang tergolong ringan untuk ukuran instrumen biola. Memang biola ini, dibuat dari bahan kayu ringan, meskipun begitu. Tak menghilangkan kualitas suara yang dihasilkan oleh biola jenis satu ini, Mengusung konsep elegan dan sederhana, juga menjadi salah satu kelebihan biola merk Vienna 4/4 ini.

4. Karl Hofner AS 045

Alat Musik Biola Karl Hofner
amazonaws.com

Selanjutnya instrumen ini terbuat dari bahan kayu pohon cemara yang mempunyai campuran kayu maple yang kuat. Kayu maple ini dijadikan sebagai bahan untuk membuat instrumen biola agar bagian belakang dan samping body semakin kuat dan kokoh. Ditambah dengan bagian yang terbuat dari kayu maple pula, menjadikan biola keren ini semakin cantik, dan kuat pastinya.

Lalu pada tahap atau proses finishing, jenis biola satu ini dibaluri dengan warna yang amat elegan. Memadukan warna coklat dan kuning, sehingga membuat biola satu ini memiliki kesan keemasan. Tentu warna yang melapisi biola ini juga berhasil menambah kesan seni yang tinggi.

Kemudian soal harga, dijamin akan mendapatkan kepuasan dan juga sepadan dengan nominal yang anda keluarkan. Harga untuk jenis biola satu ini yaitu 2.000.000 rupiah. Harga yang rcukup worth it bukan ?

5. Skylark 4/4

Jenis Biola
tokopedia.net

Masih ada kok jenis biola yang bisa anda pilih untuk dijadikan biola pertama. Namanya adalah Skylark 4/4, sesuai namanya jenis biola satu ini mempunyai empat buah pengatur senar yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan bermusik anda. Entah anda ingin mengatur biola ini agar menghasilkan nada rendah atau tinggi, semuanya bisa anda kreasikan dengan memakai biola ini. Bagaimana biola yang cukup menarik kan ?

Keunggulan yang dipunyai jenis biola ini yaitu mempunyai bantalan dagu yang terbuat dari nilon. Bantalan inilah yang akan membuat kita semakin nyaman berlama-lama memainkan alat musik berdawai satu ini.  Dengan desain dan body yang simple, tentu menjadi suatu nilai plus untuk jenis biola satu ini. Soal harga, biola ini terbilang relatif murah. Dengan membayar 1.100.000 rupiah, anda sudah bisa membawanya pulang dan memainkan nya.

6. Makoa Acoustic Violin

Jenis Biola
productnation.co

Jika anda sedang mencari alat musik biola, untuk belajar sekaligus menyukai genre musik akustik. Hmm, sepertinya jenis biola satu ini akan amat cocok dengan kebutuhan anda.  Mempunyai bentuk body dan neck atau leher yang terbuat dari bahan kayu pohon maple. Membuat biola ini juga tergolong instrumen yang berkualitas pastinya. Maka tak heran jenis biola satu ini cocok sekali untuk dipakai belajar atau latihan berkali-kali.

Kelebihan yang paling utama dari biola jenis satu ini ialah, mempunyai kualitas suara yang tergolong jernih. Resonasi yang dikeluarkan atau dihasilkan oleh biola Makoa Acoustic Violin ini pun tergolong baik. Maka anda pecinta musik akustik dan sedang dalam tahap belajar, jangan pusing-pusing mencari biola yang sesuai. Dengan harga yang cukup murah untuk ukuran biola, yakni 600.000 rupiah saja.

7. Cremona SV 180 E

Jenis Biola
walmartimages.com

Biola elektrik yang memiliki desain elegan dan berkelas. Cocok untuk anda yang ingin membawa alat musik biola ke tempat yang mewah pula. Harganya pun cukup fantastis, yaitu 4.800.000 rupiah, namun tenang saja. Harga tersebut sudah sebanding dengan apa yang akan anda rasakan saat memainkan jenis biola premium ini. Soal bentuk, biola cremona sv 180 e ini mempunyai bentuk yang tergolong unik. Karena menggunakan unsur modern dan tradisional biola akustik.

Sehingga banyak yang takjub akan bentuk yang sedikit berbeda dengan biola pada umumnya. Kelebihan lainnya yaitu mengingat biola ini termasuk instrumen elektrik. Maka pada bagian bawah biola terdapat volume control. Tentu saja fungsinya untuk membesarkan atau mengecilkan volume suara pada biola.  Terdapat pula connector jack out dan in yang memiliki standar ukuran 1/8 inch. Jadi biola ini akan cukup ideal untuk dimainkan di aula-aula atau gedung yang luas.

Nah, itulah tadi beberapa informasi seputar alat musik biola. Pasti rasa haus ilmu akan musik biola sudah lega saat membaca artikel satu ini.  Sebab kita sudah mengulik tentang pengertian, sejarah, dan jenis-jenis biola yang sesuai dengan kebutuhan anda. Oke sobat pecinta musik, sampai jumpa di artikel musik lainnya !

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.