Kunci Gitar dan Tips Berlatih Beserta Gambarnya [Mudah]

Bermain musik merupakan salah satu cara menenangkan diri, bahkan dapat mencerdaskan otak pemainnya. Tidak mengherankan apabila banyak yang ingin bisa menguasai alat musik, salah satunya adalah gitar. Mudahnya akses internet dan kemajuan di bidang informasi menjadikan belajar gitar secara autodidak lebih efektif. Hal dasar untuk belajar alat musik gitar bagi pemula adalah mengetahui berbagai cara chord atau kunci gitar.

Untuk dapat memainkan gitar secara sederhana sebenarnya tidak harus mengetahui segala macam kuncinya, dengan 8 chord standar maka anda sudah bisa memainkan beberapa buah lagu. Anda cukup memahami dan mengetahui 8 chord tersebut beserta cara menggenjreng atau memetik dawai gitar. Setelah anda memahami 8 chord dasar, baru kemudian bertahap belajar chord yang lebih kompleks.

Jadi dalam belajar bermain alat musik ini langkah pertama yang diambil adalah mencari kumpulan gambar kunci gitar. Kemudian anda praktek memainkan beberapa lagu dengan kunci tersebut. Artikel ini sangat membantu bagi anda yang hendak belajar memainkan alat musik gitar karena terdapat banyak sekali chord beserta cara memegangnya.

Tips Belajar Kunci Gitar

alat musik gitar
pixabay.com

Sebelum belajar bermain alat musik gitar, sebaiknya anda mengetahui beberapa tips di bawah ini. Berikut tips-tipsnya :

1. Motivasi Belajar

Sebelum memutuskan untuk belajar bermain gitar, sebaiknya anda menentukan motivasi ingin bermain gitar itu memiliki tujuan apa. Biasanya dalam bermain alat musik ini seorang pemula akan menemui titik jenuh karena tidak bisa menguasai alat musik ini. Di saat seperti itulah seorang gitaris pemula harus mengingat kembali motivasi belajarnya karena akan menimbulkan semangat berlatih kembali.

Dalam motivasi belajar terdapat tekad, ketekunan, dan tujuan. Salah satu contoh sederhana tujuan bermain gitar adalah menjadi seorang musisi. Maka ketika anda mengalami kejenuhan maka harus mengingat bahwa anda adalah seorang musisi yang sebentar lagi sukses apabila belajar gitar.

2. Rutin

Usahakan anda belajar bermain alat musik gitar dengan rutin, karena tidak ada seorang gitaris handal berleha-leha dalam belajar. Anda harus tetap konsisten dalam belajar dan harus tetap stabil jadwal latihan anda.

3. Bertahap

Usahakan anda belajar memainkan gitar dari mengiringi lagu yang mudah terlebih dahulu, walaupun anda sangat ingin bermain dengan teknik yang sulit. Kemudian setelah menguasai lagu yang mudah, anda baru belajar untuk memainkan lagu yang sulit.

4. Jangan Langsung Bermain Kunci Melodi

Untuk seorang pemula yang baru mengenal gitar, jangan langsung bernafsu memainkan kunci melodi yang rumit. Bermainlah dan kuasai beberapa lagu terlebih dahulu. Kemungkinan dan kebanyakan orang yang langsung memainkan kunci gitar melodi biasanya frustasi dan tidak akan paham. Seperti poin sebelumnya, bermain gitar harus bertahap dari level mudah kemudian level selanjutnya, hingga akhirnya tanpa terasa menguasai level rumit. Namun pendapat ini tidak berlaku beberapa orang tertentu.

5. Posisi Yang Benar

Anda harus mengetahui peletakan posisi chord yang benar dan memahami pembagian tugas jari anda dalam menekan chord. Selain itu cat memegang gitar juga makna mempengaruhi suara yang dihasilkan, maka peletakan posisi ini sangat berpengaruh dan tergolong penting. Apabila anda terbiasa memainkan gitar dengan posisi yang salah maka hal tersebut akan menjadi kebiasaan dan lebih sulit di perbaiki.

6. Senam Jari Atau Fingering

Selain 4 hal dasar di atas, pemain gitar harus berlatih kelentukan jari agar tidak kaku dalam memainkan dan perpindahan kunci gitar. Lakukan memetik gitar dengan ujung jari mulai dari senar paling atas ke bawah, kemudian dari bawah ke atas.

Anda juga harus melakukan senam jari kiri anda, gunakan jari-jari anda yang berfungsi sebagai penekan senar dalam fret. Gerakkan mulai dari kelingking hingga jari manis, kemudian lakukan sebaliknya dari jari manis hingga kelingking.

Cara Memegang Kunci Gitar Dasar

kunci gitar
pixabay.com

Sebelum belajar mengenai kunci gitar, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian dalam alat musik gitar agar mudah memahami kunci gitar itu sendiri. Setidaknya anda mengetahui apa itu fret dan urutan senar.

Berikut ini kami sajikan berbagai kunci dasar dalam bermain gitar, di antaranya :

1. Kunci (chord) C

kunci c gitar

Kunci gitar ini termasuk paling mudah untuk dimainkan. Membutuhkan 3 jari yang saling berdekatan membuatnya mudah ditekan.

Keterangan Kunci Gitar C

  • Telunjuk menekan senar pada string nomor 2 pada bagian fred pertama
  • Jari tengah digunakan untuk menekan senar bas pada nomor ke 4 di bagian fred 2
  • Sedangkan senar nomor 5 pada fret ke 3 ditekan menggunakan jari manis

Langkah pertama adalah anda memainkan satu kunci dasar tersebut baru kemudian menambahkan kunci lainnya.

2. Kunci (Chord) Gitar G

kunci g gitar

Selain kunci gitar C, chord gitar G juga termasuk mudah dipelajari, bahkan anda dapat mempelajarinya beriringan dengan Kunci C. Rata-rata dapat dipelajari dalam 15 menit apabila dilakukan terus menerus.

Keterangan Kunci Gitar G :

  • Jari Telunjuk memegang senar pada fret 2 untuk senar nomor 5
  • Sedangkan senar nomor 6 ditekan menggunakan jari tengah pada frednomor 3
  • Jari manis untuk senar nomor 1 dalam fret ke 3
  • Alternatif lainnya adalah dengan penekanan senar 1 pada fret 3

Lakukan permainan pada Chord tersebut hingga anda benar-benar mahir, baru kemudian mempelajari kunci gitar lainnya.

3. Kunci (Chord) Gitar Am

kunci Am gitar

Chord yang sering digunakan dan dapat dengan mudah dimainkan oleh pemula selanjutnya adalah Chord Am atau A minor.

Keterangan  Kunci Gitar Am :

  • Jari Telunjuk digunakan untuk menekan senar nomor 2 dalam fret 1
  • Senar nomor 4 dalam fret ke 2 ditekan menggunakan Jari Tengah
  • Jari manis untuk menekan senar nomor 3 pada fret ke 2 juga

Sama seperti mempelajari kunci gitar sebelumnya, anda harus  konsisten dalam memainkannya dan terus menerus.

4. Kunci (Chord) Gitar Em

kunci Em gitar

Chord ini hampir sama sederhananya dengan kunci G, bahkan lebih sederhana dan paling sederhana dari kunci gitar lainnya. Dalam menekan kunci ini hanya memerlukan 2 jari saja.

Keterangan Kunci Gitar Em :

  • Letakkan jari tengah pada fret ke 2 untuk menekan senar nomor 5
  • Jari manis pada senar nomor 4 fret nomor 2

Walaupun sangat mudah, anda juga harus belanja dalam memindah jari anda ke kunci lainnya dan selalu latihan fingenering di sela-sela latihan.

5. Kunci (Chord) Gitar F

kunci f gitar

Cara menekan kunci ini hampir sama dengan kunci C, hanya saja Chord F menggunakan jari tengah dan manis pada posisi 1 tingkat di bawah senar C.

Keterangan Kunci Gitar F :

  • Jari telunjuk digunakan untuk menekan senar nomor 1 dan 2 sekaligus dalam fret ke 1. Namun apabila anda masih merasakan kurang nyaman maka dapat menggunakan alternatif lainnya yaitu hanya menekan senar nomor 2 saja.
  • Senar nomor 3 dalam fret nomor 2 ditekan menggunakan jari tengah
  • Jari manis untuk menekan senar nomor 4 dalam fret ke 3.

Mungkin akan ada beberapa orang yang mulai mengalami kesulitan dalam mempelajari Chord F ini, namun dengan latihan konsisten anda tetap bisa menguasainya.

6. Kunci (Chord) Gitar Dm

kunci Dm gitar

Kunci Dm termasuk kunci dasar yang sangat populer dan sering dimainkan dalam lagu-lagu populer. Sangat disayangkan apabila anda tidak mengetahui kunci ini.

Keterangan Kunci Kunci Gitar Dm :

  • Jari telunjuk digunakan untuk menekan senar nomor 1 pada fret ke 1
  • Senar nomor 3 dalam fret ke 2 ditekan menggunakan jari tengah
  • Jari manis digunakan untuk menekan senar ke 2 salam fret ke 3

Selalu diingat untuk latihan dengan konsisten dan perbanyak praktek.

7. Kunci (Chord) Gitar D

kunci D gitar

Chord gitar D memiliki kesulitan yang hampir sama dengan kunci D minor atau Dm karena memang merupakan turunan dari kunci D.

Keterangan Kunci Gitar D :

  • Telunjuk digunakan untuk menekan senar nomor 3 dalam fret ke 2
  • Jari tengah digunakan untuk menekan senar nomor 1 dalam fret ke 2
  • Sedangkan jari manis digunakan untuk menekan senar nomor 2 dalam fret ke 3

Setelah sebelumnya anda memahami kunci dasar lainnya, maka anda tentunya akan lebih mudah untuk memahami dan memainkan kunci ini.

8. Kunci (Chord) A

kunci A gitar

Chord A juga merupakan kunci yang terbilang mudah, bahkan sangat mudah bagi siapa pun.

Keterangan Kunci Gitar A :

  • Telunjuk digunakan untuk menekan sentra ke 4 dalam fret ke 2
  • Jari tengah digunakan untuk menekan nomor 3 dalam fret ke 2
  • Sedangkan jari manis digunakan untuk menekan senar nomor 2 dalam fret ke 2

Dengan memahami isi artikel  ini dan diiringi praktek, tentunya anda dapat mudah dalam bermain gitar. Apabila beberapa kunci atau chord gitar di atas sudah anda kuasai karena memang cukup mudah untuk dipelajari maka lanjutkan ke level berikutnya. Dengan memahami 8 chord gitar di atas, anda sudah cukup untuk menguasai dan memainkan banyak lagu karena memang kunci gitar tersebut sering digunakan. Apabila sudah menguasainya, lanjutkan ke chord lain.

9. Kunci (Chord) Gitar Bm

kunci bm gitar

Chord ini sudah tergolong sedikit rumit untuk dimainkan, namun chord ini juga sering digunakan dalam banyak lagu.

Keterangan Kunci Gitar Bm :

  • Telunjuk digunakan untuk menekan dan mengeblok senar pertama hingga ke 6 dalam fret ke 2
  • Jari tengah digunakan untuk menekan senar nomor 2 dalam fret ke 3
  • Kelingking digunakan untuk menekan senar nomor 3 dalam fret ke 4
  • Jari manis digunakan untuk menekan senar nomor 4 dalam fret ke 4

Terkadang dalam belajar gitar akan membuat jari anda kesakitan, namun setelah mengalami fase tersebut biasanya andalan lebih mudah dalam bermain gitar. Intinya adalah lakukan kunci tersebut secara konsisten.

10. Kunci (Chord) Gitar D7

Kunci Gitar D7

Mungkin anda akan sedikit asing dengan chord gitar ini karena memang jarang ada dalam sebuah lagu. Walaupun tidak sering digunakan, anda juga tetap harus mengetahui kunci gitar ini.

Keterangan Kunci Gitar D7 :

  • Telunjuk digunakan untuk menahan senar nomor 2 dalam fret pertama
  • Jari tengah digunakan untuk menekan senar nomor 3 dalam fret ke 2
  • Sedangkan jari manis berfungsi untuk menekan senar pertama dalam fret ke 2

Lakukan juga dengan konsisten dan terus menerus.

11. Kunci (Chord) Gitar B

kunci b gitar

Chord musik gitar ini juga tergolong tidak mudah untuk dimainkan apabila dibanding dengan kunci dasar lainnya. Dapat menggunakan alternatif mengeblok semua senar  pertama hingga terakhir dalam fret ke dua.

Keterangan Kunci Gitar B :

  • Senar nomor 4 dalam fret ke 4 ditekan menggunakan jari tengah
  • Jari manis digunakan menekan senar nomor 3 dalam fret ke 4
  • Sedangkan kelingking digunakan menekan senar ke 2 dalam fret 4

Sudah sering diingatkan bahwa kunci dari mahir dalam bermain gitar adalah konsistensi. Apabila anda latin secara rutin maka bukan tidak mungkin anda mampu menguasai  kunci-kunci tersebut dalam waktu beberapa Minggu. Serumit apapun Chord gitar tersebut, apabila anda konsisten dan terus mengulangnya maka Balkan menjadi kebiasaan.

Praktek Dengan Lagu

main gitar
pixabay.com

Setelah anda memahami chord gitar tersebut, maka anda harus mempraktekkannya dengan sebuah lagu diiringi dengan gitar. Hal tersebut akan membuat anda dapat memindah satu kunci ke kunci lainnya dengan baik. Selain melatih penjarian (kelancaran jari) dalam bermain gitar, memainkan dengan lagu juga melatih perasaan dan insthink pemainnya.  Mungkin pertama-tama anda akan merasakan sedikit telat dalam melakukan transisi kunci, namun apabila anda rutin maka nantinya dapat mengatasi kesalahan transisi kunci tersebut.

Lagu Yang Cocok Digunakan Untuk Latihan

latihan gitar
pixabay.com

Di bawah ini akan  kami sajikan beberapa lagu yang sangat cocok untuk melatih jari anda dalam bermain gitar beserta transisinya penjarian. Disarankan anda memahami dan menguasai satu lagu terlebih dahulu kemudian baru mempelajari lagu lainnya.

Beberapa contoh lagu dengan iringan gitar yang dapat digunakan untuk anda atau seorang pemula latihan adalah sebagai berikut :

1. Semua Tentang Kita – Peterpan

Siapa yang tidak mengenal lagu ini, lagu dari Band Peterpan (sekarang diganti Noah, karena terdapat beberapa perubahan dan perombakan) ini sangat sering dimainkan oleh seorang pemula. Bahkan rata-rata gitaris memainkan lagu ini untuk latihan. Chord gitarnya hanya menggunakan kunci C G Am Em F dan Dm.

Lagu ini juga sangat enak di dengar, petikannya sangat nyaman dan lembut. Sangat disarankan bagi gitaris pemula yang hendak belajar gitar untuk memainkan gitar dengan lagu ini.

2. All Of Me – John Legend

Salah satu lagu lainnya yang dapat dimainkan oleh pemula adalah lagu milik John Legend yang berjudul All Of Me. Lagu ini juga sangat populer dan banyak diminati, jadi ketika anda sudah memahami lagu chord lagu ini maka andalan terlihat seperti seorang profesional. Dengan kunci gitar yang bermodalkan E G C G D, anda dapat memainkan lagu populer ini.

3. Bunga – Bondan

Lagu milik kolaborasi Bondan Prakoso and Fade2 Black ini memiliki kunci gitar yang tergolong sederhana. Dengan memanfaatkan chord E G C G D maka anda sudah dapat bernyanyi sambil menggunakan iringan gitar. Selain itu, lagu Bunga sangat enak di dengar dan familiar di telinga orang Indonesia. Tentunya anda akan nyaman dalam memainkannya.

Selain mengetahui chordnya, anda juga harus lebih memahami transisi perpindahan kunci agar lebih mengalir dalam memainkan gitar untuk mengiringi lagu tersebut. Anda juga sebaiknya melihat video cara menggenjreng senar gitarnya.

4. Tinggal Kenangan- Gabby

Lagu untuk seorang gitaris pemula lainnya adalah milik Gabby yang berjudul Tinggal Kenangan. Kunci gitar untuk memainkan lagu ini juga sangat sederhana. Selain itu, lagu Tinggal Kenangan juga sangat cocok dinyanyikan ketika bersama teman-teman atau ketika sendirian.

Kunci gitar yang digunakan hampir sama dengan chord lagu Semua Tentang Kita, yang membedakan paling hanya cara menggenjreng dan perpindahan kuncinya. Lagu ini juga sangat cocok dimainkan oleh wanita karena memang lagu ini dinyanyikan oleh cewek. sebenarnya masih bayak lagu yang dapat dimainkan oleh pemula, namun yang biasa digunakan adalah empat lagu diatas dalam latihan.

Setelah mempelajari dan memahami artikel ini, tentunya wawasan anda mengenai belajar gitar pasti berkembang dan anda dapat belajar secara autodidak. Namun perlu diingat, bahwa konsistensi dalam latihan menjadi penentu untuk kesuksesan anda bermain gitar.

Semoga tulisan mengenai kunci gitar ini bermanfaat dan membantu anda dalam memahami dan belajar bermain gitar. Terima kasih.

Leave a Comment

%d bloggers like this: