Cara Lengkap Belajar Gitar Dari Dasar Hingga Mahir [Terbaru]

Banyaknya minat masyarakat untuk dapat bermain alat musik salah satunya gitar memotivasi untuk membuat artikel ini. Artikel Belajar Gitar Dari Dasar Hingga Mahir terdiri dari beberapa bagian, maka disarankan untuk memahami artikel ini hingga selesai.

Dasar Bermain Gitar

kunci gitar
pixabay.com

Belajar gitar memiliki beberapa tahap, dan untuk mempelajarinya terdapat beberapa bagian meliputi pengenalan gitar, posisi memegang, cara menyetel, cara memetik dengan lima jari dan memegang pick.

1. Memahami Bagian Gitar

Gitar sebagai alat musik tentunya terdiri dari beberapa bagian pembentuknya yang berfungsi sebagai penunjang untuk menghasilkan suara. selain itu gitar juga terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari gitar akustik, listrik, bagian pick up, freatboard dan masih banyak lainnya.

Gitar akustik dan gitar listrik dapat dibedakan dari konstruksinya. Apabila gitar akustik memiliki lubang resonansi (Sound Hole), gitar listrik menggunakan pick up sebagai penangkap suara karena memiliki bodi yang solid.

Dalam fretboard dapat dilihat kolom-kolom fret, biasanya dalam kolom fret terdapat inlay yang dapat dijadikan patokan dalam kolom fret. Perhatikan juga bahwa senar dihubungkan antara had (kepala) dan Bridge di bagian bawah. Pada had terdapat tuning Pets yang membantu dalam menyetel senar agar menghasilkan suara yang tidak sumbang. Seperti gambar di bawah ini :

bagian bagian gitar
freetjam.com

2. Posisi Memegang Gitar

Tidak sedikit orang dalam belajar gitar melakukan kesalahan ketika memegang gitar. Padahal posisi ini apabila dilakukan terus menerus tanpa pembetulan maka akan menjadi kebiasaan. Ketika sudah menjadi kebiasaan maka akan lebih sulit untuk diperbaiki.

Misalnya apabila terbiasa menggenjreng (strumming), seharusnya memetiknya di antara sound hole dan Bridge. Apabila salah maka output suara yang dihasilkan akan buruk.

3. Menyetem Gitar

Tentunya siapapun tidak mau belajar gitar dari instrumen yang memiliki suara sumbang. Salah satu langkah penting dalam belajar gitar adalah dengan belajar menyetel gitar. Penyetelan tuning yang tidak pas akan menghasilkan suara yang tidak enak didengar.

Dalam menyetel gitar bukanlah hal yang mudah karena harus memiliki pendengaran yang baik dan kepekaan perbedaan nada yang bagus. Tidak heran apabila tidak banyak yang mampu menyetem gitar, bahkan orang yang sudah mengetahui chord dasar.

Namun jangan khawatir apabila anda memiliki kesulitan dalam menyetel senar, karena kini anda dapat memanfaatkan teknologi. Banyak sekali terdapat aplikasi ataupun software yang berfungsi sebagai pembantu untuk menyetem gitar seperti Tuner, g string android.

Walaupun kini sudah dimudahkan dengan bantuan aplikasi, sebagai gitaris yang baik tentunya juga harus memiliki kemampuan menyetel gitar secara manual. Berikut langkah-langkahnya :

  • Tekan senar ke empat dalam kolom fret ke 5, kemudian putar tuning Pet pada headstock. Untuk menyamakan nadanya dapat dengan memetik senar ketiga dalam posisi dibiarkan terbuka.
  • Tekan senar ke lima dalam kolom fret ke 5 kemudian putarlah tuning Pet pada headstock samakan dengan nada senar keempat.
  • Untuk senar keenam, putar tunang Pet pada headstock dan samakan dengan nada senar pertama.

Dalam belajar gitar, terdapat istilah tuning standar yang digunakan untuk membantu menyetel tuning. Untuk menghafalkan bunyi nada pada senar dengan tuning standar, anda dapat menghafalkan dengan bantuan jembatan keledai : ” Eddie Ate Dynamite Good Bye Eddie” ( E A D G B E ). Banyak juga video mengenai cara menyetel tuning gitar yang baik.

4. Memetik Gitar Dengan Lima Jari

Memetik senar gitar merupakan salah satu bagian terpenting dalam belajar gitar. Cara memetik gitar yang baik alah dengan memanfaatkan semua komponen jari-jemari kita, jadi semua jari dimanfaatkan semaksimal mungkin, bukan hanya dengan jari yang dominan saja. Lantas bagai mana cara membagi tugas kelima jari kita? Berikut caranya :

  •  Kelingking digunakan untuk memetik senar pertama
  • Jari manis digunakan untuk memetik senar kedua
  • Telunjuk digunakan untuk memetik senar ketiga
  • Jari tengah digunakan untuk memetik senar keempat
  • Jempol digunakan untuk memetik senar kelima dan keenam

5. Cara Memegang Pick

memegang pick gitar
campfireguitarstar.com

Selain menggunakan jari dalam memetik senar, anda juga dapat menggunakan alat bantu seperti pick gitar. Selain membuat jari tidak sakit, pick juga akan memberikan kesan lebih profesional. Alat bantu ini biasanya dibuat dengan bahan dasar plastik, namun ada juga yang terbuat dari fiber, mika, bahkan lempengan  logam. Bentuk pick biasanya segitiga, namun ada juga berbagai variasi lainnya. Cara memegang alat ini adalah dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk.

Belajar Gitar Bagian Kunci Dasar

kunci kunci dasar gitar
pixabay.com

Belajar kunci dasar merupakan hal mutlak dalam belajar bermain gitar. Seorang gitaris handal pun tentunya pernah mengalami fase belajar chord gitar. Berikut ini bagian yang perlu dipelajari dalam belajar chord atau kunci gitar :

1. Chord

Dalam memainkan alat musik gitar untuk mengiringi lagu maupun hanya sebuah instrumen biasa tentunya tidak terlepas dari yang namanya chord. Seorang gitaris harus mengetahui setidaknya chord dasar dan mengembangkan chord lainnya.

Ketika pertama kali berkenalan dengan alat musik petik ini tentu saja yang menjadi pertanyaan dari pemula adalah letak dan posisi chord atau kunci gitar. Tidak heran bahwa pemula biasanya mencari gambar atau buku tentang chord gitar. Sebagian besar buku yang beredar di pasaran memberikan gambar kunci dengan bentuk tab, hal ini membuat pemula sulit untuk memahaminya. Namun tenang saja, dalam artikel ini akan disajikan gambar atau foto chord tap beserta nama air kunci gitar tersebut. Chord gitar sendiri terdiri dari mayor dan minor.

2. Chord Mayor

Untuk menyebutkan masing-masing kunci tersebut anda hanya tinggal menambahkan kata mayor.

chord mayor gitar

3. Chord Minor

Dalam beberapa buku atau artikel kunci minor juga sering disebut dengan min, misalkan C minor biasa disebut Cmin. Di samping kunci diatas terdapat gambar lain yang beri angka-angka, nah itulah yang dinamakan diagram chord.

chord minor gitar

4. Cara Membaca Diagram Chord

Tanda silang (X) menandakan bahwa senar tersebut riak dipetik atau nada tersebut tidak dibunyikan. Sedangkan tanda bulat (O) menandakan bahwa nada tersebut dimainkan. Angka yang terdapat di luar fret memiliki arti nomor fret. Sedangkan untuk angka bulatan yang terdapat dalam fret menandakan posisi jari anda. Nomor 1 hingga 4 menunjukkan jari telunjuk, tengah,  manis, dan kelingking.

Cara memainkan setiap chord tersebut bebas, dapat dengan dipetik maupun digenjreng. Selain daftar kunci gitar di atas, dalam belajar gitar juga terdapat beberapa chord lain seperti kunci Krebs (#) dan chord mol (b).

Mungkin anda pernah menjumpai kunci gitar F#m (dibaca F kres minor) dan Bb (dibaca B mol). Untuk memainkan kunci rumit tersebut tentunya gitaris harus mempelajari kunci gantung karena anda harus menggunakan kunci gantung dalam memainkan “Kres” dan “Mol”.

5. Belajar Posisi Kunci Dasar Open String

Kunci string terbuka, atau chord open string secara dasar mudah untuk dipelajari. Seperti contoh gambar di bawah ini:

chord open string gitar

Sangat direkomendasikan posisi kunci A mayor, A minor, E mayor, dan E minor untuk dipelajari karena dapat memudahkan dalam bermain kunci gantung.

6. Berlatih Memainkan Kord

Ketika pertama kali belajar kunci gitar, biasanya posisi jari akan banyak melakukan kesalahan dalam peletakan jari pada posisi yang tepat. Karenanya, pemain gitar harus berlatih menempatkan jari yang tepat agar suara yang dihasilkan ketika senar dipetik tidak sumbang.

Secara umum gitar memiliki 6 dawai atau senar dengan ukuran dari bawah kecil dan ke atas semakin besar. Gitar elektrik maupun akustik secara umum juga memiliki jumlah senar dan nada yang dihasilkan yang sama.

Latihan dengan memetik kunci secara perlahan, pelajar kunci-kunci gitar setiap hari. Belajar terlebih dahulu kunci dasar seperti A mayor, e mayor, G mayor, C mayor, D mayor, A minor, dan beberapa kunci dasar lainnya.

7. Belajar Strumming

Yang harus dipelajari lainnya adalah Strumming atau dalam istilah kesehariannya adalah menggenjreng gitar atau mengocok gitar. Tidak sedikit yang bertanya mengenai cara menggenjreng gitar untuk mengiringi lagu dari suatu grup musik.

Apabila anda sudah menguasai teknik ini, maka bukan hal yang sulit untuk mempelajari bermain gitar secara lebih mendalam. Belajar strumming juga memiliki beberapa macam teknik dasarnya, maka memperbanyak membaca akan sangat membantu anda. Lagu yang akan dipelajari juga akan terasa lebih mudah ketika anda sudah menguasai teknik strumming.

8. Belajar Kunci Gantung

Barre Chords atau sering disebut kunci gantung juga merupakan tantangan tersendiri dalam belajar gitar. Belajar kunci gantung tidak dapat dikatakan hal mudah, namun juga tidak bisa dikatakan sulit dilakukan.

Setelah beberapa bagian diatas sudah ditaklukkan dalam proses belajar gitar, sebaiknya kalian juga mengetahui beberapa masalah yang mungkin muncul.

Tantangan Dan Masalah Yang Akan Dihadapi

tantangan dalam belajar gitar

Ketika dalam belajar gitar telah sampai tahapan memahami chord gitar, biasanya akan ada beberapa kendala yang mungkin akan anda hadapi. Anda harus memilih benar-benar fokus untuk maju dan terus berlatih atau mundur belajar gitar. Beberapa hal yang harus anda lakukan ketika mendapat kendala di antaranya :

1. Paksakan Ketika Jari Merasakan Sakit

Telah menjadi rahasia umum bahwa dalam belajar bermain instrumen musik ini akan merasakan sakit, terutama pada ujung jari. Rasa sakit ini muncul disebabkan oleh tekstur senar gitar yang tipis namun keras. Sebenarnya ini sudah menjadi hal wajar bagi seorang yang baru berlatih gitar.

Namun tidak sedikit yang berhenti belajar gitar karena jari mereka sudah merasakan sakit dan tidak sanggup ketika akan menekan  senar. Namun sebaiknya anda tetap fokus dan memaksakan terus berlatih walaupun jari anda sakit, karena nantinya akan timbul kapal. Setelah timbul kapalan biasanya ujung jari akan mengeras dan akhirnya jari anda sudah tidak merasakan sakit karena sudah terbiasa.

Setelah terbiasa dan sakit pada jari hilang, kendala yang akan dijumpai berikutnya biasanya jari-jemari kaku ketika hendak memindahkan kunci. Cara mengatasinya adalah sering-seringlah melakukan senam jari di sela-sela latihan anda.

2. Memainkan Lagu Yang Mudah Menuju Yang Sulit (Step Bay Step)

Telah anda mengetahui kunci gitar, cara menyetem, strumming, dan berbagai teknik dasar lainnya maka langkah selanjutnya adalah belajar memainkan lagu. Ketika belajar main gitar tentunya anda tidak akan langsung bisa memainkan lagu melodi milik Dragonforce.

Sebaiknya anda belajar memainkan lagu yang memiliki kunci sederhana terlebih dahulu, kemudian ketika sudah menguasainya baru mempelajari lagu yang lebih sulit, begitu seterusnya step by step. Misalkan saja anda memulai dengan lagu anak-anak atau lagu pop yang memiliki kunci gitar sederhana.

Banyak sekali lagu yang ditujukan kepada seorang yang baru belajar memainkan alat musik gitar, misalnya lagu milik Peterpan (sekarang Noah) yang berjudul Semua Tentang Kita.

3. Belajar Membaca Tabulatre

Salah satu cara yang dapat diambil ketika ingin mempelajari lagu maka dapat dengan belajar membaca tabulature. Apa itu tabulature? Tabulature adalah tabulasi gitar. Banyak sekali gitaris yang menggunakan tabulatur dalam belajar instrumen ini.

Membaca tabulasi merupakan salah satu bagian dasar dalam belajar bermain gitar. Memang kelihatannya sangat rumit karena terdiri dari beberapa not yang tidak semua orang bisa membacanya. Namun ternyata membaca tabulasi gitar tidak serumit yang dibayangkan apabila anda mengetahui caranya, dan sangat mudah dipelajari.

Anda hanya harus melihat garis dan angka-angka yang berada dalam ablasi tersebut, diaman angka mewakili kolom fret dan garis mewakili senar. Sebagai contoh kami berikan gambar di bawah ini untuk lebih memudahkan anda dalam belajar tabulasi. Selain itu anda juga dapat memanfaatkan software untuk memudahkan proses belajar anda.

tabulesi

Gambar di atas merupakan salah satu tabulasi gitar milik Guns N Roses yang berjudul Sweet Child O’mine. Garis tersebut menandakan senar senar pada gitar, sedangkan angka menandakan kolom fret.

4. Belajar Menggunakan Metronome

Setelah belajar membaca tabulasi gitar langkah selanjutnya adalah belajar menggunakan metronome. Kegunaan alat ini adalah membantu anda menjaga irama musik agar tetap konsisten sekalipun dipercepat ataupun diperlambat. Apabila anda pernah melihat proses recording alias rekaman, maka andalan melihat bahwa penggunaan metronom adalah hal mutlak.

Namun bagi anda yang baru proses belajar musik ini dan belum seorang profesional, tentunya bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan metronom? Bagaimana membelinya?. Tenang saja anda tidak perlu membeli alat ini secara langsung karena kini dera teknologi sudah ada bentuk software atau aplikasinya. Salah satu aplikasi Mobile yang banyak diunduh adalah “Mobile Metronome”.

5. Belajar Dari Berbagai Sumber

Walaupun belajar instrumen gitar dapat dilakukan dengan autodidak. Sebaiknya anda juga belajar dari berbagai sumber lainnya, karena dapat mempercepat proses belajar gitar anda. Beberapa cara yang dapat diambil lainnya adalah sebagai berikut :

a. Les Private

Salah satu cara terampuh untuk mempercepat perkembangan belajar anda adalah dengan mengikuti les Private. Selain memiliki guru yang profesional, les Private akan memberikan teknik yang terkadang tidak ditemui dari belajar autodidak karena berasal dari pengalaman guru tersebut.

b. Sekolah Musik

Anda dapat memasuki sekolah musik dengan integritas yang baik. Bisanya sekolah musik memiliki peralatan musik yang lebih lengkap dan tentunya akan lebih memudahkan anda. Terkadang sekolah musik juga akan memberikan anda sertifikat bukti kecakapan dan reputasi anda dalam belajar gitar.

c. Internet

Internet memang menjadi sumber segala informasi, ketika anda tidak bisa belajar dari orang lain maka lebih efektif belajar melalui internet. Selain berupa website, anda dapat belajar menyimak video tutorial di youtube.

d. Buku Gitar

Banyak sekali buku gitar yang dapat membantu anda mempelajari hal-hal sulit dalam belajar musik.

e. Komunitas

Ikuti komunitas atau ngejam bareng dengan teman anda. Berkumpul dengan orang yang memiliki hobi sama akan membuat pemikiran anda berkembang. Selain itu juga dapat membuat kolaborasi.

Masih banyak alternatif lainnya, intinya adalah anda tetap belajar dan praktek jangan  mudah menyerah ketika mengalami kesulitan.

Semoga artikel ini membantu anda dan pembaca dalam belajar gitar. Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment

%d bloggers like this: