50 Daftar Alat Musik Tradisional Dari Seluruh Indonesia

ALAT MUSIK TRADISIONAL – Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam bahasa dan suku budaya, tidak heran Indonesia memiliki banyak daya tarik. Salah satu keragaman Indonesia juga terdapat dalam sebuah bidang kesenian terutama alat musik yang digunakan. Indonesia memiliki banyak sekali alat musik tradisional yang merupakan bentuk dari keragaman dan ciri khas setiap daerah di Indonesia.

Walaupun kita sebagai warga Indonesia, namun tidak sedikit dari kita (penduduk Indonesia) yang kurang mengetahui atau paham mengenai keanekaragaman Indonesia. Sangat disayangkan apabila kita sebagai warga negara Indonesia namun tidak mengetahui warisan budaya tradisional khususnya dalam bidang kesenian.

Dalam artikel ini kami akan menyajikan 50 alat musik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. sebagai warga negara Indonesia yang baik tentunya kita harus mengetahui kebudayaan di negara kita ini. Maka tidak ada salahnya untuk membaca artikel ini hingga tuntas agar pengetahuan mengenai keanekaragaman Indonesia semakin bertambah.

Alat Musik Tradisional Dari Daerah Aceh

Berikut ini beberapa alat musik tradisional dari daerah Aceh :

1. Arbab

alat musik tradisional arbab dari aceh
wacana.co

Arbab merupakan salah satu alat musik tradisional yang dimiliki oleh Indonesia yang berasal dari daerah Aceh atau tang ring disebut daerah serambi Mekah. Bentuknya sama seperti dengan alat musik biola. Bahan dasar untuk membuat Arbab adalah batok alias tempurung kelapa, gagang terbuat dari kayu, dan dawai atau senar terbuat dari kulit kambing. Dan untuk busurnya sendiri terbuat dari rotan dan serat tumbuhan.

Cara memainkan  Arbab adalah digesek menggunakan busur Arbab (atau yang sering disebut do Arbab) dengan dawai alias senar pada tubuh Arbab. Penggunaan alat musik tradisional ini biasanya dimainkan dalam acara hiburan rakyat atau acara kesenian daerah lainnya.

2. Bangsi Alas

alat musik tradisional bangsi alas
alung-bunian.blogspot.co.id

Alat musik tradisional lainnya yang berasal dari Aceh adalah Bangsi, cara memainkan Bangsi yaitu dengan di tiup. Cara kerja alat musik ini Memang memanfaatkan lubang-lubang yang berada dalam tubuh Banggai yang akan berbunyi ketika ditiup. Bahan alat musik Bangsi adalah bambu yang memiliki ukuran sekitar 40 cm atau 41 cm dan memiliki diameter 2,8 cm hingga 3 cm. Lubang untuk menghasilkan nada pada Bangsi terdiri dari 7 buah luang yang ukurannya beragam. Lubang-lubang tersebut ukurannya semakin melebar dari ujung ke ujung.

3. Serune Kalee

alat musik serune kalee
keywordlister.com

Serune Kelee merupakan alat musik yang berasal dari Aceh yang cara memainkannya ditiup sama seperti bangi alas. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup dengan posisi vertikal, dalam acar resmi atau pertunjukan, pemain alat musik ini biasanya mengenakan pakaian adat setempat. Serunai Kalee mengatur nada dengan memanfaatkan lubang yang terdapat pada badan Serune kalee.

4. Tambo

alat musik tambo
steemit.com

Anda tentunya akan mengira bahwa alat musik ini adalah bedung, memang alat musik tradisional dari Aceh ini memiliki bentuk seperti bedung. Bahan kayu yang digunakan sebagai badan Tambo adalah batang pohon iboh, dan membran yang digunakan berasal dari kulit sapi yang dipasang menggunakan rotan. Cara menggunakan alat musik ini juga dipukul, selain sebagai alat musik, Tambo sekarang banyak juga digunakan sebagai pengingat waktu sholat.

Alat Musik Tradisional Dari Sumatra Utara

Berikut ini daftar alat musik yang berasal dari Sumatra Utara :

1. Gerantung

gerantung alat musik sumatera utara
pixoto.com

Geratung terbuat dari kayu dan memiliki beberapa nada yang dapat dihasilkan dari kayu-kayu yang memiliki ukuran panjang yang berbeda. Untuk membunyikan alat musik ini adalah dengan dipukul dengan dua buah stik yang dipegang di tangan kanan dan kiri. Penggunaan alat musik Geratung adalah untuk mengatur melodi atau ritme yang merupakan dalam jenis xylophone.

2. Faritia

alat musik faritia
rebanas.com

Faritia adalah alat musik yang berbahan dasar logam, biasanya kuningan yang memiliki bentuk bulat seperti gong kecil seperti alat gamelan dari Jawa. Diameter Faritia biasanya berukuran 23 cm dan memiliki ketebalan 4 cm pada bagian tengahnya yang menonjol. Alat musik tradisional ini termasuk dalam alat musik idiophone yang memanfaatkan getaran pada tubuh alat musik tersebut. Alat musik ini dipukul menggunakan tongkat pemukul yang terbuat dari kayu yang biasa disebut smalambuo.

3. Gordang Sambilan

alat musik gordang sambilan
startfmmadina.com

Gordang Sambilan berasal dari Sumatra utara, 6tepatnya dari daerah Batak Mandailing. Alat musik ini tergolong dalam alat musik membranophone yang memanfaatkan suara membran kulit yang dipukul. Nama sambilan sendiri merupakan bahasa Batak yang memiliki arti sembilan, alat musik ini juga sering dimainkan bersama beberapa alat musik tradisional lainnya yang biasanya terdiri dari gong, gendang, simbal, dan alat musik tiup. Gordang Sambilan biasanya dimanfaatkan untuk pengiring upacara adat atau acara adat lainnya dengan cara dipukul dengan beberapa orang.

4. Hapetan

alat musik hapetan
clipov.net

Hapetan merupakan alat musik yang berasal dari daerah Tapanuli dan cara memainkannya seperti kecapi karena sama-sama dipetik pada dawai atau senarnya. Istilah lain dari hapetan adalah hasapi atau kucapi. Di daerah lain juga terdapat alat musik semacam ini, yang biasanya dapat juga ditemukan di daerah Kalimantan Selatan dan Sulawesi.

Alat Musik Tradisional Dari Sumatra Barat

Sumatra barat juga tidak mau kalah dari daerah lainnya, inilah daftar alat musiknya :

1. Gandang

alat musik gandang
alatmusikindonesia.com

Gandang juga sering disebut dengan gendang Minang, alat musik tradisional ini memiliki bentuk seperti gendang di daerah lainnya. Cara memainkan Andang adalah dipukul pada kedua sisinya. Namun cara memukul dan corak dari gandang di setiap daerahnya berbeda, karena memiliki irama lagu yang berbeda. Gandang Tasa merupakan nama kesenian yang populer di daerah Padang Pariaman.

2. Talempong

alat musik talempong
youtube.com

Talempong berasal dari daerah Sumatra Barat yang berbahan dasar logam tembaga dan digunakan dengan cara dipukul dari pemukul yang terbuat dari kayu. Alat musik ini terdiri dari beberapa logam (talempong) yang memiliki nada berbeda-beda.

3. Pupuik Tanduak

alat musik pupuik tanduak
IndonesiaKaya.com

Alat musik pupuik tandak berbahan dasar tanduk kerbau, cara menggunakannya sama seperti trompet yaitu ditiup. Selain pupuk tandak, ada juga pupuik lainnya yang tidak menggunakan bahan tanduk. Kegunaan alat musik ini adalah sebagai mengiringi nyanyian atau Taian dan juga sebagai aba-aba masyarakat Minang.

Alat Musik Tradisional Dari Sumatra Selatan

Inilah daftar alat musik yang perlu anda ketahui dari daerah Sumatra Selatan :

1. Genggong

alat musik genggong basemah
twitter.com

Alat musik tradisional ini berasal dari daerah Pagar Alam Sumatra Selatan. Cara penggunaan alat musik ini adalah ditiup seperti harmonika. Untuk menghasilkan nada yang indah, pemain Genggong harus pandai dalam mengolah rona mulut dalam meniup genggong. Genggong sendiri terbuat dari kayu, bambu, dan logam.

2. Tenun

alat musik tenun
alatmusikindonesia.com

Bukan hanya dapat digunakan untuk menenun kain, Tenun ternyata juga sering dimanfaatkan sebagai alat musik. Pada penenun zaman dahulu sering menggunakan alat ini untuk menenun namun juga bermain musik. Pada bagian tengah alat ini terdapat sebuah segi tiga yang dapat menghasilkan berbagai nada tertentu. Cara memainkan tenun ini adalah dengan dipukul menggunakan alat yang berbahan kayu pada bagian-bagian tertentu dan dapat menghasilkan rangkai suara yang tentunya menjadi hibur tersendiri kepada wanita yang sedang menenun.

3. Accordion / Akordeon

akordeon atau accordion
rebanas.com

Cara menggunakan alat musik ini adalah dengan menggendong di depan, tangan kanan digunakan untuk mengatur nada, sedangkan tangan kiri digunakan untuk mengatur suara. Alat musik tradisional ini tergolong dalam alat musik aerofon.

Alat Musik Tradisional Dari Lampung

Lampung juga memiliki alat musik daerah yang sangat populer di daerahnya, berikut daftarnya :

1. Gamolan

alat musik gamolan
kamerabudaya.com

Gamolan terbuat dari bambu yang disusun dan dikaitkan satu sama lainnya dengan senar. Nama lain dari Gamolan adalah gamolan Pekhing atau Gamolan Cetik. Alat musik tradisional ini biasanya digunakan dalam acara adat maupun acara tertentu di Lampung.

2. Kompang Atau Khaddap

alat musik kompang atau khaddap
bukalapak.com

Komprang termasuk dalam alat musik gendang dan menggunakan kulit kambing yang ditabuh sebagai sumber suara. Alat musik ini memiliki banyak variasi ukuran diameter, mulai dari 22,5 cm, bahkan ada juga yang memiliki ukuran 35 cm. Untuk menghasilkan suara yang lebih bagus dan nada yang beragam, komprang dapat dimainkan secara beramai-ramai dan menggunakan komprang yang memiliki ukuran berbeda-beda.

3. Serdam

alat musik serdam
alatmusikindonesia.com

Cara memainkan serdam sama seperti memainkan seruling. Serdam memiliki 5 buah lubang yang dapat menghasilkan nada yang berbeda. Alat musik ini memiliki nada sendu, sehingga dapat memberi efek sedih kepada yang memainkannya apabila menghayati nadanya. Serdam memiliki 5 nada yang berawal dari nada dasar G = do hingga sol.

Alat Musik Tradisional Dari Riau

Provinsi Riau juga memiliki alat musik daerah yang khas, berikut daftarnya :

1. Bebano

alat musik tradisional bebano
twitter.com

Alat musik tradisional yang berasal dari Riau ini merupakan alat musik perkusi yang digunakan untuk mendampingi dara Bukoba atau Koba. Bukoba adalah tradisi lisan yang biasa di pertunjukan dalam acara tradisi pernikahan dengan adat setempat. Beban dimainkan dengan cara dipukul.

2. Gambang Camar

alat musik gambang camar
tetabuhan.sonobudoyo.com

Alat musik tradisional yang tergolong dalam kategori alat musik silofon ini terbuat dari kayu disusun berjajar rapi. 6 bilah kayu tersebut diletakkan dalam rak bersayap. Gambang Camar biasanya digunakan sebagai alat musik di acara hiburan atau acara besar keagamaan islam di daerah setempat.

3. Gambus

alat musik riau gambus
tetabuhan.sonobudoyo.com

Cara memainkan alat musik gambus sama seperti mandolin, yaitu dengan cara dipetik. Jumlah senar pada gambus cukup beragam, antara tiga hingga 12 senar. Gambus biasanya digunakan untuk mengiringi lagu berirama dari timur tengah, namun juga sering digunakan untuk lagu melayu. Bahkan ada juga yang memanfaatkan alat musik tradisional ini untuk mengiringi lagu dengan lirik berbahasa arab.

4. Gedombak

alat musik gedombak
orangperlis.com

Alat musik ini terbuat dari kayu, rotan, dan juga kulit hewan sebagai sumber bunyi suara alat musik. Bentuk Gedompak seperti piala, sama seperti bentuk gendang pada umumnya. Alat musik ini juga sering digunakan untuk mengiringi penampilan Mak Yong yang sangat terkenal di daerah setempat. Penggunaan gedompak juga sering dibarengi dengan penggunaan alat musik Riau lainnya dalam mengiringi sebuah penampilan atau acara adat setempat.

Alat Musik Tradisional Dari Daerah Bangka Belitung

Anda juga perlu mengetahui alat musik dari Bangka Belitung berikut ini :

Dambus

alat musik dambus bangka belitung
youtube.com

Dambus memiliki bentuk seperti buah labu yang dipotong menjadi dua bagian. Alat musik tradisional ini memiliki bahan dasar kayu meranti dan kayu cempedak. Senar yang digunakan untuk Dambus ini biasanya sejenis sentra yang sering digunakan untuk memancing. Jumlah senar dari alat musik ini adalah 12 yang disusun secara berdekatan, sehingga terlihat sekilas seperti terdiri dari 6 buah senar saja.

Alat Musik Tradisional Dari Jambi

Inilah alat musik yang menjadi ciri khas Provinsi Jambi :

1. Gendang Panjang Dua Sisi

gendang panjang jambi
azharjambi.blogspot.co.id

Gendang panjang dua sisi merupakan alat musik yang tergolong dalam kategori alat musik tradisional perkusi. Alat musik ini memiliki dua sisi yang dapat digunakan semuanya, dua sisi tersebut di tutup dengan kulit hewan untuk ditabuh dan menghasilkan bunyi.

2. Kelintang Jolo

kelintang jolo jambi
azharjambi.blogspot.co.id

Kelintang jolo merupakan alat musik tradisional berbahan dasar kayu yang disusun sejajar dan memiliki panjang yang berbeda untuk menghasilkan nada yang berbeda. Alat musik ini terdiri dari 5 buah kayu yang disusun sejajar yang dikaitkan atau dihubungkan dengan tali. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul menggunakan dua buah tongkat kayu.

3. Kelintang Cangor

kelintang cangor jambi
azharjambi.blogspot.co.id

Hampir sama dengan kelintang jolo, kelintang cangor juga disusun sejajar dan dikaitkan dengan tali yang digantung. Bedanya, kelintang cangor terbuat dari bambu yang memiliki ukuran panjang 40 cm atau satu ruas bambu dibagi dua. Cara memainkan alat musik ini juga dipukul, pemukul untuk kelintang cangor adalah dua bilah rotan.

Alat Musik Tradisional Dari Bengkulu

Bengkulu juga memiliki alat musik tradisional yang tidak sedikit, berikut di antaranya :

1. Redap

redap bengkulu
tetabuhan.sonobudoyo.com

Alat musik tradisional ini hampir sama dengan alat musik rebana. Redap terbuat dari kayu yang diberi membran berupa kulit binatang dan juga rotan. Di Bengkulu sendiri, Redap sudah digunakan sangat lama. Penggunaan alat musik ini juga sering digunakan bersama alat musik tradisional gendang panjang dan serunai dalam acara kesenian safaral anam.

2. Serunai

alat musik serunai bengkulu
tetabuhan.sonobudoyo.com

Serunai merupakan alat musik tradisional tiup yang terbuat dari bahan dasar logam kuningan. Alat musik tradisional bengkulu ini biasanya digunakan untuk mengiringi dan memeriahkan upacara pernikahan masyarakat setempat. Serunai memiliki bentuk silinder dan sisi lainnya seperti corong yang memiliki 6 buah lubang yang dapat menghasilkan suara nada yang berbeda.

3. Tassa

alat musik tassa bengkulu
tetabuhan.sonobudoyo.com

Tessa atau Tassa merupakan alat musik yang terbuat dari logam besi, alumunium, atau tembaga, bisa juga dari kuali yang permukaannya ditutup dengan kulit binatang. Alat musik ini juga sering digunakan untuk mengiringi upacara adat setempat, acara tabot bersamaan dengan alat musik Dol.

Alat Musik Daerah Dari Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan tidak mau kalah dengan daerah lainnya dalam kesenian, salah satunya di bidang musik. Berikut adalah alat musik daerah dari Kalimantan Selatan :

1. Kalampat

kalampat kalimantan selatan
tetabuhan.sonobudoyo.com

Alat musik tradisional ini masih satu rumpun dengan gendang, namun hanya satu bagian saja yang dipukul. Bagian tengahnya terbuat dari bambu tebal yang berdiameter besar atau batang pohon baung. Cara memukul kalampat menggunakan teknik dengan memanfaatkan pemukul dari rotan.

2. Kalang Kupak

kalang kupak kalimantan selatan
tetabuhan.sonobudoyo.com

Kalang Kupak terbuat dari jenis bambu yang tipis (paing Tamiang). Alat musik ini terdiri dari 8 ruas bambu yang masing-masing dipotong setengahnya mengerucut dan runcing di bagian ujungnya. Kemudian ruas-ruas bambu tersebut disatukan dengan serat rotan sehingga bentuknya hampir sama dengan calung.

Alat Musik Dari Daerah Kalimantan Tengah

Inilah daftar alat musik khas daerah Kalimantan Tengah :

1. Gandang Mara

gandang mara kalimantan tengah
semuatentangprovinsi.blogspot.co.id

Berbeda dengan alat musik tabuh alias pukul lainnya, gandang mara memanfaatkan membran dari kulit rusa bukan dari kulit sapi, kerbau, maupun domba. Agar kulit rusa lebih kencang ketika dipasang, kulit rusa tersebut dikencangkan dengan memberi pasak. Ukuran gandang mara setengah hingga 3 perempat meter dan berbentuk silinder.

2. Gandang Tatau

gandang tatau kalimantan tengah
tetabuhan.sonobudoyo.com

Gandang atau juga sering disebut gadang tunggal merupakan gandang yang memiliki ukuran besar dan panjang. Panjang gandang tatau dapat mencapai satu hingga dua meter dan memiliki diameter sekitar 40 cm. Kulit yang digunakan untuk area tabuh dapat berupa kulit rusa, sapi, hingga ular piton. Sisi lain dari gandang tatau dibiarkan terbuka bertujuan untuk menguatkan suara. Gandang tatau biasa digunakan untuk pacar adat dan acara lainnya.

Alat Musik Daerah Dari Kalimantan Timur

1. Lulung

lulung kalimantan timur
tetabuhan.sonobudoyo.com

Lulung memiliki bentuk seperti kentungan, alat musik ini tergolong alat musik idio-kordofon.  Alat musik ini memiliki 6 dawai yang diambil dari badan bambu itu sendiri. Walaupun sekilas seperti kentungan, cara memainkannya tidak dipukul melainkan dipetik. Lulung biasa dimainkan oleh para wanita Suku Dayak Kenyah.

2. Sampek

alat musik sampe kalimantan timur
kamerabudaya.com

Sampek atau sampe merupakan alat musik yang biasa digunakan Suku Dayak. Alat musik ini memiliki nama atau disebut dengan berbeda-beda oleh setiap sub Suku Dayak di daerah Kalimantan Timur, sering disebut juga sape kayaan. Bahan alat musik ini terbuat dari kayu Arrow, kayu ulin, maupun kayu kapur yang pembuatannya dengan cara sederhana dan sangat tradisional. Sampek juga memiliki ukiran sesuai selera pembuatnya, namun bukan sembarang ukiran, setiap ukiran yang terdapat pada badan Sampek memiliki makna tersendiri.

Alat Musik Tradisional Dari Banten

Provinsi Banten juga memiliki daftar alat musik yang unik, inilah daftarnya :

1. Angklung Buhun

angklung buhun banten
merahputih.com

Angklung Buhun merupakan alat musik yang terbuat dari bambu yang cara memainkannya adalah digoyangkan. Alat musik angklung buhun merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Lebak, Provinsi Banten yang biasa digunakan untuk acara adat setempat. Biasanya digunakan dalam ritual Seba di Kabupaten Lebak dan Acaraseren Taun di Cisungsang.

2. Dogdog Lojor

dogdog lojor banten
IndonesiaKaya.com

Cara memainkan alat musik yang terbuat dari batang kayu berbentuk bulat ini adalah dengan dipukul menggunakan telapak tangan. Nama Dogdog Lojor berasal dari dua kata, dogdog diambil dari bunyi yang dihasilkan, sedangkan lojor merupakan bahasa Banten yang berarti panjang. Arti dari dogdog lojor adalah dogdog panjang.

3. Kendang Atau Gendang

kendang atau gendang
tepakkendang.wordpresscom

Siapa yang tidak tahu dengan alat musik yang identik dengan dangdut ini? tentunya sudah tidak asing untuk masyarakat Indonesia. Gendang memiliki berbagai ukuran bentuk,  mulai dari yang kecil hingga ukuran besar. Reda merupakan istilah lain untuk kendang dengan ukuran yang besar, sedangkan kendang dengan ukuran kecil biasanya disebut rebana.

Alat Musik Tradisional Dari Jakarta

Ibukota kita juga memiliki berbagai macam alat musik daerah, inilah daftarnya :

1. Gender

Gender adalah alat musik metalofon atau alat musik logam yang pemakaiannya dengan cara dipukul. Alat musik ini juga dapat menjadi bagian dari perangkat gamelan yang ada di Jawa ataupun Bali. Alat musik ini memiliki jumlah logam kuningan sebanyak 10 hingga 14 bilah logam. Dalam perangkat gamelan Jawa, gender memiliki 3 gender yaitu slendro, pelog pathet hem dan lima, dan pelog pathet barang. Untuk bentuknya, gender seperti slenthem pada gamelan Jawa dan gangsa pada perangkat gamelan Bali. Alat musik ini sering digunakan untuk pengiring pagelaran topeng Betawi.

2. Pan Atau Kecrek

Kecrek biasa digunakan dalam seni perdalangan, biasa digunakan dalam pertunjukan wayang sebagai alat pemberi aba-aba atau isyarat pengiring gerakan wayang. Selain digunakan dalam peternakan wayang, kecrek juga sering digunakan untuk penghias atau pengatur irama lagu. Dinamakan kerek karena bunyi yang dihasilkan dari alat musik tradisional ini adalah crek crek crek.

Alat  Musik Tradisional Dari Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur juga memiliki alat musik yang berfungsi untuk memeriahkan kesenian daerahnya, berikut diantaranya :

1. Angklung Reog

angklung reog
fatahlovers.blogspot.co.id

Seperti namanya, angklung ini biasanya digunakan untuk mengiringi pertunjukan reog di Jawa Timur. Suara yang dihasilkan angklung ini juga tergolong unik serta keras. Alat musik ini juga memiliki tampilan yang unik, memiliki berbagai aksesoris warna warni yang serasi dengan tampilan penari reog.

2. Saronen

alat musik tradisional soronen
tetabuhan.sonobudoyo.com

Saronen merupakan alat musik tradisional yang sudah sangat populer di daerah Madura dan seluruh Jawa Timur. Nama saronen diambil dari bahasa daerah Madura “sennenan” yang memiliki arti Hari Senin. Saronen sendiri juga menjadi nama kesenian yang ada di Madura Jawa Timur. Cara memainkannya adalah dengan ditiup karena memiliki bentuk hampir sama dengan terompet (berbentuk kerucut). Alat musik ini terbuat dari kayu jati dengan diberi 6 lubang sebagai pengatur nada. Keunikan lainnya adalah, pada pangkal atas terdapat sebuah bentuk kumis yang terbuat dari tempurung kelapa.

3. Terompet Reog

terompet reog
youtube.com

Selain terkenal dengan Reog Ponorogo, ternyata daerah Ponorogo juga memiliki alat musik tradisional berupa terompet reog. Alat musik ini juga sering digunakan untuk mengiringi kesenian daerah (kesenian Reog Ponorogo) di Jawa Timur.

Alat Musik Tradisional Dari Jawa Tengah

Berikut ini alat musik daerah Jawa Tengah :

1.  Gambang

gambang jawa tengah
kata.co.id

Alat musik Gambang terbuat dari bahan dasar kayu yang sering digunakan untuk mengiringi lagu daerah atau lagu lawas di Jawa. Gambang memiliki 20 rangkaian nada yang berbeda yang dapat menghasilkan irama musik dengan cara memukulnya. Irama yang dapat dihasilkan dari alat musik ini juga tergolong lengkap dari irama do, re, mi, fa, sol, la, si, dan do.

2. Demung

alat musik demung
alatmusik.org

Demung merupakan alat musik tradisional yang juga menjadi pelengkap instrumen gamelan yang termasuk balungan. Alat musik ini dibagi menjadi dua yaitu Demung Slendro dan Demung Pelog, perbedaan kedua Demung tersebut adalah ukuran dan bunyi yang dapat dihasilkan keduanya. Cara memainkan demung adalah dengan dipukul menggunakan pemukul khusus.

3. Bonang

alat musik bonang
semuatentangprovinsi.blogspot.com

Cara memainkan bonang adalah dengan dipukul, bonang terbuat dari bahan dasar logam mulai dari kuningan, perunggu, maupun besi. Sedangkan untuk pemukul bonang terbuat dari kayu yang diberi lapisan alias lilitan karet ataupun kain. Bonang memiliki dua kategori berdasarkan ukurannya, untuk bonang yang berukuran besar biasa disebut bonang barung, sedangkan bonang kecil sering disebut bonang penerus. Bonang arung biasa digunakan untuk pembukaan dalam sebuah acara maupun kesenian lainnya dan dimainkan dengan tempo lebih pelan. Sedangkan bonang penerus digunakan dengan tempo lebih cepat .

4. Gamelan

gamelan jawa tengah
zabhie.site

Gamelan merupakan ansambel atau gabungan dari alat musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Nama gamelan diambil dari bahasa Jawa yang memiliki kata dasar “gamel” yang berarti menabuh atau memukul. Dan diakhiri dengan tambahan “an” sehingga menjadikannya kata benda, bukan kata kerja lagi.

5.  Kenong

alat musik kenong jawa tengah
balubu.com

Kenong juga termasuk dalam bagian instrumen dari gamelan Jawa. Cara memainkan kenong adalah dengan dipukul dengan pemukul khusus yang terbuat dari kayu yang titik pemukulnya dilapisi kain maupun karet. Satu set alat musik kenong biasanya terdiri dari 10 buah.

Alat Musik Tradisional Daerah Dari Jawa Barat

Setiap daerah di Indonesia memiliki beragam alat musik daerah, salah satunya dari Jawa Barat. Berikut ini adalah beberapa alat musik dari Jawa Barat :

1. Celempung

alat musik celempung
bumiageung.blogspot.co.id

Celempung terbuat dari bahan dasar bambu yang cara memainkannya dengan dipukul dengan alat pemukul khusus. Alat musik ini berperan sebagai pengatur irama lagu seperti kendang atau kendang.

2.  Arumba

alat musik arumba
www.dedetaufik.com

Arumba merupakan alat musik tradisional yang sudah sangat lama, alat musik ini sudah ada sejak tahun 1960 di Jawa Barat. Bahan dasar dari Arumba adalah bambu, Aruba sendiri merupakan bagian musik dari berbagai alat musik tradisional yang terbuat dari bambu.

3. Calung

alat musik calung
salamadian.com

Calung merupakan alat musik yang sangat populer di seluruh Jawa, asal alat musik ini adalah dari Sunda yang merupakan daerah yang sudah sangat populer dengan angklung. Walaupun calung merupakan kumpulan dari beberapa angklung, namun cara memainkan calung biasanya dipukul pada batang atau wilahan. Bilah yang tersusun dari ruas-ruas menurut tangga nada.

Dengan membaca daftar 50 alat musik dari beberapa provinsi di Indonesia, diharapkan pembaca lebih mencintai budaya Indonesia. Terima kasih.

Leave a Comment

%d bloggers like this: