25 Daftar Lengkap Alat Musik Petik Tradisional dan Modern Seluruh Dunia

Musik merupakan salah satu bagian dari kehidupan, tentunya manusia pernah berhubungan dengan musik entah itu memainkannya atau hanya mendengarnya. Komponen utama dari pembentuk musik tentunya adalah alat musik. Di seluruh dunia, banyak sekali jenis alat musik yang dapat dikategorikan dengan cara memainkannya, salah satunya adalah dimainkan dengan dipetik. Mungkin kebanyakan orang hanya mengenal gitar sebagai alat musik petik, karena memang alat musik ini sangat populer.

Daftar Alat Musik Petik

Di dunia ini banyak sekali alat musik petik, bahkan Indonesia sendiri memiliki puluhan alat musik petik tradisional. berikut ini daftar alat musik yang cara memainkannya dipetik :

1. Kecapi

alat musik kecapi
gamabrkeren.co

Kecapi merupakan alat musik petik tradisional yang sangat terkenal di seluruh Jawa bahkan Indonesia. Alat musik ini berasal dari daerah Jawa, tepatnya dataran Sunda Jawa Barat. Jumlah senar dari alat musik kecapi bermacam-macam, biasanya antara 15 hingga 20 dawai, tergantung jenis dan ukuran kecapi.

Berdasarkan bentuknya, kecapi dibagi menjadi dua yaitu Kecapi Perahu dan Kecapi Siter. Sedangkan berdasar fungsinya, kecapi dibagi menjadi Indung dan Kecapi Rincik, ukuran Kecapi Rincik lebih kecil dibanding Kecapi Indung. Memainkan kecapi juga tidak sembarang, terdapat beberapa teknik di antaranya petikan dijambret, petikan dijeungkan, dan teknik sintreuk toel.

2. Siter

alat musik petik siter
en.eyeni.info

Siter merupakan alat musik petik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Alat musik ini biasanya ditemukan secara berpasangan dengan celempung (alat musik petik lainnya) di dalam kesenian musik (gamelan Jawa). Hanya saja, celempung memiliki 13 dawai sedangkan Siter memiliki 11 dawai. Ciri yang sering dijumpai pada alat musik tersebut adalah 1 senar disetel dengan nada pelog sedangkan lainnya disetel dengan nada slendro. Jadi alat musik ini memiliki 2 suara pelog dan slendro.

Ukuran siter lebih pendek dibanding Celempung, yaitu hanya mencapai 30 cm dan dapat dimasukkan ke dalam wadah. Tidak hanya itu, oktaf siter juga lebih tinggi dibandingkan cengeng celempung.

Dalam memainkan alat musik ini, pemain harus menuai senar dengan menggunakan ibu jari sedangkan untuk menahan getaran dari senar tersebut harus menggunakan jari lainnya. Cara ini merupakan salah satu keunikan tersendiri dari instrumen gamelan Jawa.

3. Hasapi atau Hapetan

alat musik hapetan atau hasapi
clipov.net

Hapetan merupakan alat musik tradisional petik sejenis kecapi yang berasal dari Tapanuli, memiliki dawai yang dimainkan dengan bilah petik. Alat musik ini juga cukup terkenal di Indonesia, namanya juga sudah tercatat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Di Sumbawa, hapetan juga sering disebut dengan nama Jungga.

Alat musik ini memiliki 2 jenis secara umum, yaitu Hasapi Ende dan Hasapi Doal. Hasapi Ende (pluked Ude dua senar) merupakan alat musik melodis dan merupakan intrumen utama ensambel tondang hasapi. Hasapi Doal (pluked flude dua senar) sama dengan hasapi Ende namun membawakan ritme konstan, dan ukurannya lebih besar dari Hasapi Ende.

Instrumen ini termasuk dalam alat musik chordophone dari klafikikasi asal suara. sistem dari kedua senar yang dimiliki adalah dengan interval mayor yang cara memainkannya dengan dipetik.

4. Gambus

alat musik betawi gambus
adilkraf.blogspot.com

Gambus merupakan alat musik petik yang dapat ditemukan di Riau. Dulu gambus sering digunakan untuk ritual adat atau acara yang berhubungan dengan hal mistis atau sesuatu bersifat spiritual. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini gambus menjadi alat musik petik pengiring zapin pada acara-acara tertentu. Gambus Melayu Riau juga sering dijumpai sedang dimainkan oleh nelayan guna sarana hiburan ketika pergi berlayar mencari ikan.

Orkes alat musik gambus dirintis oleh seorang Arab-Indonesia yaitu Syech Albar, bapaknya Ahmad Albar, nama orkes gambus yang terkenal adalah El-Surayya dari Medan pimpinan Ahmad Baq.

Gambus biasa dimainkan dengan iringan kendang. Di televisi nasional (TVRI) dan RRI,  orkes ini pernah dimainkan dalam pembawaan acara irama Adang pasir. Orkes gambus biasanya digunakan untuk mengiringi tarian zapin yang merupakan sebuah tarian untuk pergaulan yang dibawakan oleh pria seluruhnya.

Dalam penggunaan gambus sebagai orkes biasanya lagu yang dibawakan adalah berirama timur tengah sedangkan liriknya atau syair bertema keagamaan. Alat musik gambus kini juga banyak ditemui di daerah Betawi untuk memeriahkan pesta pernikahan, sunatan, dan lainnya.

5. Pipa

alat musik petik pipa dari cina
gogopixlibrary.com

Pipa merupakan salah satu instrumen musik petik tradisional yang berasal dari Tionghoa. Alat musik petik ini berbentuk seperti buah pir dan memiliki 4 hingga 5 buah senar. Pipa menjadi alat musik tradisional yang tergolong sangat tua, sudah ada pada masa Dinasti Qin (sekitar 221 hingga 206 SM).

Sejak jaman Dinasti Tang, alat musik ini memiliki nada standar berjumlah 12 dan sudah sangat ramai yang memainkannya. Pada masanya, Pipa digunakan dalam acara kerajaan mulai dari merayakan perang, kesenian, dan masih banyak lainnya. Hingga dikembangkan, alat musik petik ini memiliki banyak perkembangan mulai dari Red, bentuk, bahkan cara memainkannya.

 

6. Talindo atau Popondi

talindo atau popopndi
alatmusik.org

Alat musik petik tradisional ini sering digunakan untuk memeriahkan pesta panen oleh masyarakat Sulawesi. Talindo terbuat dari 3 bahan yang tidak terlalu sulit untuk dicari yaitu : tempurung kelapa, kayu, dan juga senar.

Tempurung kelapa berfungsi sebagai resonator popondi. Fungsi kayu berguna sebagai badan alat musik ini, dan senar tentunya sebagai sumber suara ketika dimainkan alias dipetik.

7. Idiokordo

idiokordo
budaya-indonesia.org

Alat musik petik ini cukup terkenal di daerah Nias Utara yang sering disebut jugasebagai alat musik Tatabuhan. Mungkin kebanyakan orang sekilas akan mengira bahwa alat musik ini ditabuh karena memiliki nama lain tatabuhan.

Sekilas alat musik idiokordo mirip dengan alat musik tradisional siter yang berasala dari Jawa. Hanya saja, Idiokordo memiliki 3 buah dawai berbedadengan siter yang memiliki 11 dawai.

Alat musik ini terbuat dari kayu sebagai bahan utama dalam oembuatannya kemudian diukir sedemikian rupa untuk menambah kesan Nias. Seperti dengan alat musik tradisional dari daerah lainnya, idiokordo digunakan untuk acara adat setempat, terkadang juga digunakan untuk hiburan semata.

8. Hawaiian

hawaiian
pinterest.com

Kini alat musik ini tidak sepenuhnya menjadi alat musik tradisional karena sudah ada alat musik yang menggunakan listrik. Senar yang terdapat pada alat musik ini berjumlah 8 buah dan harus distem alias setting terlebih dahulu sebelum memainkannya.

Untuk menghasilkan suara yang lebih indah, sebaiknya dalam memainkan dawai harus ditekan menggunakan alat khusus yang terbuat dari lempengan besi maupun plastik sebesar ibu jari. Suara yang dihasilkan juga khas, seperti gitar listrik yang dipetik kemudian digoyangkan, sehingga suara yang timbul bergelombang.

9. Leko Boko / Bijol / Juk

leko boko bijol juk
tetabuhan.sonobudoyo.com

Bijol merupakan alat musik yang terbuat dari kayu untuk perentang dawai dan buah labu hutan asli sebagai reonansinya. Pada umumnya, leko boko memiliki 4 buah dawai. Di daerah tertentu seperti NTT, Bijol sering dipasangkan berduet dengan alat musik lainnya, biasanya Heo (alat musik daerah NTT). Heo (alat musik gesek dari NTT) memang cocok dimainkan bersama dengan bijol.

Di Maluku utara, alat musik ini sering digunakan dalam pertunjukan seni Bambu Hitada. Seperti alat musik lainnya, bijol sering digunakan untuk kesenian, acara adat, maupun hiburan semata.

10. Sapek atau Sape

sampek sape sapek sape'
saranapontianak.com

Cara memainkan alat musik ini sama seperti dengan gitar, tidak heran Sapek sering disebut juga dengan Gitar Dayak atau Gitar Kalimantan. Sapek diyakini merupakan alat musik petik yang dimiliki Suku Dayak Kayaan dengan bentuk lebar dan tangkai atasnya kecil untuk pegangan. Sapek memiliki panjang hingga 1 meter, dengan panjang tersebut maka tidak mudah untuk memainkannya. Alat musik ini memiliki 2 senar juga memiliki 4 tangga nada.

Dalam pembuatannya, bahan kayu sapek harus sangat diperhatikan, kayu yang biasa digunakan biasanya pelakik atau kayu keras lainnya seperti nangka. Semakin keras kau yang digunakan maka akan semakin baik suara yang dihasilkan. Pengrajin sapek juga harus memastikan ketebalan tepi dan permukaan harus sama rata, sehingga suara yang dihasilkan tidak sumbang.

11. Kurating atau Balikan

sape kapuas hulu
tetabuhan.sonobudoyo.com

Alat musik ini berasal dari Kalimantan Barat yang memiliki bentuk mirip dengan alat musik Dayak Sapek. Kurating biasa dibuat oleh suku dayak yang bermukim di daerah Kapuas Hulu.

12. Panting

panting
tetabuhan.sonobudoyo.com

Panting merupakan alat musik yang berasal dari suku Banjr, Kalimantan Selatan. Selain sebagai nama alat musik tradisional, panting juga digunakan untuk nama kesenian berasal dari Kalimantan Selatan. Alat musik ini memiliki bentuk seperti gambus yang merupakan alat musik berasal dari timur tengah. Cara memainkan anting sama halnya dengan gitar, namun hanya saja memiliki ukuran lebih kecil.

Pada umumnya, panting digunakan untuk memeriahkan pertunjukan musik dan tarian adat setempat. Alat musik ini juga biasa digunakan sebagai alat musik ansambel campuran yang dipadukan dengan alat musik lainnya dalam sebuah acara. Apabila digunakan dalam “Seni Musik Panting”, akan ada 3 buah panting atau lebih diiringi alat musik lainnya.

Alat muk ini  juga sering digunakan untuk hiburan semata karena memiliki lirik alis sair yang menghibur. Kini panting juga tidak jarang digunakan dalam mengisi acara seperti pernikahan, sunatan, ampun acara lainnya.

13. Sasando NTT

sasando
efenerr.com

Sasando merupakan alat musik yang cukup populer, terlebih setelah pernah digunakan dalam ajang pencarian bakat di stasiun televisi. Hampir setiap remaja mengenal alat musik petik ini, sasando berasal dari kata “sasandu” yang berarti bergetar atau berbunyi. Suara yang dihasilkan sasando sama seperti alat musik berdawai lainnya seperti gitar. Jumlah dawai sasando cukup banyak, dayang memiliki 24 dawai, 28, 30, bahkan 34 dawai. Pada tahun 1960 telah muncul sasando listrik yang diciptakan Bapak Edu Pah.

Seperti alat musik tradisional lainnya yang tentunya berkaitan dengan adat setempat, sasando juga sering digunakan untuk mengiringi tarian adat. Tidak jarang digunakan untuk menghibur keluarga yang berduka, melengkapi sebuah pesta, dan hiburan lainnya. Dalam memainkannya, alat musik sasando memiliki berbagai teknik, seperti ofalangga, lemo dai, batumatia, ronggeng, dan sebagainya.

14. Knobe Khabetas NTT

knobe-khabetas
bamboo.ichsany.com

Masyarakat setempat sangat meyakini bahwa alat musik ini sudah ada sejak zaman nenek moyang yang tinggal di gua-gua. Bentuk dari alat musik Knobe Khabetas tergolong unik karena seperti sebuah busur dan panah. Alat musik ini juga serig digunakan masyarakat setempat untuk hiburan saat berkebun atau mengawasi hewan ternak. Cara memainkannya tidak mudah bahkan tergolong sulit, pemain harus menempelkan busur di antara bibir kemudian meniupnya sembari memetik dawainya.

Selain digunakan untuk sarana hiburan, Knobe juga digunakan dalam upacara adat, salah satunya dalam upacara Napoitan Li’ana (bayi belum berumur kurang 40 hari).

15. Nggowuna

dimba nggowuna
alatmusikindonesia.com

Nggowuna atau dimba nggowuna merupakan alat musik berdawai yang terbuat dari bambu serta rotan. Pada zaman dulu, alat musik ini dimainkan oleh wanita ketika mengisi waktu jenuh menenun, digunakan untuk hiburan. Ukuran alat musik tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil dibanding alat musik petik lainnya, yakni berkisar 40 hingga 45 cm.

Dilihat dari  bahan bakunya, instrumen musik petik ini terlihat seperti alat musik tradisional dari daerah Jawa barat yaitu celempung dan kerinding. Namun ternyata cara memainkan alat musik ini berbeda, yaitu dengan di etik karena memang alat musik petik. Berbeda dengan Calempung  yang cara memainkannya di pukul.

16. Japen

alat musik petik japen
semuatentangprovinsi.blogspot.com

Alat musik Japen cukup populer di daerah Kalimantan, Japen merupakan instrumen musik petik yang berasal dari Kalimantan Tengah. Bentuk alat musik ini hampir sama seperti gitar, hanya saja terdapat hiasan badan yang menjadi ciri bahwa dari Kalimantan Tengah.

Selain bentuk yang menyerupai gitar, Japen memiliki nada yang unik, nada yang dihasilkan hampir mirip dengan irama kecapi. Irama yang dihasilkan sangat khas dan cocok dengan kebudayaan Tionghoa-Melayu.

17. Guoto

alat musik guoto
flickriver.com

Alat musik petik ini merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Papua Barat. Permainan ini tentunya menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung atau tamu asing, karena tidak semua orang dapat menyaksikan permainan alat musik ini. alat musik ini terbuat dari kayu, senar serta kulit binatang lembu.

18. Jentreng

alat musik jentreng
disparbud.jabarprov.go.id

Alat musik ini memiliki bentuk seperti kecapi dengan jumlah dawai sebanyak 7 buah, namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Jentreng biasanya terbuat dari kayu nangka atau kayu kenanga. Menurut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Jentreng dapat disetting dengan 2 cara (laras slendro maupun laras pelog). Apabila alat musik petik ini di setel laras Pelog, urutan Manama menjadi nada 5 hingga 1 rendah. Jika disetting laras slendro, maka urutan nada menjadi 4 hingga 1 juga.

Cara memainkannya cukup memetik senar dengan tangan kiri-kanan. Jari tengah, telunjuk, dan ibu jari tangan kanan digunakan untuk memetik nada tinggi. Sedangkan untuk menyentuh nada yang rendah, pemain mentereng menggunakan telunjuk tangan kiri.

Alat musik ini biasanya dikenal di tengah masyarakat dengan nama tarawangsa. Meskipun keberadaannya kini tidak mudah ditemui, alat musik ini selalu menarik perhatian ketika dimainkan.

19. Celempung

alat musik petik celempung
mfa.org

Celempung merupakan alat musik petik ini biasa ditemui dengan jumlah senar 13 yang terbentang di antara kotak resonator. Alat musik ini dapat ditemui dalam pementasan seni gamelan karena memang menjadi bagian dari perangkat gamelan.

Salah satu ciri khas alat musik ini adalah memiliki salah satu senar bernada pelog, sedangkan senar lainnya memiliki nada slendro. Jenis nada seperti ini dapat kita jumpai pada pertunjukan seni gamelan Bali.

20. Ukulele

hawaiian ukulele
dreamstime.com

Secara sekilas, alat musik ini memiliki bentuk seperti gitar hanya saja memiliki ukuran lebih kecil dari gitar. Alat musik ini identik dengan musik keroncong karena dalam lagu keroncong sering dijumpai penggunaan ukulele. Alat musik ini diperkirakan sebagai alat musik tradisional yang berasal dari Hawaii.

Ukulele memiliki berbagai macam ukuran, secara umum ukulele memiliki 4 ukuran berbeda. Jenis ukulele yaitu soprano dengan ukuran 21 Inchi, Concert (23 Inchi), tenor (26 Inchi), dan baritone (30 Inchi).

Ukulele yang memiliki ukuran 20 inchi ini banyak dimainkan oleh penyanyi indie asal Indonesia karena memang memiliki nada yang khas dan unik. Beberapa penyanyi yang menggunakan ukulele ukuran 20-an Inch adalah Payung Teduh, Budi Doremi, Sky Sucahyo, dll. Alat musik ini dapat dikatakan sebagai alat musik kecil-kecil cabe rawit karena sederhana namun memiliki nada yang khas.

21. Shamisen

shamisen
ols.senzoku.ac.jp

Alat musik ini berasal dari Jepang dan memiliki memiliki arti 3 garis. Shamisen memang alat musik petik ini hanya memiliki 3 buah dawai yang dipetik menggunakan bachi. Alat musik ini memiliki 3 bagian utama yaitu badan (Do), leher (Sao), dan pasak (Itomoki).

Yang menjadi keunikan dari alat musik shamisen adalah badan shamisen dilapisi kulit perut kucing betina maupun punggung anjing. Namun kini terdapat shamisen yang menggunakan plastik. Berbeda dengan gitar, senar yang digunakan juga terbuat dari sutra yang dipilin.

22. Harpa

alat musik petik harpa
youtube.com

Harpa merupakan salah satu alat musik yang memiliki usia paling tua di dunia. Alat musik petik ini secara umum memiliki bentuk segitiga dan memiliki warna emas. Jumlah senar pada harpa bervariasi, malai dari 22 senar hingga 47 senar. Seperti alat musik pada umumnya, harpa memiliki 3 bagian yaitu String, Neck, dan Sound Board. Alat musik ini biasanya dimainkan secara tunggal maupun orkestra musik.

Dalam perkembangannya, harpa memiliki banyak perubahan. Sebagai contoh, pada awal tahun 1500 SM, dawai harpa terbuat dari rambut dan serat tanaman. Berbeda dengan sekarang, harpa terbuat dari nylon atau usus binatang. Unikya, pemain harpa selalu dikaitkan dengan malaikat-malaikat sehingga ada yang mengatakan bahwa alat musik ini dari surga.

23. Banjo

banjo
youtube.com

Alat musik ini memiliki bentuk seperti shamisen, namun banjo memiliki jumlah senar 4 hingga 6 seperti gitar. Banjo dikembangkan oleh budak-budak Afrika di Amerika Selatan, biasa digunakan mengiringi musik bergenre country yang merupakan genre khas Amerika Selatan. Aliran musik country atau bluegrass bahkan folk sering menggunakan  banjo. Alat musik ini terkadang juga dimainkan oleh musisi terkenal seperti Taylor Swift.

Banjo sangat mempengaruhi perkembangan musik country dan bluegrass, alat musik ini sangat penting dalam musik-musik tua Amerika. Terdapat beberapa teori mengenai asal-usul banjo. Berasal dari istilah Mbanza Kimbundu, beberapa etymologists mempercayai bahwa kata ini berasal dari dialek Portugis “bandore” atau Spanyol yaitu “banduria”. Namun terdapat penelitian lain bahwa mungkin berasal dari Afrika barat yaitu “bamboo”. Jumlah tuning yang dimiliki banjo adalah 5 string.

24. Dan Bau

alat musik dan bau
vietvisiontravel.com

Dan bau merupakan sebuah instrumen musik petik tradisional yang berasal dari Vietnam. Yang menjadi keunikannya adalah alat musik ini memiliki satu kunci nada. Bahan dasar untuk menggunakan alat musik ini adalah bambu, balok bambu, benang sutra, dan setengah tempurung kelapa. Tempurung kelapa ini digunakan untuk resonator Dan Bau.

Nada yang dihasilkan alat musik ini berupa nada-nada melankolis yang lembut yang pertama kali dibuat di vietnam pada tahun 1770.

25. Alat Musik Petik – Gitar

alat musik gitar
pixabay.com

25 macam alat musik petik tersebut tentunya memiliki nada yang berbeda-beda, memiliki keunikan khas tersendiri. Sangat menyenangkan apabila kita dapat menguasai alat musik di atas, selain melatih kecerdasan juga dapat melestarikan alat musik tradisional. Banyak sekali alat musik tradisional lainnya apabila digali lebih dalam. Setelah membaca 25 alat musik petik ini, anda tentunya memiliki wawasan yang lebih.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda, terima kasih.

Leave a Comment

%d bloggers like this: